Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Apa Itu Deposito Valas Dan Apa Manfaatnya? dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Terdapat beragam bentuk investasi yang dapat dilakukan masyarakat pada saat ini. Salah satu bentuk investasi yang paling aman adalah deposito. Perubahan nilai tukar mata uang yang tidak menentu membuat banyak orang gemar melakukan investasi dalam bentuk valas. Berdasarkan fluktuasi nilai tukar rupiah yang tidak menentu, investasi dalam bentuk valas bisa jadi sangat menguntungkan. Oleh karena itu, banyak bank yang menyediakan bentuk investasi deposito valas. Ayo kenali apa itu deposito valas.

Pengertian Deposito Valas

Tidak berbeda dengan deposito konvensional, deposito valas memiliki aturan dan sistem yang sama, yaitu menaruh uang di bank dalam jangka waktu tertentu dan tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo, sebagai imbalannya, bank akan memberikan suku bunga yang lebih tinggi kepada nasabah. Perbedaannya terletak pada mata uang yang ditaruh dalam deposito. Deposito valas hanya menerima dana dalam bentuk mata uang asing, seperti USD, GBP, HKD, EUR, SGD, JPY, dan mata uang asing lainnya sesuai dengan ketentuan bank. Suku bunga yang ditawarkan oleh deposito valas umumnya lebih rendah daripada deposito rupiah. Deposito valas dapat dimiliki oleh perseorangan ataupun perusahaan dengan jangka waktu yang fleksibel.

Manfaat Deposito Valas

Secara umum, deposito valas merupakan instrument investasi bagi nasabah, sama halnya dengan deposito konvensional. Tapi ada beberapa manfaat dari deposito valas yang tidak dimiliki oleh deposito konvensional. Inilah manfaatnya.

1. Bebas Biaya Administrasi

Tidak Ada Biaya Administrasi via wpmudev.org
Tidak Ada Biaya Administrasi via wpmudev.org

Sama dengan deposito konvensional, biasanya bank akan memberikan kebebasan biaya administrasi kepada pemilik deposito. Hal ini tentu akan menguntungkan karena dana yang Anda taruh akan tetap utuh, sehingga keuntungannya juga jadi lebih besar.

2. Terlindung Dari Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

Bebas Resiko Pelemahan Rupiah via beritadaerah.co.id
Bebas Resiko Pelemahan Rupiah via beritadaerah.co.id
Nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing sangat tidak stabil dan cenderung rendah. Maka itu, sangat sulit untuk bisa memprediksi bagaimana fluktuasi nilai tukar Rupiah dengan mata uang asing. Memiliki deposito valas membuat keuangan Anda tetap terlindungi dari fluktuasi nilai tukar rupiah. Dengan menaruh dana berupa valas ke dalam deposito, Anda tidak perlu khawatir ketika nilai tukar Rupiah melemah, karena uang yang ada di deposito berupa valas.

Selain itu, deposito valas akan sangat berguna untuk Anda yang memiliki rencana untuk memberikan pendidikan atau liburan ke luar negeri. Karena dana deposito Anda berupa valas, perubahan nilai tukar rupiah tidak akan berpengaruh pada Anda.

3. Jangka Waktu Fleksibel

Leluasa Memilih Jangka Waktu via morganmckinley.co.uk
Leluasa Memilih Jangka Waktu via morganmckinley.co.uk
Semakin maraknya deposito valas di kalangan masyarakat membuat bank berlomba-lomba menawarkan program untuk menarik minat nasabah. Salah satunya adalah dengan memberikan keleluasan dalam memilih jangka waktu deposito. Jadi Anda bisa merencanakan keuangan Anda di masa depan dengan lebih mudah juga.

4. Suku Bunga Berupa Valas

Keuntungan Berupa Valas via cnbc.com
Keuntungan Berupa Valas via cnbc.com
Seperti prinsip deposito pada umumnya, nasabah akan menerima keuntungan dari suku bunga pada saat jatuh tempo. Meski suku bunga pada deposito valas ini lebih kecil daripada deposito Rupiah, tetapi Anda akan merasakan keuntungannya dalam bentuk valas juga, jadi nilai tukarnya lebih stabil dan menguntungkan Anda.

5. Tempat Menabung Yang Menguntungkan

Deposito Investasi Menguntungkan via sim.edu.sg
Deposito Investasi Menguntungkan via sim.edu.sg
Saat ini banyak perusahaan yang mau memberikan gaji dalam bentuk valas. Jika Anda adalah karyawan atau bekerja di perusahaan yang memberikan gaji berupa valas, maka Anda bisa menikmati keuntungan lebih dengan menggunakan deposito valas. Dibandingkan dengan menukarkan mata uang tersebut ke rupiah atau menaruh di tabungan valas biasa, Anda akan lebih untung jika menarung uang tersebut di deposito valas. Karena nilai tukar mata uang rupiah yang cenderung lemah dan suku bunga deposito valas lebih tinggi dari tabungan valas.

6. Perpanjangan Jangka Waktu Otomatis

Automatic Roll-Over via lifehack.org
Automatic Roll-Over via lifehack.org
Beberapa bank memberikan fasilitas berupa automatic roll-over, yaitu dana deposito Anda akan secara otomatis diperpanjang ketika lewat dari masa jatuh tempo. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk memasukkan dana tersebut ke deposito.

Gandakan Uang Anda Dengan Deposito

Keinginan orang untuk melakukan investasi sering terhalang karena takut mengalami kerugian. Bila Anda adalah tipe orang yang seperti itu, menggunakan deposito untuk berinvestasi bisa jadi jalan keluar untuk Anda. Dengan deposito yang merupakan bentuk investasi paling aman, Anda tidak perlu takut untuk merugi. Keuntungan yang lebih besar dapat kamu dapatkan dengan menggunakan deposito valas karena terlindung dari fluktuasi nilai tukar Rupiah sehingga uang Anda lebih stabil. Masih ragu menggunakan deposito? Ayo gandakan uang Anda dengan deposito.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.