Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Pantai Pandawa Bali, Nuansa Eksotis Penuh Ketenangan dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Pantai Pandawa Bali, Nuansa Eksotis Penuh Ketenangan
Pantai Pandawa Bali, Nuansa Eksotis Penuh Ketenangan

Wisatasia.id, Popularitas Pantai Pandawa Bali memanglah tidak setenar pantai Kuta atau Sanur di Pulau Bali. Tetapi, tahukah Anda bahwa pantai yang satu ini dikenal dengan pasir putihnya yang lembut dan birunya air laut yang memukau.

Pantai Pandawa adalah sebuah alternatif bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan sembari menikmati wisata pantai yang menyenangkan di Bali. Dan hingga saat ini, Pantai Pandawa masih terus dikembangkan untuk menjadi sebuah destinasi wisata bahari di Bali yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang telah lebih dahulu populer.

Pantai Pandawa Bali terletak di bagian selatan Provinsi Bali, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Kutuh, Kecamatan Kutu, Kabupaten Badung. Inilah sebabnya, salah satu tempat wisata di Bali ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Kutuh. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3 km dari Nusa Dua untuk dapat tiba di Pantai Pandawa. Sebelum pembenahan infrastruktur dilakukan pemerintah lokal, akses menuju pantai ini begitu sukar dan membuat redup potensi besar yang dimilikinya.

Beberapa aktivitas di Pantai Pandawa
Beberapa aktivitas di Pantai Pandawa
Ini pula yang menyebabkan pantai Pandawa di Bali pernah dilekatkan dengan sebutan “Secret Beach” atau pantai rahasia karena letaknya yang memang tersembunyi. Bentang alam di sekitar pantai terdiri dari tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi semak belukar.
Meski demikian, pesona eksotis pantai ini pada akhirnya dikenal luas kalangan penikmat perjalanan. Hal paling monumental dan menjadi titik balik pantai Pandawa Bali adalah ketika Desa Kutuh meraih juara dua pada lomba desa tingkat nasional di tahun 2011 silam. Sejak itulah promosi pantai ini mulai intensif di jejaring sosial hingga halaman situs online. Bak gayung bersambut, Pemerintah Kabupaten Badung juga membenahi akses ke pantai tersebut dengan membuat jalan sepanjang 1,5 kilometer melewati tebing kapur yang tinggi.

Sisi-sisi tebing masuk Pantai Pandawa Bali
Sisi-sisi tebing masuk Pantai Pandawa Bali

Ketika Anda dalam perjalanan menuju pantai Pandawa, Anda dapat menyaksikan tebing-tebing megah terbelah oleh jalanan. Ini menyuguhkan sebuah pamandangan yang unik. Sesuai dengan namanya yang diambil dari kisah pewayangan terkenal, lima tokoh Pandawa, Anda akan menyaksikan pula lima patung Pandawa yang berdiri berjejer tatkala menuju pantai ini.
Alamat Pantai Pandawa: Jl. Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali | Telp. (0361) 2725367
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.845474,115.185014

Hal Menarik di Pantai Pandawa Bali

Aktivitas paling populer di pantai Pandawa Bali adalah berenang, selain itu juga berkano dan paragliding. Namun, hendaknya lebih berhati-hati bila Anda ingin melakukan aktivitas berkano atau berenang mengingat angin dan gelombang laut di pantai ini belum dapat diprediksi secara presisif. Tetapi bagi para wisatawan asing, cara paling populer untuk menikmati Pantai Pandawa adalah dengan berselancar.

Berselancar di Pantai Pandawa
Berselancar di Pantai Pandawa
Kawasan pantai Pandawa jauh lebih tenang dari hiruk pikuk wisata ketimbang apa yang dapat Anda temui di Pantai Kuta atau Legian. Inilah sebab mengapa para penikmat wisata bahari datang mengunjungi pantai Pandawa ini untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda.

Selain itu, Anda bahkan dapat sekedar bersantai di warung-warung yang terletak di pinggir pantai ini. Dari situ, Anda dapat menikmati panorama pantai sembari menikmati segarnya air kelapa dan menyantap jagung bakar. Satu hal yang lebih menyenangkan, harga makanan di kawasan pantai Pandawa Bali ini tidaklah semahal seperti yang ada di pantai-pantai lainnya. Dan jika Anda sudah mulai merasa bosan, cobalah untuk menikmati pijat refleksi di tenda-tenda yang berdiri di sepanjang pantai Pandawa tersebut.

