Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Mau Bisnis Online? Manfaatkan 6 Situs Gratis untuk Memulainya dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Bisnis online dapat dilakukan dengan modal yang minim. Pengusaha dapat memanfaatkan website gratis untuk memasarkan dagangannya secara online. Dengan memanfaatkan website gratis, pengusaha sudah melakukan penghematan modal, sehingga modal yang dimiliki untuk membuka toko dapat dialokasikan pada kebutuhan lainnya untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis online menjadi lebih besar.

Bandingkan dengan besarnya modal untuk membeli atau menyewa toko di pasar atau mall. Tentu saja toko secara fisik akan lebih banyak menghabiskan modal usaha. Ditambah lagi iuran retribusi dari pemerintah dan pungutan liar dari ormas lainnya dengan alasan iuran keamanan. Jadi jelas pemanfaatan website gratis sebagai toko online lebih menghemat modal. Apabila Anda berniat membuka toko online, berikut ini 6 website gratis untuk bisnis online:

1. WordPress (www.wordpress.com)

Wordpress via id.wordpress.com
Wordpress via id.wordpress.com
WordPress merupakan blog yang pada awalnya lebih banyak digunakan sebagai tempat untuk menulis curahan isi hati, daripada dimanfaatkan sebagai toko online. WordPress mempunyai fitur utama antara lain:
  • Tidak perlu membuat desain sendiri karena sudah tersedia tema yang dapat dipilih
  • Cara pemakaiannya relatif mudah untuk pengguna baru
  • Tersedia dalam model Bahasa Indonesia
  • Ada komunitas pemakai WordPress di Indonesia, sehingga Anda dapat bertanya kepada mereka apabila ada hal yang kurang dipahami
  • WordPress merupakan salah 1 website gratis yang paling populer, dengan fitur yang mudah
Untuk dapat menggunakan WordPress, Anda harus mengunjungi situs WordPress.com terlebih dulu. Kemudian ikutilah panduan yang tersedia di sana untuk membuat situs gratisan dalam Bahasa Indonesia. Selain menawarkan fitur gratis dalam layanannya, WordPress juga menawarkan fitur berbayar. Kelebihan dalam fitur berbayar ini, memiliki tampilan dan fitur yang lebih menarik dibandingkan fitur tidak berbayar.

2. Blogspot (www.blogger.com)

Bloger via google.com
Bloger via google.com
Blogspot (Blogger) merupakan website yang hampir sama dengan WordPress. Bahkan dapat dikatakan mereka berdua merupakan saingan, sebab banyak yang membandingkan fitur keduanya secara langsung. Fitur utama dari Blogspot sama seperti pada WordPress. Namun untuk pengguna baru, Blogspot lebih mudah dalam hal penggunaannya dibandingkan dengan WordPress.

Namun demikian, salah satu kekurangannya adalah layanan yang ditawarkan Blogspot lebih terbatas apabila digunakan untuk toko online. Seperti, jika di WordPress Anda dapat mengganti sendiri tema sesuai dengan selera, lain halnya jika Anda menggunakan Blogspot. Tema yang disediakan secara langsung  dan tidak dapat diganti sendiri. Untuk membuat toko online menggunakan Blogspot, Anda harus mengunjungi Blogger.com. Kemudian ikuti panduan di laman utama yang akan membantu Anda. Untuk memudahkan pengguna tersedia panduan dalam bahasa Indonesia.

3. OSCommerce (OSCommerce.com khusus untuk toko online)

Oscommerce via oscommerce.com
Oscommerce via oscommerce.com
OSCommerce merupakan website yang kurang begitu terkenal di Indonesia bila dibandingkan dengan WordPress dan Blogspot. Tidak seperti Wordpress ataupun Blogspot yang memang biasa digunakan oleh para blogger untuk menulis, situs ini memang khusus dibuat untuk toko online. Fitur utama dari OSCommerce adalah:
  • Adanya kemudahan dalam membuka situs
  • Mudah menampilkan barang dagangan di situs lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen
  • Adanya komunitas pengguna OSCommerce yang selalu aktif memberi tahu dan siap membantu jika ada yang mengalami kesulitan dalam pemakaiannya
  • Biaya pengiriman barang dan pajak dapat langsung dihitung melalui situs
Situs gratisan untuk toko online ini kurang terkenal di masyarakat, bahkan di mesin pencari Google. Sehingga masyarakat akan kesulitan menemukan produk yang dijual di OSCommerce. Walaupun begitu, situs ini cocok untuk Anda yang ingin membuka toko online. Untuk dapat menggunakan situs ini Anda dapat mengunjngi OSCommerce.com. OSCommerce juga menyediakan layanan tambahan yang lebih lengkap, dengan fasilitas berbayar.

