Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Wisata Gili Trawangan, Pesona Bahari Lombok yang Menawan dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Wisata Gili Trawangan, Pesona Bahari Lombok yang Menawan
Wisata Gili Trawangan, Pesona Bahari Lombok yang Menawan

Wisatasia.id, Kawasan wisata Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu destinasi favorit dunia yang menyuguhkan pengalaman wisata bahari yang sangat menyenangkan. Destinasi ini jauh dari kebisingan, memberikan Anda lanskap pantai yang menawan, serta keindahan alam bawah lautnya yang mempesona.

Di tahun 2011 lalu, Lonely Planet Best pernah merilis sebuah buku panduan perjalanan dan memasukkan kawasan wisata Gili Trawangan sebaga salah satu dari “Top 10 Region” paling recommended di dunia untuk dikunjungi. Objek wisata Lombok Utara yang satu ini mampu memberikan pengalaman wisata yang berkesan bagi Anda.

Objek wisata Gili Trawangan ini secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di arah Barat Laut Pulau Lombok. Gili Trawangan sesungguhnya adalah sebuah pulau kecil sepanjang 2 km dan memiliki lebar sejauh 1,5 km. Anda dapat mengelilingi pulau indah ini dengan berjalan-jalan selama dua jam saja.

Di dalam kawasan wisata Gili Trawangan, tidak ada satupun aktivitas kendaraan bermotor karena memang dilarang. Jika Anda lelah berjalan kaki, Anda dapat menggunakan sepeda sewaan atau menaiki cidomo (delman) yang ada di sana.

Tidak hanya daratan bebas polusi dan sungguh alami, pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan air laut biru yang jernih, serta alam bawah lautnya yang indah.

Bersepeda di kawasan wisata Gili Trawangan
Bersepeda di kawasan wisata Gili Trawangan

Berkeliling menggunakan delman di Gili Trawangan
Berkeliling menggunakan delman di Gili Trawangan

Alamat Gili Trawangan: Kecamatan Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.3503092,116.0362061

Spot Menarik Wisata Gili Trawangan

Berikut ini adalah sejumlah objek dan spot menarik yang dapat Anda temukan tatkala menelusuri keindahan wisata Gili Trawangan.

1. Pantai berpasir putih

Kontur pantai di kawasan wisata Gili Trawangan tidak berbeda dengan pantai Lombok lainnya, memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta panorama pantai yang indah. Air lautnya jernih, kaya akan biota laut. Dari tepian pantai, Anda dapat bersantai sembari menikmati megahnya Gunung Rinjani dan Gunung Agung dari kejauhan.

Pantai biru berpasir putih di Gili Trawangan
Pantai biru berpasir putih di Gili Trawangan

2. Alam bawah laut

Kegiatan snorkel dan diving adalah satu hal yang paling populer di kawasan wisata Gili Trawangan ini. Anda dapat menjumpai layanan diving berlisensi internasional yang berkantor di sana. Dengan demikian, akan sangat mudah mencari pemandu dan peralatan menyelam yang diperlukan.

Biota laut Gili Trawangan
Biota laut Gili Trawangan


Ada sejumlah spot penyelaman yang terkenal di Gili Trawangan. Masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Beberapa spot diving yang populer, di antaranya Jack Point, SharkPoint, Halik Reef, CoralFanGardern, Bounty Reef, Trawangan Slope, Simon Reef, dan Turbo.

Lazimnya, setiap operator diving di sana memiliki spot-spot unggulan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi sesuai dengan kemampuan menyelam Anda. Jika Anda enggan untuk menyelam, Anda masih dapat menikmati indahnya biota laut Gili Trawangan dengan cara snorkeling saja.

Penyu hijau, satwa langka di Gili Trawangan
Penyu hijau, satwa langka di Gili Trawangan

Tatkala menyelam, Anda dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut Gili Trawangan yang mempesona, termasuk menjumpai penyu hijau di sana. Satwa langka ini dapat dilihat pada kedalaman dari 10-20 meter di bawah permukaan laut.

3. Sunset di Gili Trawangan

Ini adalah satu hal lainnya yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Pesona sunset (matahari terbenam) di Gili Trawangan terlihat begitu indah pada sebuah lokasi yang bernama Sunset View di sebelah barat pulau.

Sunset di Gili Trawangan
Sunset di Gili Trawangan

Anda dapat pergi ke sana dengan berjalan kaki, bersepeda,, atau naik delman. Anda akan menjumpai banyaknya wisatawan yang berkumpul di sana. Lokasi ini memang disenangi sebagai tempat untuk bersantai hingga bercengkerama sembari menanti matahari kembali ke peraduannya. Jangan khawati jika Anda lapar atau haus, ada banyak penjual makanan di sana.

4. Konservasi kura-kura

Konservasi kura-kura ini letaknya dekat dengan pelabuhan Gili Trawangan. Di sini dipelihara anak kura-kura, yang selanjutnya akan dilepaskan ke lautan untuk dapat berkembang biak secara bebas. Biasanya, akan diselenggarakan semacam upacara adat dalam pelepasan satwa ini ke laut.

5. Presean

Presean adalah sebuah seni beladiri tradisional dari masyarakat suku Sasak di Nusa Tenggara Barat. Kesenian ini dapat Anda saksikan di sekitar Pasar Seni. Kesenian ini terbilang ekstrim, mungkin Anda akan melihat pemain yang terluka tatkala bertarung dalam pertunjukan beladiri tersebut. Kegiatan ini lazimnya dimeriahkan dengan iringan beleganjur, yakni musik tradisional Lombok, termasuk suara komentator melalui pengeras suara.

Pertunjukan tradisional suku Sasak
Pertunjukan tradisional suku Sasak

6. Live music

Akomodasi di pulau Gili Trawangan terbilang sangat sangat baik. Sejumlah bar dan cafe di sana lazimnya menyediakan pertunjukan live music. Tentu saja ini merupakan salah satu hiburan yang menarik saat berkunjung ke Gili Trawangan. Di kalangan wisatawan mancanegara, bar dan cafe adalah salah satu tempat favorit untuk menikmati malam yang indah di Gili Trawangan.

Hotel di Gili Trawangan

Anda dapat mencari hotel atau penginapan di Gili Trawangan secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu booking online yang populer adalah AGODA.

Akses ke Kawasan Wisata Gili Trawangan

Perjalanan menuju kawasan wisata Gili Trawangan dapat dimulai dari pulau Bali. Anda akan mudah menemukan sejumlah agensi perjalanan yang mungkin menawarkan paket wisata Bali dan Lombok secara terpadu, bahkan paket wisata Gili Trawangan.

Untuk dapat tiba di Gili Trawangan, Anda dapat menaiki angkutan umum dari kota Mataram. Rute perjalanan yang akan dilewati adalah Mataram – Rembiga – Pamenang. Setiba di Pamenang, perjalanan dilanjutkan dengan kapal menuju Trawangan. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 45 menit. Setiba di pelabuhan Trawangan, Anda dapat menjumpai biro-biro travel yang menawarkan paket wisata Gili Trawangan, di antaranya menyelam (diving), snorkeling, naik cidomo, dan lain-lain.

Selamat beraktifitas dan happy travelling!!!!

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.