Bersantai di Pantai Pandawa Bali
Bersantai di Pantai Pandawa Bali
 Jika Anda ingin berjemur di tepian pantai, maka cara yang paling sering dilakukan wisatawan adalah dengan memilih jalur di sebelah kiri saat masuk pantai. Sebab, Pantai Pandawa di Bali ini terbagi ke dalam dua sisi pantai di mana pada sebelah kanan, Anda dapat menjajal olahraga air. Berkano adalah salah satu olahraga air yang patut Anda coba saat ke pantai ini. Dengan kano, Anda dapat menjelajahi sepanjang pesisir pantai. Dan, harganya sewa kano di Pantai Pandawa juga tidaklah mahal.

Tenda berjemur di Pantai Pandawa Bali
Tenda berjemur di Pantai Pandawa Bali

Selain itu, tidak rugi pula bila Anda ingin sekedar berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai sembari menyaksikan aktivitas para petani rumput laut. Hamparan pasir putih, deburan ombak yang lembut, serta air laut yang jernih sungguh membawa kedamaian wisata bahari yang mengesankan. Anda bahkan dapat berinteraksi dengan petani rumput laut di sana untuk mendapatkan pengetahuan tentang budidaya tanaman rumput laut. Sejak era 1980-an, penduduk lokal memang telah menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat berbudidaya rumput laut.

Selain pasir pantainya yang putih bersih, Pantai Pandawa memiliki daya tarik lain, yaitu konservasi terumbu karang, tebing-tebing kapur dengan goa tempat patung Pandawa, wisata budaya, wisata spiritual, dan tentu saja budidaya rumput laut.

Berfoto dengan Lima Pandawa
Berfoto dengan Lima Pandawa

Tidak ketinggalan pula keberadaan patung-patung Pandawa dan Ibu Kunti yang menjadi salah satu spot menarik di pantai Pandawa Bali. Patung-patung ini dipahat oleh seniman asli Bali dan didanai melalui donasi sejumlah investor. Dan tentu saja, berfoto di patung Arjuna adalah satu hal yang paling sering dilakukan wisatawan di pantai ini.

Ada pula satu hal yang perlu untuk diketahui. Pantai Pandawa di Bali adalah pula salah satu kawasan pantai yang disucikan masyarakat lokal. Setidaknya, terdapat enam area yang disucikan di kawasan pantai ini, yakni area batu cupid, tempat upacara Melasti, Pura Dalem Segara, sumur sumber air minum masyarakat desa, Sawan Wela, dan Sawan Sambing.

Oleh karenanya, sejak tahun 2004 pantai ini telah dilindungi oleh hukum adat. Siapapun yang melanggar peraturan yang berlaku di sana, pasti akan mendapatkan sanksi adat. Itu pula sebabnya Anda dapat menyaksikan sejumlah papan peringatan untuk tidak melakukan aktivitas berbau seksual di beberapa areal di kawasan pantai Pandawa tersebut.

Hotel di Pantai Pandawa Bali

Mengingat letak pantai yang tersembunyi dan jauh dari pemukiman, tidak ada satupun penginapan yang dapat Anda temukan di kawasan pantai Pandawa. Para penikmat perjalanan pada umumnya mencari penginapan di kawasan sekitar Nusa Dua karena jaraknya yang terbilang dekat dengan pantai Pandawa ini.

Tentu saja, ada banyak penginapan di Nusa Dua, baik hotel hingga aneka resor dan guest house. Anda dapat mencari hotel atau penginapan secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu booking online yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Pantai Pandawa Bali

Perjalanan dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ke pantai Pandawa Bali hanya memakan waktu tempuh selama sekitar 1 jam saja. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat tiba lebih dahulu di daerah Kuta, lalu lanjut ke arah Garuda Wastu, kemudian berbelok ke arah kiri menuju Bali Cliff atau Nusa Dua. Di sana, Anda akan menjumpai petunjuk arah bertuliskan “Pantai Pandawa”, lalu berbeloklah ke kiri hingga akhirnya menemukan perempatan, dan terus ikuti saja jalur hingga akhirnya Anda tiba di kawasan pantai Pandawa.

Jika Anda ingin akses yang lebih cepat ke Pantai Pandawa Bali, Anda dapat mengambil rute dari Universitas Udayana atau dari Jimbaran. Untuk pilihan moda transportasi, sebaiknya menggunakan mobil atau motor karena transportasi umum cukup sulit di sana untuk mengantarkan Anda ke Pantai Pandawa.

Selamat beraktifitas dan happy travelling!!!!

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.