4. Joomla (Joomla.org)

Joomla via joomla.org
Joomla via joomla.org
Joomla merupakan website berbasis situs gratisan yang lumayan terkenal di masyarakat. Bahkan Joomla diklaim sebagai situs gratisan yang paling banyak digunakan di dunia. Adapun fitur utama dari Joomla adalah sebagai berikut:
  • Simpel dan mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru
  • Fitur untuk tampilannya relatif komplit
  • Ada komunitas yang aktif di Indonesia
  • Mempunyai modul Virtuemart yang akan memudahkan masyarakat dalam pembuatan toko online secara lengkap
Untuk dapat menggunakannya sebagai toko online, Anda harus mengunjungi situs Joomla.org, kemudian download program yang disediakan. Setelah itu, ikuti panduan yang sudah tersedia. Joomla diklaim sebagai situs yang paling banyak di-download orang di seluruh dunia, sehingga panduan hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Selain fitur gratisan, Joomla juga menawarkan layanan yang berbayar dengan kompensasi fitur yang lebih komplet daripada fitur gratisan untuk toko online.

5. MagentoCommerce (MagentoCommerce.com, The Best New Open Source Project)

Magento via magento.com
Magento via magento.com
MagentoCommerce merupakan situs yang kurang terkenal di masyarakat Indonesia, tetapi Magento cukup terkenal di luar negeri. Buktinya, website ini mendapatkan penghargaan “Best New Open Source Project” setelah dirilis sejak tahun 2008. MagentoCommerce mempunyai fitur utama, antara lain:
  • Kaya akan fitur
  • Mempunyai banyak plugin tema yang tersedia secara gratis
  • Tersedia komunitas aktif secara global
  • Apabila ingin pindah ke platform lain, tersedia alat yang efektif dan efisian untuk memindahkan semua settingannya, sehingga tidak akan berantakan di platform yang baru
Untuk menggunakan MagentoCommerce, sebaiknya Anda mempunyai sedikit pengetahuan teknologi informatika, karena pemakaiannya agak rumit. Tersedia beberapa layanan yang berbayar, jadi tidak semua layanannya gratis. Untuk menggunakannya Anda harus mengakses situs MagentoCommerce.com, kemudian download platformnya. Meskipun belum Memang belum tersedia layanan dalam Bahasa Indonesia, namun jangan khawatir situs ini menyediakan demo pemakaian MagentoCommerce yang dapat diakses setelah memberikan data pada bagian Free Demo.

6. PrestaShop (Prestashop.com cocok untuk pengusaha kecil dan menengah)

PrestaShop via prestashop.com
PrestaShop via prestashop.com
PrestaShop diluncurkan pada tahun 2007 dengan target khusus pengusaha kecil dan menengah. Sehingga pemakaian website gratis untuk bisnis online ini didesain semudah mungkin untuk pengusaha pemula yang baru mengenal Internet. Fitur utama dari PrestaShop diantaranya:
  • Mudah digunakan
  • Kaya akan fitur
  • Loadingnya relatif cepat
  • Ada forum pengguna aktif di Indonesia
PrestaShop sangat mudah penggunanya. Untuk menggunakannya, Anda harus mengunjungi situs Prestashop.com, kemudian download platformnya. Tetapi di situs gratisan ini tidak tersedia versi Bahasa Indonesia. Walaupun kaya akan fitur, kebanyakan template yang tersedia merupakan versi yang berbayar, sehingga jika menginginkan versi yang gratis Anda harus rajin membrowsing.

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Selain 6 situs tersebut, terdapat beberapa situs gratis lainnya yang dapat menjadi alternatif Anda untuk berbisnis online, baik yang tidak berbayar maupun berbayar. Bagi Anda yang baru saja memulai, sebaiknya pilihlah yang simpel dan mudah penggunaannya. ketika sudah memahami secara mendalam, Anda dapat pindah ke website gratis untuk bisnis online yang lebih lengkap. Apapun situs yang Anda pilih, pilihah sesuai kebutuhan Anda. Semoga sukses teman cermat!


Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.