Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Ketahui Hal Ini Tentang Asuransi Motor dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Semua manusia yang ada di bumi ini tak akan bisa lepas dari adanya resiko. Karena adanya resiko tersebut, maka banyak produk asuransi yang bermunculan untuk menjawab permasalahan itu. Memiliki asuransi memang sangat penting untuk melindungi Anda di berbagai aspek. Seperti kesehatan, pendidikan, juga untuk kendaraan pribadi Anda. Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda dua atau motor, pasti tahu bagaimana rentannya jenis kendaraan tersebut. Kecelakaan di Indonesia umumnya banyak yang melibatkan motor.
Bagi Anda yang merasa sudah sangat berhati-hati dalam berkendara pun, masih beresiko terkena kecelakaan. Jadi, jika Anda ingin selalu menjamin keamanan kendaraan kesayangan Anda ini, sebaiknya asuransikan motor Anda segera. Inilah hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam mengasuransikan motor.

1. Pemilihan Asuransi

Pilih Perusahaan Asuransi via ambutrans.on.ca
Pilih Perusahaan Asuransi via ambutrans.on.ca
Ketika ingin mengasuransikan motor Anda, yang paling utama untuk pertimbangan Anda adalah merek dari perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Dengan mengenali perusahaan asuransi tersebut, Anda bisa mengetahui bagus atau tidaknya asuransi yang ditawarkan. Tidak perlu yang mahal, asal Anda sudah cocok dan tahu betul track record-nya saja sudah bagus untuk Anda pertimbangkan.

2. Proses Klaim


Klaim Asuransi via luciuscompletehome.com
Klaim Asuransi via luciuscompletehome.com
Bagi Anda yang baru akan menggunakan produk asuransi untuk kendaraan Anda, perlu diketahui bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki penawaran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Pertimbangkan juga jenis klaim kerusakan yang ditawarkan oleh pihak asuransi untuk menghindari masalah yang bisa terjadi saat Anda akan melakukan klaim.

3. Potongan Harga


Potongan Harga via moretimeforyou.com
Potongan Harga via moretimeforyou.com
 Jangan hanya terbuai oleh penawaran-penawaran yang diberikan oleh pihak asuransi untuk Anda dapatkan. Pertimbangkan juga setiap perusahaan asuransi yang memberikan diskon atau potongan harga pada produk asuransinya. Pilih yang memberikan perlindungan terbaik dengan biaya terjangkau. Sebagai catatan, biasanya banyak pihak asuransi yang memberikan syarat untuk mendapatkan potongan tersebut. Bertanyalah sampai Anda jelas mengenai program diskon yang mereka berikan.

4. Premi

Premi Asuransi via cloudfront.net
Premi Asuransi via cloudfront.net
 Pilih paket premi yang sesuai dengan Anda. Ada baiknya jika Anda memilih pembayaran premi yang dibayar setiap satu bulan atau tiga bulan sekali. Sebaiknya Anda tidak memilih pembayaran premi yang dilakukan setiap setahun atau enam bulan sekali. Perusahaan asuransi yang menawarkan sistem pembayaran tersebut biasanya memiliki maksud untuk menarik beberapa biaya tambahan pada Anda.

Apa Saja Yang Dijamin Asuransi Motor?

Asuransi Motor Bikin Aman via einsure360.com
Asuransi Motor Bikin Aman via einsure360.com

Bagi Anda yang masih kebingungan mengenai apa saja yang sebaiknya mendapat jaminan ketika memilih asuransi motor, Anda bisa memeriksa daftar di bawah. Data-data berikut berdasarkan Polis Standar Kendaraan Bermotor Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Asuransi Indonesia. Polis tersebut menjamin kerugian yang disebabkan oleh:
  1. Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok.
  2. Perbuatan jahat orang lain.
  3. Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai dengan kekerasan atau ancaman.
  4. Kebakaran akibat tersambar petir.
  5. Kerusakan selama kendaraan dalam penyebrangan menggunakan feri yang dikelola oleh Dirjen Perhubungan darat.
  6. Biaya derek.
Ada juga resiko-resiko yang tidak dijamin oleh pihak asuransi:
  1. Kehilangan keuntungan selama kendaraan tidak dapat digunakan akibat kecelakaan.
  2. Kerugian akibat penggelapan.
  3. Hilang atau rusaknya peralatan tambahan atau non standar yang tidak disebutkan dalan ikhtisar polis.
  4. Akibat perbuatan jahat yang dilakukan oleh tertanggung atau keluarga tertanggung.
  5. Kendaraan digunakan untuk belajar mengemudi atau perlombaan atau karnaval atau tindak kejahatan.
  6. Kelebihan muatan.
  7. Pengemudi tidak memiliki SIM atau melanggar peraturan lalu lintas.
  8. Barang muatan di dalam kendaraan.
  9. Akibat bencana alam atau perang dan sejenisnya.
Perlu sedikit Anda ketahui bahwa data-data yang disebutkan di atas biasanya diterapkan untuk motor-motor baru. Untuk motor-motor lama atau bekas, ada sedikit perbedaan asuransi. Tidak banyak pilihan yang bisa didapat untuk motor bekas. Sistem yang biasanya diterapkan pada motor bekas adalah Total Lost Only. Hal tersebut dikarenakan biaya yang akan dikeluarkan pihak perusahaan untuk mengganti kerusakan yang terjadi pada motor bekas akan lebih banyak jika menerapkan sistem All Risk. Ada batasan yang diberikan untuk kendaraan bekas karena apabila terjadi kecelakaan, biaya tambahan akan terjadi yang disebabkan oleh suku cadang yang mulai langka dan susah didapatkan.

Pakai Asuransi, Anda Jadi Lebih Tenang

Setelah Anda mengetahui apa saja hal yang perlu Anda ketahui tentang asuransi motor, sekarang saatnya Anda segera asuransikan motor Anda. Dengan memberikan perlindungan pada kendaraan kesayangan Anda, sudah seharusnya Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Tetapi perlu Anda ingat, sebaiknya Anda tetap berkendara dengan Aman dan berhati-hati. Pesan yang berbunyi “lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati” juga berlaku bagi Anda pengguna motor. Jadi patuhi segala ketentuan yang berlaku dan utamakan keselamatan.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.