Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Asuransi Jiwa Terbaik, Apa Dan Bagaimana Memilihnya ? dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Kehidupan manusia selalu penuh dengan misteri dan gangguan yang tidak dapat diprediksi. Hari ini Anda sehat, segar, bugar, tetapi bisa saja besok Anda mendapat gangguan sakit tanpa di duga. Untuk mengantisipasi kemungkinan seperti itu, Anda membutuhkan asuransi yang akan sangat dibutuhkan untuk melindungi Anda ada gangguan.

Sekarang sudah bukan lagi waktunya takut asuransi, karena asuransi akan menjamin kehidupan. Ibarat payung, asuransi sangat Anda butuhkan saat ada gangguan, tetapi tidak anda perhatikan saat kondisi aman. Salah satu asuransi yang terkenal di Indonesia adalah asuransi jiwa, karena memberikan banyak keuntungan baik dari segi ekonomi maupun dari segi psikologi.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan baik kepada individu maupun keluarga dari dari kerugian financial yang tidak terduga, yang disebabkan kematian, cacat seumur hidup, maupun sudah tidak produktif lagi. Bagi Anda yang sayang keluarga, asuransi ini sangat  cocok, sehingga tidak mengherankan jumlah peserta asuransi jiwa dari tahun ke tahun terus meningkat. Tersedia berbagai macam asuransi jiwa, pertanyaannya yang manakah yang tepat dengan Anda dan keluarga ?

Macam – Macam Asuransi Jiwa

Ada 4 macam asuransi jiwa yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada Anda. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya pelajari dahulu masing-masing asuransi yang ditawarkan tersebut. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan financial, agar tidak salah pilih.
Berikut 4 macam asuransi yang ditawarkan tersebut :

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi Jiwa Berjangka via vardhmaninsurance.com
Asuransi Jiwa Berjangka via vardhmaninsurance.com     
 

Asuransi jiwa ini menawarkan pertanggungan berjangka waktu tertentu dengan kontrak mulai 5, 10, 15, 20 tahun dan seterusnya. Premi yang ditawarkan selama masa kontrak sangat murah, mulai Rp. 3.000.000 per tahun, tetapi dengan pertanggungan yang sangat besar bahkan mencapai milyaran rupiah. Pembayarannya dapat anda lakukan secara per bulan, per quarter, per semester dan per tahun. Usia pemegang polis antara 15 sampai 75 tahun.

Namun kelemahannya pertanggungan hangus jika habis masa kontrak, sehingga misalkan Anda meninggal atau tidak produktif setelah habis masa kontrak, keluarga Anda tidak akan mendapatkan pertanggungan. Anda juga tidak akan mendapatkan uang tunai dari premi yang dibayarkan. Apabila ingin memperpanjang masa kontrak, maka premi yang dibayarkan akan mengalami kenaikan dari kontrak sebelumnya. Asuransi jiwa ini cocok bagi Anda yang lebih mengutamakan masa depan anak.

2. Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)

 
Asuransi Seumur Hidup via affordablelifeinsuranceforseniors.biz
Asuransi Seumur Hidup via affordablelifeinsuranceforseniors.biz
Asuransi jiwa ini memberikan pertanggungan seumur hidup, namun kini perusahaan asuransi membatasi hanya sampai 100 tahun saja. Asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah karena umur manusia jarang yang mencapai 100 tahun, maka kemungkinan besar Anda akan mendapat pertanggungan, dan pertanggungan tidak akan hangus meskipun tidak ada klaim. Setelah kontrak berakhir uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya. Untuk  pembayarannya sendiri sama seperti asuransi jiwa dilakukan secara per bulan, quarter, semester, dan per tahun. Usia pemegang polis antara 1 bulan sampai dengan lebih dari 70 tahun.

Adapun kelemahannya adalah premi yang harus dibayarkan lebih tinggi dari Term Life, dan nilai pertanggungannya lebih kecil dari Term Life, berkisar antara 150 juta – 500 juta. Namun Anda akan mendapatkan uang tunai dari premi yang dibayarkan. Walaupun anda mendapatkan uang tunai dari premi yang dibayarkan, tetapi jumlahnya kecil sekitar 4% dari total premi per tahun. Jumlah inipun akan semakin kecil lagi, karena anda akan mendapat pengurangan pajak. Asuransi jiwa ini cocok bagi anda yang tidak punya tanggungan dan tidak mau merepotkan keuangan keluarga bila meninggal.

3. Asuransi Dwiguna (Endowment)


 
Asuransi Dwiguna via affairscloud.com
Asuransi Dwiguna via affairscloud.com


Asuransi jiwa ini disebut dwiguna karena memberikan 2 kegunaan sekaligus, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka dan sebagai tabungan (gabungan Term Life dan Whole Life). Pertama anda akan mendapatkan pertanggungan bila meninggal saat kontrak berjalan. Nilai pertanggungannya sama dengan Whole Life berkisar antara 150 juta – 500 juta.

