Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Ibarat kaki, mobil senatiasa bergerak dan sangat rawan dengan resiko. Kehilangan mungkin lebih jarang terjadi, namun kecelakaan sudah hampir pasti sering kita lihat atau mungkin kita alami sendiri. Lihat saja bengkel dan variasi mobil, seringnya penuh dan tak jarang pula kita antri sampai beberapa hari untuk mendapatkan layanan. Salah satu cara untuk mendapatkan prioritas layanan bengkel adalah dengan ikut program asuransi mobil.

Seberapa penting dan mahalkan asuransi mobil? Jika mobilitas Anda jarang, ambil saja asuransi mobil Total Lost Only (TLO), namun jika Anda sering menggunakan kendaraan, maka paket asuransi mobil All Risk bisa Anda ambil. All risk akan melindungi semua resiko yang terjadi pada mobil Anda seperti yang tercantum dalam polis asuransi mobil.

Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda via bankingsense.com
Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda via bankingsense.com

Mengambil asuransi mobil harus seuai dengan kebutuhan supaya efisien dari segi biaya dan manfaat yang didapatkan. Perlu di catat mobil yang Anda asuransikan apakah untuk keperluan pribadi atau operasional kantor. Hal ini sangat menentukan terhadap pilihan paket asuransi mobil yang akan Anda ambil. Salah satu yang sering menjadi hambatan adalah tentang keberadaan mobil pengganti saat terjadi klaim. Apakah mobil pengganti selalu ada atau masuk dalam stiap paket asuransi mobil? Belum tentu juga, tergantung perjanjian yang tertera dalam polis asuransi mobil Anda. Jadi pilihlah asuransi yang menyediakan mobil pengganti jika mobil Anda ibarat kaki yang harus selalu ada setiap saat. Sehingga saat terjadi klaim, operasional mobil Anda masih bisa berjalan dengan baik.

Pastikan Anda Mengambil Paket Asuransi dengan Mobil Pengganti

Pastikan Sudah Dilindungi Asuransi via diamondlaw.ca
Pastikan Sudah Dilindungi Asuransi via diamondlaw.ca


Pasti kesal rasanya jika Anda mengkredit mobil dan mobil tersebut mengalami kecelakaan. Tapi kerugian Anda dapat berkurang jika Anda sudah mendaftarkan mobil Anda ke sebuah produk asuransi. Perlu diketahui, tidak semua paket asuransi menyediakan mobil pengganti. Simak baik-baik ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi mobil Anda. Pastikan beberapa hal penting dan umum yang wajib ada seperti: perlindungan menyeluruh atas kerusakan/kerugian pada kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, asuransi kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dan yang lebih penting lagi manfaat tambahan apakah tersedia misalnya: Mobil Pengganti, Mobil Derek, Ambulance, Mobile Claim Services, Garansi Perbaikan dan Hotline Service 24 jam.

Seberapa Mahal Fasilitas Mobil Pengganti untuk Asuransi Mobil yang Anda Ambil?

Mobil Pengganti Tidak Seharusnya Dikenakan Biaya via automotivetradingacademy.co.uk
Mobil Pengganti Tidak Seharusnya Dikenakan Biaya via automotivetradingacademy.co.uk

Pada dasarnya mobil pengganti adalah gratis. Mobil pengganti saat terjadi klaim asuransi adalah fasilitas tambahan yang saat ini banyak dijumpai pada paket asuransi. Namun perlu diperhatikan bahwa fasilitas mobil pengganti sifatnya tidak terus menerus. Jadi ada batas waktu pemakaiannya. Jika Anda melewati batas waktu tersebut dianggap sewa. Oleh karena itu perhatikan baik-baik klausul dalam polis asuransi mobil Anda. Pastikan proses klaim asuransi mobil Anda cepat ditangan oleh bengkel rekanan sehingga Anda tidak terlambat dalam pemakaian mobil pengganti.

Apakah Mobil Pengganti Selalu Sama atau Lebih Bagus dengan Mobil yang di Klaim ke Bengkel?

Mobil Pengganti via blogspot.com
Mobil Pengganti via blogspot.com

Normalnya, dalam setiap polis asuransi mobil dijelaskan bahwa jika ada fasilitas mobil pengganti, maka jenis dan mobil pengganti akan di usahakan setara dengan mobil yang di klaim ke bengkel. Namun perlu Anda ketahui bahwa perusahaan asuransi juga tidak sanggup memenuhi semua kebutuhan mobil pengganti atas klaim mobil yang masuk ke bengkel, di mana jumlah klaim seringkali jauh melebihi jumlah mobil pengganti yang tersedia. Belum lagi proses pengerjaan bengkel juga butuh waktu beberapa hari. Status mobil pengganti sendiri seringkali juga rental yang dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk menutup kebutuhan operasional mereka.

Jadi harus bagaimana saat terjadi klaim? Namanya juga kondisi darurat, jika Anda ingin klaim segera di tangani maka selama ada mobil pengganti sebaiknya segera lakukan klaim apapun kondisi dan jenis mobil pengganti yang ada. Jika Anda ingin kenyamanan yang setara dengan mobil Anda dan kondisi mobil yang akan di klaim masih bisa di pakai, maka Anda bisa posisi antri menunggu mobil pengganti yang sejenis tersedia.

Bagaimana Mekanisme Klaim Asuransi dan Mendapatkan Mobil Pengganti?

