Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Tunai untuk Bisnis dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Modal merupakan salah satu faktor penting yang paling utama harus dimiliki ketika Anda akan memulai sebuah bisnis. Seluruh kegiatan usaha yang telah direncanakan bisa saja mandek bila kita tidak memiliki sejumlah modal yang cukup untuk menjalankannya.

Sebuah bisnis tentu hanya akan berjalan dengan baik bila Anda memiliki sebuah rencana yang matang dalam menjalankannya, namun tak jarang semua rencana tersebut tidak dapat direalisasikan hanya karena terkendala masalah modal. Bukan sebuah perkara mudah untuk menjalankan sebuah bisnis tanpa modal, meski hal tersebut mungkin saja terjadi, namun pada kenyataannya hanya segelintir orang saja yang sukses menjalankan sebuah bisnis tanpa modal.

Di dalam prakteknya, sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar bilamana semua komponen yang dibutuhkan dapat bekerja sebagaimana rencana yang telah disusun sejak awal. Lalu, bagaimana bila komponen modal yang telah Anda tentukan tersebut belum juga bisa didapatkan?

Menunda atau bahkan menggagalkan sebuah usaha yang telah direncanakan bukanlah sebuah pilihan yang tepat untuk dilakukan. Bila Anda jeli dan cermat melihat peluang yang ada di sekitar Anda, maka sebenarnya ada banyak jalan alternatif yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan modal, di mana hal tersebut bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi bisnis yang akan atau sedang Anda jalankan.

Di bawah ini adalah beberapa pilihan alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai jalan untuk mendapatkan sejumlah modal:

1. Menjual Barang-Barang Pribadi

Menjual Barang-barang Pribadi via techloy.com
Menjual Barang-barang Pribadi via techloy.com
Ini merupakan salah satu pilihan paling aman dan tidak berisiko menimbulkan hutang di dalam keuangan anda, di mana Anda hanya akan menjual barang-barang milik Anda sendiri. Ada banyak barang pribadi Anda yang bisa dijadikan uang dan sumber modal dalam bisnis yang sedang Anda jalankan, seperti: sepeda motor, perhiasan, barang elektronik, dan jenis barang lainnya.
Namun dalam melakukan hal ini, simak beberapa poin berikut sebagai pertimbangan:
  • Jangan menjual barang yang sifatnya sangat dibutuhkan, misalnya: sepeda motor yang merupakan satu-satunya alat transportasi yang Anda miliki.
  • Jual barang pada orang terdekat Anda sehingga harganya tidak akan jauh turun dan sewaktu-waktu Anda memiliki sejumlah uang, maka Anda bisa membelinya kembali.

2. Meminjam Dana dari Orang Terdekat

Pinjam Dari Orang Terdekat via kisscapital.com
Pinjam Dari Orang Terdekat via kisscapital.com
Langkah lain yang bisa Anda ambil untuk mendapatkan sejumlah dana adalah dengan cara meminjam kepada keluarga atau saudara terdekat. Ceritakan tentang rencana bisnis yang Anda miliki dan dapatkan sejumlah modal tanpa bunga serta berbagai macam biaya yang memberatkan.

Selain keluarga dan saudara, Anda juga bisa meminjam dana dari teman atau sahabat anda. Jangan sungkan untuk menceritakan perihal kesulitan dana yang Anda rasakan, barangkali mereka dapat membantu dan meminjamkan sejumlah modal kepada anda. Di sisi lain, Anda juga bisa mengajak teman / sahabat Anda untuk bergabung di dalam usaha yang sedang Anda jalankan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan sejumlah dana yang bisa digunakan sebagai modal bisnis bersama tersebut.

Hindari meminjam dana dari seorang kenalan yang berprofesi sebagai rentenir, hal ini akan sangat merugikan Anda karena mereka akan mengenakan sejumlah bunga yang besar di dalam pinjaman anda. Bukannya memajukan bisnis yang Anda akan jalankan, hal tersebut justru akan membebani Anda dan mengacaukan semua rencana bisnis yang telah Anda miliki.

3. Meminjam Dana dari Kredit Usaha

Kredit Usaha Rakyay via blogspot.com
Kredit Usaha Rakyay via blogspot.com
Saat ini hampir semua bank memiliki layanan kredit usaha mikro yang merupakan sebuah produk pinjaman bagi usaha kecil. Pinjaman ini secara khusus ditujukan bagi para pengusaha kecil dan menengah, sehingga Anda bisa menjadi salah satu penerima pinjaman kredit mikro.

Meski banyak bank dan lembaga keuangan yang memberikan layanan kredit mikro, namun sebagai seorang calon kreditur sudah sepatutnya Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai layanan ini. Jangan sampai Anda mengambil kredit mikro dari sebuah bank atau lembaga keuangan dengan jumlah bunga yang tinggi karena pada dasarnya setiap bank akan menerapkan kebijakan yang berbeda-beda di dalam layanan mereka.

Penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai suku bunga, berbagai macam biaya, asuransi yang dikenakan dan segala persyaratan lainnya yang ditentukan oleh bank. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan sebuah kredit mikro yang terbaik dengan layanan yang memuaskan.

4. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cari Kredit Tanpa Agunan via wordpress.com
Cari Kredit Tanpa Agunan via wordpress.com
Kredit Tanpa Agunan (KTA) juga merupakan salah satu produk perbankan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan sumber modal bagi usaha yang akan Anda jalankan. Kredit ini cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat luas, di mana proses pengajuan dan persyaratan yang diterapkan oleh bank juga tidak begitu menyulitkan.