Kedua Anda masih dapat mencairkan uang tersebut saat tertanggung masih hidup sedangkan kontrak sudah berakhir. Anda dapat menarik polis asuransi, jika suatu saat membutuhkan uang untuk keperluan mendesak dalam jangka waktu tertentu beberapa tahun sekali, sesuai perjanjian dengan perusahaan asuransi. Selain itu anda juga akan mendapat uang tunai seperti Whole Life, namun jumlahnya lebih besar sedikit. Bisa lebih dari 4% dari total premi per tahun, namun jumlah ini tetap akan dikurangi pajak.

Karena ini penggabungan 2 asuransi diatas, maka premi yang dibayarkan juga lebih besar, bisa mencapai jutaan per bulannya. Pembayaran dilakukan secara  per bulanan, quarter, semester dan tahun. Usia pemegang polis antara 1 bulan sampai dengan 90 tahun. Asuransi ini cocok bagi Anda yang ingin lebih memastikan pendidikan anak, ingin punya dana untuk kebutuhan tidak terduga dan ingin punya dana pension lebih besar.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

 
Asuransi Jiwa Unit Link via kit4troops.org.uk
Asuransi Jiwa Unit Link via kit4troops.org.uk


Asuransi jiwa ini paling banyak ditawarkan oleh agen asuransi. Asuransi jiwa ini memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai proteksi yang merupakan manfaat asuransi dan sebagai investasi. Asuransi ini paling mahal dibandingkan 3 asuransi lainnya diatas, karena lebih powerfull dalam memberikan proteksi kepada Anda. Serta memberikan investasi yang cukup menjanjikan kepada Anda, sehingga memberikan keuntungan yang besar.

Asuransi ini sesuai dengan anda yang ingin berinvestasi tetapi tidak bisa terjun langsung sambil tetap memastikan jiwanya mendapatkan perlindungan. Anda harus memahami betul jika ingin menggunakan asuransi jenis ini, agar tidak ada kesalahpahaman saat mengajukan klaim. Jika yang Anda inginkan adalah hasil dari investasi besar pilihlah asuransi ini, namun tetap saja timbal baliknya kurang signifikan bila dibandingkan saham yang merupakan investasi murni.

Pilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Supaya dapat menentukan asuransi jiwa yang tepat bagi Anda, pelajari dan pahami manfaat dari masing-masing asuransi. Kemudian lihat juga kemampuan Anda secara financial untuk membayar premi, jangan sampai ada masalah dalam pembayaran premi asuransi jiwa.
Ada beberapa manfaat yang secara umum akan anda dapatkan dengan ikut asuransi jiwa, diantaranya :
  • Pikiran dan hati merasa aman, nyaman dan tentram.
Sebab dengan ikut asuransi harapan kelangsungan hidup keluarga lebih besar dan terjamin.
  • Menabung
Dengan ikut asuransi, berarti Anda memiliki tabungan yang dapat digunakan saat kebutuhan mendesak.
  • Investasi
Dengan ikut Asuransi Jiwa Unit Link, selain proteksi jiwa, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari investasi.
  • Manajemen resiko
Dengan ikut asuransi, maka besarnya resiko kehidupan yang akan Anda hadapi dan tidak pernah anda ketahui akan sedikit berkurang
Setelah mengetahui secara umum manfaat dari asuransi jiwa tersebut, lihatlah kebutuhan diri Anda sendiri dan keluarga untuk memilih asuransi jiwa yang tepat. Misalkan anda seorang pegawai yang berusia 30 tahun, dengan penghasilan yang besar sekitar 8 juta per bulan. Anda dan keluarga sudah tercover oleh asuransi kesehatan di kantor yang cukup lumayan, sehingga tidak memerlukan asuransi kesehatan lagi dari luar. Anda tidak memiliki cicilan hutang diluar, mungkin hanya cicilan KPR yang nilainya 2 juta per bulan selama 10 tahun.

Dengan penghasilan berkisar 8 juta perbulan,  kenaikan gaji tiap tahun gaji dan hanya 1 cicilan KPR sebesar 2 jutaan, kondisi keuangan keluarga Anda dikatakan sudah mapan. Kondisi ini membuat Anda ikut asuransi hanya karena ingin melindungi anak dan istri di masa depan, serta mendapatkan uang pensiun yang besar. Melihat kondisi seperti ini sebaiknya Anda ikut Asuransi Jiwa Dwiguna dengan masa kontrak 25 tahun dan pertanggungan 500 juta.

Misalkan Anda meninggal dunia 20 tahun kemudian keluarga anda akan mendapat tanggungan sebesar 500 juta. Apabila Anda masih hidup sampai habis masa kontrak anda selama 25 tahun, keluarga Anda tetap akan mendapat tanggungan sebesar 500 juta.

Pelajari dan Pahami Manfaatnya

Sekali lagi sebelum menentukan asuransi jiwa yang akan anda ikuti, pelajari, pahami manfaat dari masing-masing asuransi jiwa. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dan kondisi financial Anda agar tidak ada kendala dalam perjalanan masa kontrak. Jangan memilih asuransi jiwa hanya karena terkena bujuk rayu dari agen asuransi, tanpa mengetahui seluk beluknya. Jika salah dalam menentukan pilihan asuransi jiwa, kemungkinan besar perekonomian keluarga Anda akan berantakan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan serta pengetahuan kepada anda, agar anda tidak salah dalam memilih asuransi yang tepat bagi diri Anda dan keluarga. Selamat memilih, teman cermat.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.