Ketahui Cara Klaim Produk Asuransi Pilihan Anda via squarespace.com
Ketahui Cara Klaim Produk Asuransi Pilihan Anda via squarespace.com


Proses klaim asuransi mobil bisa mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pihak asuransi. Normalnya, Anda tinggal menghubungi melalui Call Center pihak asuransi dan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Nah, pertanyaannya bagaimana dengan mobil pengganti saat kendaraan Anda diservis? Simak tips berikut ini:

1. Simpan Polis di Mobil dan Catat Nomor Klaim

Ada baiknya Anda senantiasa membawa salinan polis asuransi di dalam laci mobil. Untuk memudahkan proses klaim pada saat mengajukan klaim ke customer service perusahaan asuransi, maka Anda akan mendapatkan nomor klaim atau tiket klaim. Pastikan Anda mendapatkan nomor ini untuk memudahkan proses dan sebagai bukti Anda telah melakukan klaim asuransi mobil.

2. Tanyakan ke bengkel Rekanan Berapa Lama Waktu Estimasi pengerjaan

Bengkel rekanan hanya butuh beberapa saat untuk memeriksa kendaraan Anda dan melakukan kalkulasi berapa lama waktu proses pengerjaan. Jangan lupa untuk menanyakan estimasi waktu supaya Anda bisa memprediksi butuh berapa lama menggunakan mobil pengganti agar tidak melebihi batas waktu penggunaan mobil pengganti tersebut. Pertimbangkan pula situasi dan kondisi bengkel rekanan apakah banyak antrian atau bisa langsung dikerjakan. Jika ramai, maka Anda perlu bersabar dan menanyakan kapan mobil Anda bisa ditangani oleh mekanik bengkel sehingga Anda bisa ikut mengawasi proses pengerjaan sehingga tidak molor.

3. Pahami prosedur dan syarat mendapatkan mobil pengganti

Setelah Anda mendapatkan informasi dari bengkel rekanan tentang estimasi waktu pengerjaan perbaikan kendaraan di bengkel, maka langkah berikutnya Anda lakukan konfirmasi ke pihak asuransi. Pihak asuransi rata-rata hanya mau memberikan mobil pengganti jika kendaraan Anda harus menginap di bengkel. Estimasi lama pengerjaan dari bengkel rekanan ini akan menjadi persyaratan mendapatkan kendaraan pengganti. Saat ini maskapai asuransi sering bersaing dalam layanan mobil pengganti ini karena menjadi nilai tambah yang sangat menentukan pilihan nasabah untuk membeli sebuah produk asuransi. Jangan lupa, Anda juga perlu menanyakan seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk biaya bengkel tersebut. Buat daftar spare part atau komponen apa saja yang diganti dan bagian mana saja yang diperbaiki untuk kelebgkapan membuat laporan ke maskapai asuransi.

Prosedur umum klaim asuransi untuk mendapatkan mobil pengganti sebagai berikut:

Klaim Asuransi via cekpremi.com
Klaim Asuransi via cekpremi.com

  • Anda harus memastikan bahwa nomor klaim sudah ada. Jangan memasukkan mobil ketika belum muncul nomor klaim karena nomor klaim artinya surat perintah kerja dari asuransi sudah turun artinya proses klaim Anda sudah disetujui oleh maskapai asuransi.
  • Biasanya perusahaan asuransi mempunyai syarat untuk mendapatkan mobil pengganti adalah minimal 2 hari proses pengerjaan di bengkel.
  • Anda harus memastikan bahwa pihak bengkel bisa langsung mengerjakan saat mobil Anda masuk ke bengkel supaya cepat selesai. Perlu diingat biasanya perusahaan asuransi hanya member tenggang waktu 5 hari kalender untuk membawa mobil pengganti. DIluar masa pakai mobil pengganti, Anda akan dianggap sewa mobil tersebut.

Semudah itukah Proses Klaim dan Mendapatkan Mobil Pengganti?


Kadang Harus Mengantri untuk Mendapat Mobil Pengganti via tensatorgroup.com
Kadang Harus Mengantri untuk Mendapat Mobil Pengganti via tensatorgroup.com


Pada prakteknya hampir semua maskapai asuransi tidak sanggup memenuhi kebutuhan mobil pengganti secara bersamaan. Biasanya mereka hanya menyiapkan 1-2 kendaraan untuk setiap jenis mobil dari pelanggan mereka. Proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari, sementara jumlah klaim bisa saja setiap hari ada yang masuk jika nasabah perusahaan asuransi sudah banyak. Hal ini yang membuat mobil penggantipun harus antri. Itupun jangan berharap kondisi mobil penggant sesuai dengan yang Anda harapkan. Ingat status mobil pengganti sendiri seringkali juga rental yang dilakukan oleh maskapai asuransi untuk menutup operasional klaim mereka sehingga dianggap dan diperhitungkan sebagai biaya oleh mereka dan harus diminimalkan.

Antisipasi Kemungkinan Terburuk

Cara paling mudah dilakukan adalah menyesuaikan waktu masuk ke bengkel bersamaan dengan dapatnya mobil pengganti. Perlu dicatat untuk klaim bengkel yang tidak masuk kategori darurat, Anda bisa menyesuaikan jadwal ini. Jika darurat misalnya mogok, kaca pecah dsb, mau tidak mau Anda harus masukkan mobil Anda ke bengkel segera. Kondisi antri seperti ini mutlak. Anda perlu mencatat nomor klaim Anda sehingga pihak asuransi bisa dengan mudah cek stok mobil pengganti dan menyesuaikan dengan jadwal masuk bengkel bagi mobil Anda. Dengan begitu rutinitas akan tetap berjalan dengan normal sembari menunggu bengkel memperbaiki mobil Anda.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.