Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Budget Pernikahan Tidak Sampai 50 Juta? Ini Cara Mengaturnya dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Budget menikah yang minim kerap kali menjadi permasalahan beberapa pasangan yang ingin menyelenggarakan hari besar mereka itu. Banyak pasangan yang pada akhirnya mengandalkan bantuan hutang atau pinjaman bank untuk membiayai rancangan pesta pernikahan yang diinginkan. Terkadang alasannya tidak begitu berbobot: tidak ingin dianggap tidak mampu menyelenggarakan pesta oleh keluarga. Alasan ini terkadang dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang salah satunya adalah takut dianggap pernikahan itu terjadi akibat ‘kecelakaan’.

Sejatinya pernikahan itu bagian terpenting terletak pada ucapan sahnya pasangan baru sebagai suami dan istri. Perkara pesta itu sebenarnya hanya tambahan saja bila merasa mampu untuk menggelar. Tidak ada suatu kewajiban yang mengharuskan pasangan baru ini mengadakan pesta megah untuk merayakan kebahagiaan mereka sebagai pasangan suami istri yang baru. Lebih tepatnya tidak ada hukum yang mengharuskan penyelenggaraan pesta yang megah dan mewah untuk merayakan sebuah pernikahan. Apa gunanya berhutang untuk merealisasikan keinginan membuat pesta namun setelah acara berakhir justru akan membebani Anda dengan cicilan pinjaman yang besar dan tenor pembayaran yang lama? Padahal Anda dan pasangan pasti memiliki keinginan lain seperti bulan madu dan berencana memiliki anak.

Untuk menghindari Anda dari permasalahan tambahan setelah pesta pernikahan berakhir, kami sajikan ulasan singkat mengenai beberapa tips untuk mengadakan pesta pernikahan dengan budget di bawah Rp50 juta. Ingat bila ingin pesta ini berjalan dengan baik, maka tenaga Anda dan pasangan harus dipergunakan sebaik mungkin ya.

1. Buatlah Pos Pengeluaran

Wedding Budget via womenofworth.co
Wedding Budget via womenofworth.co
Buatlah beberapa pos pengeluaran untuk mengalokasikan dana Anda secara tepat sasaran. Untuk memberikan kesan mewah, alokasikan persentase dana yang cukup besar untuk bagian dekorasi. Hal ini akan memberikan kesan baik dan megah bagi para tamu undangan yang hadir - tanpa mereka tahu bahwa dekorasi ini tidak memakan biaya. Alokasikan sekitar 30% dari Rp50 juta atau sekitar Rp15 juta dan usahakan biaya dekorasi tidak melebihi dari yang direncanakan. Bila membutuhkan beberapa barang, cari alternatif lain selain membeli. Bila memiliki barang yang bisa mendukung dekorasi dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya, mengapa tidak dimanfaatkan saja?

Selain itu, pengeluaran terbesar kedua juga jatuh kepada keperluan makanan. Makanan merupakan fokus utama dari para tamu undangan yang hadir. Membuat pernikahan yang megah berarti tidak boleh ada kejadian tamu undangan tidak dapat makanan. Alokasikan dana kurang lebih sekitar Rp15 juta untuk catering dan cermati menu supaya kombinasi makanan yang dihidangkan tidak monoton untuk tamu undangan.

2. Cari Paket Gedung

Peket Gedung Dengan Dekorasi via ruiyichem.com
Peket Gedung Dengan Dekorasi via ruiyichem.com
Nah keperluan kedua adalah sewa gedung. Anda dan pasangan harus sama-sama rajin mencari dan survei harga di beberapa gedung pernikahan. Kalau mau menghemat pengeluaran, sebaiknya jangan pilih sewa ballroom hotel bintang 5 karena jelas pengeluaran Anda bisa sangat tersedot untuk kebutuhan ini.

Anda bisa mencari gedung yang disewakan khusus untuk pernikahan. Biasanya pihak yang menyewakan gedung tersebut sudah memasang paket persewaan gedung lengkap dengan kebutuhan sound system, AC, dekorasi, hingga riasan pengantin. Dalam memberi kesan mewah untuk gedung sebenarnya difokuskan pada dekorasi ruangan yang bagus sehingga meskipun bukan menyewa ballroom hotel, tamu undangan tidak akan merasa kecewa juga.

Selain itu, untuk akad nikah lebih baik gunakan masjid atau gereja, bisa juga balai pertemuan warga atau balai serbaguna. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan sewa gedung dengan harga yang cukup terjangkau, biasanya di bawah Rp5 juta. Apalagi kalau sewa gedung tersebut juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas lain seperti yang sudah disebutkan di atas, alokasi biaya Anda bisa digunakan untuk keperluan lain atau dana untuk kejadian tak terduga.

3. Makanan

Makanan Catering via makanponyo.com
Makanan Catering via makanponyo.com
Sudah disebutkan bahwa makanan merupakan fokus utama dari tamu undangan pernikahan. Ini juga menjadi cerminan bahwa Anda dan pasangan juga bisa merajakan tamu dengan hidangan yang menggugah selera. Referensi dari rekan dan keluarga mungkin akan mengarahkan Anda pada beberapa nama catering besar yang sudah terkenal akan kualitas dan rasa makanan yang tidak mengecewakan. Tapi jelas bahwa mereka pun tidak mau dibayar murah. Bila Anda menginginkan catering yang menyediakan makanan enak dengan harga yang relatif lebih miring, Anda dan pasangan harus rajin-rajin mencari dan survei ke beberapa catering, membandingkan rasa dan harga antara catering satu dengan lainnya untuk mendapatkan kesepakatan terbaik yang bisa menekan pengeluaran Anda.

