Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Memiliki rumah yang aman dan nyaman adalah impian semua orang. Selain kedua faktor tersebut, hal yang selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah adalah harga dari rumah tersebut. Seiring perkembangan zaman, munculah inovasi baru membuat rumah minimalis yang aman, nyaman, dan lebih terjangkau. Rumah minimalis saat ini memang sudah menjadi pilihan favorit sebagai tempat tinggal bagi banyak orang. Rumah minimalis yang memiliki konsep pengaturan perabot sesedikit mungkin ini sekarang ini memang telah menjadi tren dan gaya hidup manusia modern. Dengan terbatasnya lahan manusia memang dituntut untuk bisa memaksimalkan ruang yang ada. Maka dengan adanya rumah minimalis yang inspirasinya diperoleh dari gaya hidup Zen ini maka Anda kini bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman dan tenang meski hanya dengan lahan terbatas.

Nah bagi Anda yang memang menginginkan rumah minimalis maka Anda harus mengetahui perkiraan biaya dalam pembangunannya. Dalam penghitungan biaya pembangunan ini biasanya banyak orang mendapati kesulitan dan kebingungan. Pasalnya biaya untuk membangun rumah minimalis ini tergolong susah diprediksi. Butuh ketelitian dan kecermatan bagi siapapun yang akan membangun sebuah rumah minimalis ini. Lalu seperti apakah penghitungan biaya pembangunan rumah minimalis tersebut sebenarnya? Berikut ulasannya.

Persiapan Membangun Rumah Minimalis

Rumah minimalis via desainrumahterbaik.xyz
Rumah minimalis via desainrumahterbaik.xyz
Untuk langkah awal dalam pembangunan rumah minimalis ini Anda memang harus melakukan persiapan. Persiapan disini digunakan untuk membuat rencana Anda dalam membangun rumah minimalis berjalan dengan mulus dan sukses. Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda siapkan tersebut :

1. Menetapkan Tipe Rumah Minimalis yang Akan Dibangun

Hal pertama untuk Anda siapkan dalam pembangunan rumah minimalis adalah mengetahui dan menetapkan tipe rumah yang akan Anda bangun. Rumah minimalis memang memiliki beberapa tipe yang tentunya tiap tipenya memiliki biaya yang berbeda dalam pembangunannya. Apalagi jika Anda juga memiliki beberapa faktor untuk dipenuhi dalam pembangunan rumah seperti keinginan desain rumah yang kerap berubah, harga bahan bangunan yang semakin mahal, atau membayar pekerjaan pembangunan yang menggunakan tarif jasa borongan atau harian.

2. Menghitung Satu Persatu Kebutuhan Rumah Minimalis Anda

Untuk memperoleh biaya secara mendetail maka Anda memang diharuskan melakukan perhitungan satu persatu dari kebutuhan rumah minimalis Anda. Sayangnya di lapangan masih banyak dijumpai kasus orang yang beranggapan bahwa biaya membangun rumah bisa ditentukan langsung. Misalnya jika luas bangunan 100 meter persegi dan harga jasa pengerjaan 3 juta per meter persegi maka total biaya adalah sebesar 300 juta. Padahal secara kenyataan untuk menentukan biaya pembangunan rumah minimalis tak sesederhana yang dibayangkan. Maka lebih dari itu jika Anda ingin mengetahui secara detail biaya pembangunan rumah minimalis maka Anda mau tak mau harus mengalkulasi jumlah kebutuhan dan besar ruangan yang dibuat. Hal-hal seperti spesifikasi bahan bangunan atau material yang digunakan, aksesori dan perlengkapan rumah yang digunakan dan lainnya.

3. Siapkan Dana dan Mulailah Membangun

Setelah Anda menentukan dan menetapkan tipe rumah minimalis yang ingin Anda bangun dan juga menghitung kebutuhan rumah minimalis per-item (satuan), maka langkah terakhir adalah menyiapkan dana dan mulai membangun. Ingat Anda juga perlu menyediakan dana lebih dari perhitungan awal, ini karena umumnya pembangunan rumah bisa jadi akan melebih prediksi yang ada.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sistem Analisa Harga Satuan

