Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehari-harinya. Bagi orang-orang sibuk, waktu berlibur haruslah digunakan secara eksklusif dan berkualitas. Beberapa orang memilih wisata ke luar negeri untuk mengisi waktu libur mereka. Sebelum melakukan perjalanan liburan, biasanya kita akan mempersiapkan beberapa persiapan penting seperti izin cuti, booking tiket pesawat dan tempat penginapan, cek kesiapan paspor dan visa, serta mendaftar asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan digunakan untuk keperluan darurat apabila saat perjalanan keluar negeri tersebut, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Asuransi ini sifatnya amat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri supaya perjalanan Anda nyaman dan tidak merasa was-was.


Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya
Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan diperlukan bagi traveler untuk melindungi mereka dari risiko selama perjalanan. Tentu saja saat berlibur Anda tidak boleh merasa was-was akan terjadinya risiko yang tidak terduga. Secara umum manfaat asuransi perjalanan adalah melindungi traveler terhadap hal-hal berikut ini:

1. Perlindungan Diri dari Risiko Kecelakaan

Perlindungan ini meliputi penggantian uang jika terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

2. Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal

Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.

3. Penggantian Biaya Pengobatan Darurat

Jika Anda sakit selama perjalanan, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat.

4. Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian

Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan meliputi: biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

5. Perawatan Anak dan Kunjungan Duka Pada Satu Orang Kerabat atau Keluarga

Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga, jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.

6. Evakuasi Medis

Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.

7. Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi

Jika terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi Anda, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.

8. Terkait Perjalanan

Jika Anda ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.

9. Perlindungan Rumah

Jika terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah Anda, selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.

Pengecualian Pada Asuransi Perjalanan

Perlindungan yang Dikecualikan via carpe-travel.com
Perlindungan yang Dikecualikan via carpe-travel.com

Ikut program asuransi saat ini relatif gampang, apalagi dengan makin banyaknya broker asuransi secara online, namun demikian pemahaman terhadap manfaat asuransi yang seringkali belum begitu bagus. Jasa asuransi, sebagus apapun tentu saja memiliki pengecualian klaim asuransi pada suatu keadaan tertentu. Misalnya saja, jika Anda mengalami kecelakaan yang mengharuskan Anda untuk dirawat di rumah sakit setempat, Anda mungkin merasa tenang karena Anda memiliki asuransi perjalanan, tetapi karena keadaan tertentu klaim asuransi tidak diterima oleh rumah sakit yang menangani Anda. Jangan langsung menyalahkan perusahaan asuransi atau rumah sakit, karena bisa saja penyebabnya adalah keadaan saat Anda mengalami kecelakaan tersebut di luar cakupan polis asuransi. Beberapa hal umum yang menjadi pengecualian asuransi perjalanan akan dibahas berikut ini:
  1. Musibah kecelakaan atau sakit yang dialami seseorang yang masuk dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan. Mabuk dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang memang termasuk dalam kategori sesuatu yang ilegal di beberapa Negara. Terlebih lagi jika Anda mabuk sambil mengendarai kendaraan atau melakukan hal yang berbahaya jika dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas saat Anda mengemudi dalam keadaan mabuk, kebanyakan rumah sakit tidak akan menerima klaim asuransi Anda. Pasalnya hal seperti ini dianggap sebagai kesalahan pribadi, jadi berpikirlah lagi jika Anda ingin minum-minum hingga mabuk.
  2. Melakukan kecelakaan yang disengaja. Disengaja di sini maksudnya adalah jika Anda sengaja membuat diri Anda celaka untuk memperoleh uang asuransi perjalanan. Meski hal seperti ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya tetap menjadi perhatian Anda dan jangan sekali-kali mencobanya.
  3. Kondisi force majeure juga tidak akan membuat klaim asuransi Anda cair. Force majeure adalah kondisi di luar kemampuan Anda misalnya Anda terjebak dalam suatu huru-hara atau kerusuhan yang terjadi di Negara yang Anda datangi. Ada satu contoh yang bisa diambil, misalnya Anda sedang berlibur ke Thailand dan terjebak dalam kerusuhan kaus merah. Apabila Anda terluka dalam insiden tersebut, Anda tidak akan mendapatkan klaim asuransi meski Anda berada dalam situasi tersebut secara tidak sengaja. Untuk itu, sebisa mungkin jauhi berlibur ke daerah konflik dan jangan terlibat di segala bentuk kerusuhan yang terjadi di suatu Negara.
  4. Apabila Anda sakit sebelum perjalanan dan Anda nekat dengan mengabaikan saran dokter, maka asuransi Anda juga tidak akan bisa cair. Alasannya jelas, mengabaikan anjuran dokter.
  5. Selanjutnya adalah hamil dan keguguran. Meskipun Anda mengalami keguguran di Negara tujuan, Anda tetap tidak akan mendapat klaim asuransi karena dari awal melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil memang sudah merupakan risiko besar. Pelajari dulu syarat-syarat dalam asuransi perjalanan agar Anda tetap terlindungi selama perjalanan ke luar negeri.
  6. Jika Anda terlibat dalam olahraga profesional, misalnya balap mobil, sebaiknya Anda mencari asuransi tersendiri jika Anda ingin terlindungi ketika mengikuti olahraga professional saat di luar negeri. Terlibat dalam event olahraga dan dibayar ketika sedang berjalan-jalan adalah pengecualian untuk asuransi perjalanan.
Untuk menghidari tolakan klaim dan menjamin asuransi Anda lancar, sebaiknya mengikuti tips berikut ini:

Tips Memilih Asuransi Perjalanan


Pengetahuan tentang asuransi perjalanan mutlak diperlukan, sebelum Anda memilih produk asuransi perjalanan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan seperti uraian berikut ini:

1. Paham Besarnya Perlindungan yang Diberikan oleh Asuransi Perjalanan

Sebagai nasabah asuransi perjalanan, Anda harus meneliti secara detil hal apa saja yang ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang Anda miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki. Kami ambil contoh, Anda cukup membeli asuransi perjalanan yang menanggung kehilangan barang karena sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya daripada membeli 2 produk dengan proteksi yang sama.

2. Pahami Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan Anda

Idealnya Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan tapi premi yang Anda bayarkan ternyata untuk masa asuransi melebihi masa perjalanan.

3. Luas Perlindungan

Wisata dengan risiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.

4. Kondisi Kesehatan Tertanggung

Pahami bahwa setiap tertanggung punya riwayat sakit dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur, walau  sekilas nampak menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, saat terjadi klaim, bisa saja Anda ditolak. Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan yang justru mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan Anda berbohong. Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada tahap awal dengan sebenarnya sehingga kasus klaim ditolak tidak Anda alami.

Buat Liburan Anda Semakin Menyenangkan

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, tentu Anda tidak perlu lagi khawatir jika sewaktu-waktu mengalami hal yang tidak diinginkan ketika di luar negeri. Bayangkan jika suatu saat Anda mengalami kecelakaan di luar negeri, tapi tidak memiliki asuransi perjalanan, bagaimana harus membayar perawatan di sana? Sementara uang yang dibawa tidak cukup. Bingung kan? Karena itu, gunakan produk ini dan buat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.