Yang terpenting dalam hal ini adalah perencanaan tamu undangan yang akan hadir. Bila Anda bisa memprediksi tamu undangan yang akan hadir (biasanya dengan rumus jumlah undangan disebar kali dua) maka Anda bisa memesan makanan pada catering dengan jumlah yang tidak terlalu berlebihan dan hal ini jelas akan menghemat pengeluaran Anda dalam kebutuhan makanan.

4. Melakukan Gotong Royong

Wedding Preparations via blog.loveawake.com
Wedding Preparations via blog.loveawake.com
Sadar kalau budget minim untuk menyelenggarakan pesta pernikahan? Maka Anda dan pasangan harus siap kerja keras untuk mengerjakan semuanya sendiri. Bila membutuhkan bantuan, hubungi keluarga dan rekan yang siap membantu segala perencanaan Anda dalam mempersiapkan pesta pernikahan.

Bukannya mau memanfaatkan, tapi biasanya rasa kekeluargaan yang erat antar anggota keluarga dan tetangga bisa menimbulkan rasa gotong royong dalam mengerjakan proyek pesta pernikahan Anda. Jangan malu untuk meminta bantuan pada keluarga, tetangga, atau rekan-rekan Anda dalam mengerjakan segala persiapan pernikahan Anda. Toh kalau memang dekat pasti mereka juga tidak akan sungkan untuk mengerahkan tenaga dan waktu dalam membantu Anda menyelenggarakan pesta pernikahan ini.

5. Gunakan Kreativitas Anda

Manfaatkan Baju Pengantin Ibu atau Saudari Anda via labrisaphotography.com
Manfaatkan Baju Pengantin Ibu atau Saudari Anda via labrisaphotography.com
Anda sadar bila perencanaan biaya Anda tidak bisa terlalu tinggi. Maka akali beberapa pengeluaran Anda dengan mengalihkannya pada persewaan atau menggunakan barang yang diwariskan dari keluarga. Bukan berarti pelit, tapi memang menghemat pengeluaran harus diakali dengan berbagai cara salah satunya memperkecil jumlah barang yang harus dibeli (terutama yang sifatnya sekali pakai).

Misalnya baju pengantin. Baju pengantin biasanya tidak digunakan berkali-kali setelah pesta pernikahan berakhir. Daripada mengeluarkan biaya untuk membeli baju pengantin, tidakkah lebih baik bila Anda menggunakan baju pengantin yang diwariskan dari ibu atau sanak saudara Anda?
Selain baju pengantin, Anda juga bisa menghemat pengeluaran misalnya dari riasan pengantin yang tidak perlu menggunakan jasa make up artist tapi salurkan kemampuan dan keahlian baik itu Anda, keluarga, maupun rekan Anda dalam menyulap Anda menjadi raja dan ratu sehari lewat riasan yang mengagumkan. Selain menghemat biaya pernikahan, Anda juga memfasilitasi bakat mereka dalam mendadani orang.

Masih butuh dana untuk membiayai orang yang akan mendokumentasikan pesta Anda? Daripada begitu, fasilitasi rekan-rekan yang hobi fotografi untuk meliput acara Anda mulai dari prosesi awal sebelum akad nikah hingga pesta pernikahan. Bonusnya? Anda mendapat dokumentasi yang baik dengan pengeluaran yang minim bahkan sangat mungkin mencapai nol rupiah.

6. Menghemat Biaya Hiburan

Minta Teman Anda Untuk Mengisi Acara via truephotography.com
Minta Teman Anda Untuk Mengisi Acara via truephotography.com

Biasanya, pesta pernikahan membutuhkan hiburan seperti penyanyi dan pengiring musik. Tak jarang beberapa pasangan suami istri baru ini menggunakan jasa penghibur sekaligus pembawa acara dari luar. Daripada mengeluarkan biaya untuk membayar orang dalam membawakan acara Anda dan membangun suasana yang meriah, lebih baik bila Anda menggunakan jasa keluarga atau teman-teman Anda yang terkenal pandai berbicara dan ramah, sehingga akan membangun suasana pesta pernikahan Anda menjadi lebih meriah.

Selain menyalurkan hobi mereka, Anda juga akan menghemat pengeluaran bagian keperluan hiburan. Kalau pun Anda menginginkan iringan musik, Anda bisa menyewa jasa organ tunggal yang bisa memberi iringan musik lengkap dalam satu instrumen. Di samping menghemat space yang bisa digunakan untuk meletakkan barang lain atau lebih memperluas space dan ruang gerak bagi tamu undangan, biayanya pun relatif murah, yaitu sekitar Rp3 juta.

Anggarkan Dengan Baik 

Berbagai macam cara untuk menghemat budget pernikahan bisa ditempuh dalam berbagai macam cara. Poin-poin di atas merupakan beberapa alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menghemat pengeluaran. Yang jelas dan yang terpenting Anda harus bisa memprediksi, memproyeksi, dan mengkalkulasi rencana pesta pernikahan secara detail dan teliti. Jangan lupa untuk memasukkan kemungkinan dari kejadian tak terduga.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.