Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Apa Perbedaan Deposito dan Tabungan? dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Deposito dan tabungan merupakan produk perbankan yang ditawarkan kepada masyarakat untuk menyimpan uang. Selain itu, keduanya juga memiliki pajak sebesar 20% yang dikenakan kepada pemiliknya. Lalu apa bedanya? Apakah perbedaannya hanya terletak pada penamaannya saja? Tentu tidak. Jika dicermati, kedua hal ini memiliki beberapa perbedaan yang menjadikan mereka sangat berbeda. Sebelum Anda semakin penasaran, inilah perbedaan deposito dan tabungan yang menjadikan mereka sangat berbeda.

1. Bunga Deposito Lebih Tinggi dari Tabungan

Bunga Deposit Lebih Tinggi via empowerednews.net
Bunga Deposit Lebih Tinggi via empowerednews.net

Keuntungan dari memasukkan dana ke deposito adalah bunganya lebih tinggi dari tabungan. Bunga deposito berkisar antara 5% hingga 7% dari jumlah dana Anda, sedangkan bunga tabungan hanya berkisar antara 0.5% hingga 3%. Dengan bunga yang lebih besar, perkembangan uang Anda akan lebih cepat.

Biasanya dana yang akan dimasukkan ke deposito adalah dana simpanan jangka panjang. Jika dana itu Anda masukkan ke dalam tabungan bersama dengan uang Anda untuk keadaan darurat, kemungkinan uang itu akan terpakai untuk membeli keinginan Anda. Sedangkan jika Anda menyimpannya di deposito, pengeluaran akan lebih terkontrol karena tidak bisa diambil seenaknya dan uang juga bertumbuh karena bunga yang tinggi.

2. Fleksibilitas Pengambilan Uang

Mengambil Uang Tidak Semudah Tabungan via deadbeatspanel.com
Mengambil Uang Tidak Semudah Tabungan via deadbeatspanel.com
Seperti yang pasti Anda tahu, Anda dapat mengambil dana pada tabungan Anda kapanpun, dan dimanapun yang ada ATM. Hal ini tidak dapat Anda lakukan dengan deposito. Uang di deposito tidak bisa Anda cairkan seenaknya, ada jangka waktu (tenor) tertentu yang harus dilewati hingga jatuh tempo, baru Anda bisa melakukan pengambilan uang. Biasanya tenor deposito adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan. Jika Anda melakukan pengambilan sebelum tanggal jatuh tempo, ada biaya pinalti yang harus Anda bayarkan. Misalkan Anda memiliki deposito berjangka 6 bulan, dan Anda ingin mengambil dana Anda padahal baru di bulan ke-2. Anda tetap bisa mengambil uang Anda, tetapi ada biaya pinalti yang akan dikenakan kepada Anda.

Perbedaan ini seringkali dimanfaatkan oleh orang yang ingin mengatur keuangannya dengan cara memisahkan penyimpanan dana mereka. Dana yang dimasukkan ke deposito adalah dana yang tidak akan dipakai dalam waktu dekat, sehingga akan lebih menguntungkan jika dimasukkan ke deposito.

3. Deposito untuk Investasi, Tabungan untuk Menabung

Investasi atau Menabung? via bfgfmoneyblog.com
Investasi atau Menabung? via bfgfmoneyblog.com
Bunga deposito yang lebih tinggi daripada bunga tabungan menjadikan deposito sebagai salah satu produk investasi. Sebagai salah satu produk investasi, deposito merupakan produk investasi yang paling minim resikonya, namun bunganya juga paling kecil dari antara produk investasi lainnya. Untuk Anda yang masih awam soal berinvestasi, deposito bisa menjadi awal bagi masa depan investasi Anda. Dan bagi Anda yang sudah mahir berinvestasi, deposito juga berguna untuk mengembangkan uang hasil dari investasi lainnya.

Berbeda dengan deposito, tabungan bukan ditujukan untuk investasi. Tabungan adalah tempat Anda menaruh uang yang akan Anda pakai sehari-hari dan untuk dana darurat. Pengambilan dana yang fleksibel, bunga yang kecil, dan biaya administrasi membuat tabungan bukanlah produk investasi. Karena dengan bunga yang kecil, akan sulit untuk mengembangkan uang, ditambah lagi biaya administrasi per bulan yang bisa menguras bunga Anda.

4. Bilyet dan Buku Tabungan

Berbeda Bentuk Dokumen Kepemilikan via wisegeek.com
Berbeda Bentuk Dokumen Kepemilikan via wisegeek.com
Jika Anda membuka tabungan, Anda akan memegang buku tabungan dan kartu ATM sebagai bukti bahwa Anda memiliki tabungan di Bank tersebut. Hal ini berbeda ketika Anda membuka deposito. Yang Anda dapat adalah bilyet deposito. Inilah yang menandakan bahwa Anda pemilik dari dana yang ada di deposito tersebut.

Mengatur Keuangan dengan Deposito dan Tabungan

Deposito dan tabungan memiliki keunggulannya masing-masing dalam menyimpan uang. Keunggulan tersebut bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan Anda agar lebih baik. Tempatkan dana yang akan Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari dan darurat di dalam tabungan, yang bisa diambil kapanpun Anda butuhkan. Sedangkan pakai deposito untuk dana yang tidak akan terpakai dalam jangka waktu dekat sehingga secara tidak langsung Anda sedang melakukan investasi yang aman dan menguntungkan. Dengan mengatur keuangan menggunakan deposito dan tabungan, keuangan Anda akan lebih terkontrol dan bertumbuh. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.