Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Pantai Selong Belanak Lombok, Wisata Bahari Penuh Kedamaian dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Pantai Selong Belanak Lombok, Wisata Bahari Penuh Kedamaian
Pantai Selong Belanak Lombok, Wisata Bahari Penuh Kedamaian
Wisatasia.id, Keberadaan Pantai Selong Belanak Lombok membuktikan bahwa daerah Lombok yang berbatasan langsung dengan Pulau Bali ini menyimpan potensi wisata bahari yang sungguh kaya.

Pantai selong Belanak memiliki karakteristik yang unik dengan pesonanya yang khas. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang panjang dengan garis pantai yang melengkung mirip bulan sabit. Di ujung lengkungan tersebut, terdapat beberapa bukit dengan panorama hijau yang alami.

Pantai Selong Belanak di Lombok merupakan bagian dari Teluk Selong Belanak dengan tepian sepanjang 1.000 meter yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Terdapat pemukiman penduduk di seperempat bagian pantai sisi selatan. Di pemukiman ini, terdapat kurang lebih 40 nelayan yang setiap hari melaut. Spot ini tentu tidak cocok untuk melakukan aktivitas wisata air karena akan terhalang oleh perahu nelayan yang banyak tertambat di lokasi tersebut.

Alamat Pantai Selong Belanak: Jln. Selong Belanak, Kec. Mataram, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.86969,116.160298

Kontur Pantai Selong Belanak yang Landai

Mengunjungi Pantai Selong Belanak Lombok kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas air. Pantai Lombok yang satu ini memiliki kontur yang landai serta air yang jernih. Untuk melakukan aktivitas wisata air, Anda bisa memilih sisi pantai bagian utara dengan kondisi airnya yang jernih dan tenang.

Aktivitas wisatawan di Pantai Selong Belanak
Aktivitas wisatawan di Pantai Selong Belanak

Di tempat ini, banyak wisatawan yang berenang, berjemur, bersantai, atau sekedar berjalan-jalan menikmati panorama pantai. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk memancing.

Di Pantai Selong Belanak Lombok ini pula Anda akan menyaksikan kehidupan nelayan yang sederhana dimana beberapa anak penuh ceria membantu orangtuanya mengangkut air tawar untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Perahu nelayan di tepian Pantai Selong Belanak
Perahu nelayan di tepian Pantai Selong Belanak


Juga terlihat para suami yang memperbaiki perahu atau jala yang akan digunakan untuk melaut. Atau, para istri yang mengambil hasil tangkapan ikan untuk dijual. Pendeknya, di tempat ini Anda dapat belajar banyak tentang kehidupan yang damai dalam balutan kesederhanaan serta saling mencintai, sungguh jauh dari kemewahan.

Sunyi dan Damai di Pantai Selong Belanak Lombok

Sejauh ini, Pantai Selong Belanak Lombok belum banyak terpublikasi di berbagai media. Ini pula yang menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi pantai indah ini terbilang sedikit ketimbang dengan Pantai Senggigi dan Kuta Lombok.

Berenang dan surfing di Pantai Selong Belanak
Berenang dan surfing di Pantai Selong Belanak
Sejatinya, Pantai Selong Belanak Lombok memiliki ciri khas yang tidak terdapat di berbagai pantai Lombok lainnya, yakni efek damai dan menenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Mungkin hal ini disebabkan suasana pantai yang masih sepi dari pengunjung. Tetapi, pantai ini akan terlihat ramai pengunjung tatkala musim libur tiba.

Setelah masa liburan berakhir, kondisi pantai kembali sunyi. Anda mungkin hanya melihat beberapa wisatawan saja yang coba berbaur dengan nelayan di pinggiran pantai. Jika Anda ingin menyendiri atau mencari suasana yang tenang, Pantai Selong Belanak adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Pesona sunset di Pantai Selong Belanak
Pesona sunset di Pantai Selong Belanak

Soal fasilitas umum seperti penginapan dan rumah makan, ini akan sangat mudah ditemukan. Di tepi pantai, Anda dapat menjumpai sejumlah warung makan dengan sajian menu khas lokal. Menu kuliner yang paling populer di kawasan Pantai Selong Belanak ini adalah sate ikan dengan harga yang cukup ramah di kantong. Anda juga dapat menemukan cafeteria serta lahan parkir yang cukup luas di sana.

Tips Wisata ke Pantai Selong Belanak

Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda harus sesering mungkin bertanya tentang arah menuju pantai pada masyarakat setempat. Ini disebabkan karena sepanjang perjalanan, hampir tidak ada penunjuk arah ke Pantai Selong Belanak. Besar kemungkinan Anda akan tersesat jika malu bertanya.
Usahakan sedapat mungkin datang ke pantai ini menggunakan mobil pribadi atau mobil sewa secara rombongan. Jika Anda menggunakan sepeda motor, perjalanan cukup beresiko mengingat terdapat bagian-bagian jalan yang berpasir. Dengan bermotor, Anda sebaiknya berhati-hati dan menjaga kecepatan terutama pada 15 kilometer terakhir.

Selain itu, sangat disarankan juga menggunakan sunblock dan penutup kepala untuk melindungi kulit Anda dari terik matahari. Hindari menggunakan alas kaki selama berjalan-jalan di tepian pantai karena pasir yang menempel pada alas kaki dapat menimbulkan lecet akibat tergesek kulit kaki.

Hotel di Pantai Selong Belanak Lombok

Jika berniat menginap di kawasan pantai ini, Anda dapat memilih hotel atau resort yang ada di sana. Adapun hotel dekat Pantai Selong Belanak, di antaranya seperti Kuta Indah Hotel, Anak Bungalows & Restaurant, dan Kuta Paradise Lombok.
Anda dapat mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Selong Belanak secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok berjarak sekitar 49 kilometer dari kota Mataram. Untuk sampai di lokasi pantai ini, Anda membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat mengambil rute ke Bandara Internasional Lombok. Setelah sampai di perempatan Masjid Jami’ di daerah Panunjak, selanjutnya ambil arah selatan hingga perjalanan tiba di kawasan pantai. Ketika tiba di sebuah pantai dengan hamparan pasir putih berbentuk melengkung seperti bulan sabit, berarti Anda telah sampai di Pantai Selong Belanak.

Akses jalan menuju Pantai Selong Belanak terbilang cukup bagus meski pada 15 kilometer terakhir, Anda akan melewati jalanan yang naik turun. Selama dalam perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan hijau ladang tembakau pada bagian kiri dan kanan jalan hampir di sepanjang perjalanan.

Selamat beraktifitas dan happy travelling!!!!

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.