Besaran dana yang bisa didapatkan melalui KTA sangat bervariatif, di mana hal ini akan ditentukan oleh beberapa hal seperti: penghasilan Anda per bulan dan kemampuan bayar yang Anda miliki. Dana yang ditawarkan antara 5 sampai 200 juta rupiah, yang akan disesuaikan dengan berbagai macam kebijakan bank dalam menentukan limit kredit yang Anda dapatkan.

Dana yang diberikan oleh KTA pada umumnya penggunaannya sangat fleksibel dan tidak hanya terbatas sebagai modal usaha saja, hal ini juga menyebabkan tingginya animo masyarakat dalam mengajukan pinjaman KTA.

5. Mengajukan Kredit di BPR

Mengajukan Kredit di BPR  via suaramerdeka.com
Mengajukan Kredit di BPR  via suaramerdeka.com
Sebagai sebuah lembaga keuangan, sudah pasti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) akan memberikan layanan pinjaman kredit bagi para pengusaha yang sedang membutuhkan modal. Pada umumnya, fasilitas dan persyaratan yang ditetapkan oleh BPR akan lebih mudah dan cepat untuk dipenuhi. Namun sebagai salah satu bahan pertimbangan, Anda harus selalu mengingat bahwa di dalam prakteknya BPR biasanya akan mengenakan suku bunga yang cukup tinggi dalam pinjaman yang mereka berikan.

6. Mengajukan Pinjaman Melalui Lembaga Multifinance

Pinjaman Dari Multifinance via financial.id
Pinjaman Dari Multifinance via financial.id
Alternatif pinjaman lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan adalah lembaga multifinace. Saat mengajukan pinjaman dana ke lembaga ini Anda hanya perlu menyiapkan persyaratan standar berupa data diri dan SHM atau BPKB yang akan Anda jadikan sebagai jaminan karena peminjaman dana di lembaga ini harus disertai dengan jaminan.

Saat ini ada banyak lembaga multifinance yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, namun Anda harus selalu mengingat bahwa suku bunga yang dikenakan oleh lembaga multifinance pada umumnya lebih besar bila dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh bank. Selain hal tersebut, jangka waktu pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga ini akan lebih singkat.

7. Meminjam Dana dari Leasing

Meminjam Dana Dari Leasing via wordpress.com
Meminjam Dana Dari Leasing via wordpress.com
Pada dasarnya leasing akan memberikan sejumlah pendanaan yang difasilitasi oleh sebuah lembaga keuangan yang berbentuk perusahaan pendanaan, pinjaman ini tidak diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk aset bergerak, seperti sepeda motor dan mobil.
Sedangkan leas back merupakan pinjaman yang diberikan dalam bentuk uang tunai, di mana pengajuan pinjaman ini hanya bisa diproses apabila pemohon mengajukan BPKB sebagai agunannya.

8. Meminjam di Perum Pegadaian

Meminjam Dari Pegadaian via sumut24.co
Meminjam Dari Pegadaian via sumut24.co
Sebagai sebuah lembaga keuangan milik pemerintah, Perum Pegadaian juga memberikan layanan pinjaman dana tunai dengan suku bunga yang cukup ringan. Pengajuan pinjaman di lembaga ini harus disertai dengan pengajuan jaminan yang bisa dipilih dalam berbagai bentuk barang.
Perum Pegadaian juga memiliki beberapa produk pinjaman dana tunai yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti: Kredit Cepat Aman (KCA), Kredit Angsuran Sistem Gadai (Krasida), dan Kredit Angsuran Sistem Fiducial (Kreasi).

9. Pinjaman Melalui Koperasi

Koperasi Simpan Pinjam via wordpress.com
Koperasi Simpan Pinjam via wordpress.com
Bila Anda bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki sebuah koperasi, maka Anda dengan mudah dapat mengajukan sejumlah pinjaman dana di koperasi tersebut. Pada umumnya sebuah koperasi di dalam perusahaan akan memberikan kemudahan bagi para karyawannya untuk bisa mendapatkan sejumlah pinjaman dana. Namun jumlah pinjaman dana yang bisa Anda dapatkan biasanya hanya dalam jumlah kecil saja.

10. Mengajukan Pinjaman BUMN

Contoh Lembaga Penyalur Pinjaman BUMN Jamsostek via beritasumut.com
Contoh Lembaga Penyalur Pinjaman BUMN Jamsostek via beritasumut.com
Pada dasarnya dana pinjaman yang digunakan dalam pinjaman BUMN adalah dana kemitraan yang berasal dari sejumlah keuntungan perusahaan yang disisihkan secara khusus bagi para pengusaha kecil yang membutuhkan pinjaman dana.
Program yang familiar disebut sebagai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN ini, bisa Anda akses dengan mudah melalui beberapa lembaga, seperti: PT Jamsostek, PT Gas Negara, Pertamina, dan lembaga lainnya.

11. Pinjaman dari Departemen Pemerintah

Pinjaman Dari Pemerintah via kanalsatu.com
Pinjaman Dari Pemerintah via kanalsatu.com
Ada beberapa departemen di dalam pemerintahan yang memiliki program pinjaman modal usaha, seperti: Departemen Perindustrian, Departemen koperasi, dan Departemen Pertanian. Anda bisa mengajukan proposal bisnis dan mendapatkan pinjaman dana tunai dari departemen yang sesuai dengan bidang bisnis yang Anda tekuni.

Pilih Sumber Pendanaan yang Tepat

Memulai sebuah bisnis dalam bidang tertentu tidak cukup hanya dengan sebuah rencana yang matang saja, Anda harus punya langkah-langkah yang tepat dalam mengeksekusi setiap rencana yang telah dibuat. Pilih sumber pendanaan yang paling tepat untuk bisnis Anda dan segera mulai menjalankan rencana bisnis yang Anda miliki.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.