Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Ini 10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Menarik dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Ini 10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Menarik
Ini 10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Menarik

Wisatasia.id, Meski dijuluki Kota Minyak, tempat wisata di Balikpapan tetap menarik untuk dikunjungi. Anda mungkin lebih mengenal kota ini dengan minyaknya. Meski demikian, kepariwisataan di Balikpapan mampu memberikan sesuatu yang menghibur bagi Anda yang mungkin sedang berkunjung ke sana.

Kota Balikpapan terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, kota ini menghadap ke arah Selat Makassar. Tempat wisata di Balikpapan memiliki dukungan infrastruktur yang baik. Di samping penerbangan dari berbagai maskapai, Balikpapan juga memiliki sejumlah hotel berbintang yang memberikan layanan kelas VIP selain pula berbagai hotel dengan tarif terjangkau lainnya di sekitar kota.

Ada dua pantai yang menjadi tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Balikpapan, yakni Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Jika Anda menyukai wisata alam, maka tempat terbaik yang dapat Anda datangi adalah Hutan Lindung Sungai Wain, sebuah hutan tropis yang sangat alami dan adalah rumah bagi sejumlah flora dan fauna langka di dunia. Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, Anda dapat pergi ke Penangkaran Buaya Teritip untuk menyaksikan dan memberi makan buaya-buaya yang ada di sana.

Tempat Wisata di Balikpapan

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata Balikpapan yang patut Anda kunjungi.

1. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark
Caribbean Island Waterpark

 

Inilah taman wisata air terbesar di Indonesia Bagian Timur, Caribbean Island Waterpark menawarkan berbagai wahana air yang sungguh menarik. Terletak di Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan, Caribbean Island Waterpark ini menjadi destinasi favorit wisata keluarga di Balikpapan. Tiada yang lebih menyenangkan bagi putra dan putri Anda selain bermain dengan ragam wahana air yang menyenangkan. Anda dapat menikmati pemandangan dari salah satu pondok kayu sambil menjaga anak-anak bermain, atau jika suka Anda bahkan dapat ikut melompat ke dalam kolam renang. Selain wahana air, kegiatan wisata lainnya yang dapat dilakukan di tempat wisata Balikpapan yang satu ini adalah menonton pertunjukan air di panggung terbuka dan flying fox.

Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Caribbean Island Waterpark sebesar Rp 45 ribu per orang (umum) atau Rp 25 ribu per orang untuk pelajar. Di akhir pekan, harga tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan umur yaitu Rp 60 ribu per orang.

2. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo

 

Hutan Bakau Margomulyo ini adalah hutan kota di Balikpapan, lokasinya dekat dengan pusat kota. Di dalam kawasan hutan, terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berfungsi sebagai sarana penunjang bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman wisata di hutan tersebut.
Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini memiliki menara intai, yang berguna untuk menyaksikan aneka  burung  yang tinggal dan hidup di hutan bakau tersebut. Jika Anda ingin menyaksikan hewan bekantan, maka datanglah di saat pagi hari tiba atau saat matahari kembali ke peraduannya. Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenakan biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata Balikpapan ini. Hanya saja, Anda wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak mengambil properti atau aset wisata apapun yang ada di lokasi.

3. Monpera

Monpera Balikpapan
Monpera Balikpapan

Inilah tugu yang menjadi simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini berada di pusat kota Balikpapan, terletak di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen ini memiliki latar belakang pantai berpasir putih dan dikelilingi taman yang tertata apik.

Di lantai bawah monumen ini, terdapat sebuah museum kecil dan di bagian belakangnya ada panggung terbuka. Pada sejumlah acara atau event khusus, sering diadakan pertunjukan-pertunjukan tradisional di tempat wisata Balikpapan yang satu ini. Untuk dapat masuk ke monumen, Anda harus membayar karcis masuk kendaraan sebesar Rp 1000 (kendaraan roda dua) dan Rp 2 ribu (kendaraan roda empat).

4. Pantai Kemala (Pantai Polda)


Pantai Kemala (Pantai Polda)
Pantai Kemala (Pantai Polda)
Pantai Kemala adalah salah satu tempat wisata di Balikpapan yang paling ramai dikunjungi oleh para penikmat perjalanan, terlebih di saat akhir pekan dan hari libur. Terletak di daerah pusat kota Balikpapan, tepatnya di seputaran Jln. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan, Pantai Kemala ini terkenal dengan sebutan Pantai Polda.

Di kawasan pantai ini, terdapat berbagai restoran bagi Anda yang ingin bersantap sembari menikmati keindahan panorama laut. Sajian menu makanan cukup variatif, mulai dari masakan berbagai daerah hingga masakan Eropa juga tersedia untuk Anda. Selain berenang di pantai, kegiatan menarik yang dilakukan di antaranya duduk bersantai dan bercengkerama di pinggir pantai serta menikmati hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Jika Anda ingin bermain banana boats, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 25 ribu per orang. Bahkan bermain jet ski dapat dilakukan di tempat wisata Balikpapan yang satu ini, Anda dapat menyewa jet ski sebesar Rp 800 ribu per orang selama 1 jam.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kemala ini sebesar Rp 500 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka dikenai tarif Rp 1000 (kendaraan roda dua) dan Rp 2 ribu (kendaraan roda empat).

5. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru di Balikpapan
Pantai Lamaru di Balikpapan

Pantai Lamaru adalah objek wisata pantai di Balikpapan yang menawarkan suasana tenang bagi Anda yang menginginkan tempat bersantai yang tidak ramai. Pepohonan cemara di areal pantai memberikan Anda rasa relax yang begitu nyaman dengan suguhan panorama laut yang indah. Pada umumnya, kawasan wisata Pantai Lamaru ini ramai di kala akhir pekan tiba.

Di pantai ini, terdapat warung-warung, toilet, dan fasilitas parkir yang baik. Jika Anda ingin bermain perahu sepeda, Anda dapat mencobanya di tempat wisata Balikpapan yang satu ini. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Lamaru sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai tarif sebesar Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).

6. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain

Inilah hutan tropis yang masih belum dijamah tangan-tangan jahil manusia yang ada di Balikpapan. Dengan luas hutan sebesar 10 ribu ha, Hutan Lindung Sungai Wain adalah tempat perlindungan dari sejumlah jenis satwa dan flora langka, seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan.

Berlokasi di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda, tersedia empat paket kunjungan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan pengalaman wisata di tempat ini. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu rupiah untuk Paket A (1-6 tamu).

Tersedia dua tur yang dapat Anda pilih, yakni tur “Track Eko-PLH-Kebun Raya” dan tur “Mangrove dan Selok Puda”. Juga, ada pemandu wisata yang akan membantu Anda dalam menyusuri hutan lindung tersebut.

7. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari


Pantai Manggar Segara Sari adalah pantai yang sering dikunjungi saat akhir pekan tiba dan menjadi ramai tatkala hari libur. Di pantai ini, Anda dapat menikmati pemandangan laut sembari bersantai, atau menyewa perahu untuk mengelilingi pantai. Tak heran, banyak keluarga mengunjungi pantai ini sebagai salah satu tempat rekreasi yang menarik di Balikpapan.

Di Pantai Manggar Segara Sari, terdapat banyak warung makanan di mana Anda dapat menyantap aneka kuliner lokal yang ada di kawasan pantai. Selain keberadaan panggung hiburan di lokasi pantai, kegiatan menarik yang dapat dilakukan di tempat wisata Balikpapan yang satu ini di antaranya adalah bermain bola, bermain layang-layang, jet ski, banana boat, berenang, bermain perahu ban, volley pantai, hingga bersepeda. Atau hanya sekedar bersantai di bawah pepohonan yang rindang di sekitar kawasan pantai.

Anda hanya akan dikenai tiket masuk Pantai Manggar Segara Sari sebesar Rp 1.000 per orang. Jika membawa kendaraan, akan dikenai tarif Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).

8. Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur adalah pusat kerajinan tangan di Balikpapan. Tempat ini dapat disebut pula sebagai pusat oleh-oleh Balikpapan, tempat di mana Anda dapat membawa pulang cinderamata seperti kerajinan dari batu-batu permata, manik- manik, batik motf ampik, dan kerajinan tradisional Dayak (mandau dan senjata lainnya).

Terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Balikpapan yang satu ini setiap hari.

Pasar Kebun Sayur pada umumnya buka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Jika Anda ingin mendapatkan makanan khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku macan, maka Anda dapat menemukannya di Pasar Kebun Sayur.

9. Penangkaran Buaya Teritip

Inilah pusat penangkaran buaya di Kalimantan Timur, sebuah tempat di mana terdapat sekitar 1.450 ekor buaya, mulai dari buaya muara hingga dua spesies buaya yang terancam punah, yakni buaya air tawar dan buaya supit.

Penangkaran ini beroperasi sejak tahun 1991 dan beroperasi di atas lahan seluas 5 ha. Kegiatan paling menarik di tempat ini adalah memberi makan buaya-buaya tersebut. Namun, Anda harus membayar sebesar Rp 10 ribu untuk satu ekor ayam hidup yang akan menjadi makanan bagi buaya. Jika Anda telah puas menyaksikan dan memberi makan buaya-buaya, Anda mungkin tertarik untuk menunggangi gajah lampung yang ada di tempat penangkaran ini.

Tahukah Anda, di tempat ini Anda bahkan dapat menikmati sajian sate buaya yang dijual dengan harga Rp 3 ribu per tusuk. Sate daging buaya dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Tak kurang pula, Anda dapat membeli  cinderamata berbentuk buaya dan aneka olahan kreatif dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan tali jam tangan di tempat ini.

Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini terbuka untuk umum setiap hari, sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore WITA. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Penangkaran Buaya Teritip sebesar Rp 10 ribu per orang.

10. Taman Bekapai

Inilah taman kota yang terletak di jalan protokol di Balikpapan. Berlokasi di pusat kota, Taman Bekapai adalah ruang terbuka publik yang menjadi tempat bersantai di tengah kehidupan kota Balikpapan.

Di taman ini, tersedia fasilitas wi-fi untuk akses internet dan tidak dikenakan biaya apapun. Anda dapat terhubung ke internet sembari bersantai di taman kota ini.

Di sisi luar taman, terdapat sekumpulan pedagang yang menyediakan makanan dan minuman bagi Anda yang ingin bersantap ria. Tak aneh, taman ini menjadi salah satu tempat yang menarik di Balikpapan bagi siapapun yang ingin bersantai. Inilah sebab taman tersebut dinamakan Bekapai, yang artinya santai.

Selamat beraktifitas dan happy travelling!!!!

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.