Biaya Rumah Minimalis via rumah-gedung.blogspot.co.id
Biaya Rumah Minimalis via rumah-gedung.blogspot.co.id
Urutan perhitungan biaya rumah minimalis secara satuan atau per-item adalah sebagai berikut :
  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun.
  2. Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
  3. Membuat rincian daftar pekerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
  5. Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
  6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
  7. Mengkalikan volume dengan analisa harga satuan.
  8. Membuat jumlah harga secara keseluruhan.
  9. Menambahkan angka hasil perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.
Misalnya : jika Anda hendak membangun rumah minimalis maka sebelumnya Anda perlu terlebih dahulu membuat gambar. Selain itu rencanakan material apa yang akan digunakan. Setelah itu buatlah rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya secara umum  sebagai berikut:
  • persiapan (pembersihan lahan, pendatangan material dan sebagainya)
  • pondasi (galian tanah, pemasangan pondasi batu kali, urugan tanah kembali)
  • struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok.
  • dinding meliputi pasangan dinding batu bata berikut plesteran dan acian.
  • rangka atap dan finishing penutup atap rumah.
  • Pekerjaan plafon rumah.
  • Pekerjaan lantai rumah.
  • Instalasi plumbing dan listrik rumah.
  • Pengecatan dan perapihan.
Masing-masing item pekerjaan di atas kemudian bisa Anda hitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang sudah disertai ukuran. Setelah itu hitunglah juga harga satuan pekerjaan yang diakhiri dengan mengalihkan volume x harga satuan = harga item pekerjaan. Seperti contoh adalah pada item pekerjaan pasangan batu kali Anda bisa hitung volumenya sebesar 10 m3 dengan harga satuan sebesar Rp400.000. Dari sini maka bisa diketahui bahwa biaya pekerjaan pasangan batu kali ini adalah 10m3 x Rp400.000 = Rp4.000.000.

Biaya Pembangunan Rumah Minimalis Secara Umum (per-meter persegi)

Jika Anda memang memaksakan ingin mengetahui biaya pembangunan secara umum maka Anda bisa melihat referensinya berikut ini. Ingat biaya ini hanyalah berupa kisaran, jadi belum tepat seratus persen. Jadi kisaran biaya yang umum pada pembangunan rumah minimalis adalah :
  • Untuk luas bangunan seluas 100 meter persegi biayanya antara Rp300 hingga Rp350 juta.
  • Untuk luas bangunan 101-300 meter persegi biayanya sekitar Rp325 hingga Rp375 juta.
  • Untuk luas bangunan di atas 301 meter persegi biayanya antara Rp350 hingga Rp400 juta.
  • Jika dibandingkan dengan perhitungan per-item maka perhitungan secara umum berdasarkan luas bangunan biasanya akan memakan biaya yang lebih besar. Pembengkakan biaya ini disebabkan oleh beberapa hal seperti
  • Kesepakatan harga dengan kontraktor.
  • Luas areal dan jenis material yang digunakan
  • Perizinan dan distribusi material dari toko ke lokasi rumah
Maka jika Anda benar-benar ingin mendapatkan daftar harga yang tepat ini maka selain menghitung per-item, Anda bisa melakukan survei kisaran harga bahan bangunan dan biaya tukang yang ada di daerah itu.

Hitungan Kasar Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Untuk Anda yang ingin mengetahui detail biaya pembangunan rumah minimalis 2 lantai, maka Anda bisa membaca informasi berikut ini. Adapun perkiraan anggaran biaya keseluruhan rata-rata untuk membangun rumah minimalis 2 lantai ini adalah minimal Rp165 juta. Namun jika Anda ingin membangun rumah minimalis 2 lantai tipe 60, maka Anda perlu mempersiapkan anggaran antara Rp300 juta sampai Rp400 juta.
Perhitungan pembangunan rumah minimalis dua lantai ini sendiri terdiri atas beberapa detail berikut ini.
  1. Hitunglah pembiayaan bahan bangunan per meter persegi. Pilihlah bahan bangunan yang kualitasnya bagus sekaligus, dengan perkiraan per meter persegi dikalikan dengan seluruh luas bangunan.
  2. Terakhir Anda bisa menghitung rencana anggaran keseluruhan bangunan dengan rumus luas rumah dikalikan harga bangunan. Misal menggunakan rumah tipe 60 m2dikalikan dengan harga bangunan per meter persegi (Rp5 juta) sama dengan Rp300 juta.
  3. Setelah Anda menghitung rincian biaya bahan bangunan, hitunglah rincian biaya lainnya seperti biaya untuk arsitektur dan biaya untuk kontraktor (jika Anda menggunakan kedua layanan tersebut)
  4. Jika sudah, Anda total keseluruhan 3 biaya di atas. Apabila budget memungkinkan, tambahkan sekaligus penghitungan properti dan biaya untuk menghias rumah Anda seperti pembangunan taman dan pengisian properti ruang tamu dan dapur.

Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 36

Desain Rumah Minimalis via modelsrumahminimalis.co
Desain Rumah Minimalis via modelsrumahminimalis.co
Bagaimana dengan rumah minimalis tipe 36? Jika Anda ingin membangun rumah minimalis tipe 36 satu lantai maka Anda bisa membangunnya dengan budget Rp50 juta. Namun jika Anda ingin membangun rumah berlantai 2, maka Anda harus menyiapkan uang minimal Rp90 juta. Namun dengan rumah minimalis tipe 36 yang cukup kecil maka hal ini akan membuat Anda harus pandai dalam melakukan penataan rumah.

Bangun Rumah Sesuai Impian Anda

Demikianlah informasi mengenai biaya pembangunan rumah minimalis. Jika Anda merencanakan pembangunan rumah minimalis alangkah bijaknya jika Anda membaca dan memahami artikel di atas dengan baik. Semoga dengan informasi ini Anda bisa membangun rumah Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan Anda perhitungkan.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.