Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Mengenal Deposito Syariah Dan Manfaatnya dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Keinginan untuk berinvestasi bisa terhambat karena mempertimbangkan unsur halal atau tidaknya cara investasi yang dilakukan oleh bank. Oleh karena hal ini, bank-bank syariah mulai hadir dan menawarkan cara menabung dan berinvestasi yang halal. Seiring dengan berkembangnya bank syariah, banyak bank pemerintah maupun swasta yang juga menyediakan pilihan produk perbankan berbasis syariah atau yang konvensional.

Produk perbankan syariah yang ditawarkan oleh bank ada beberapa bentuknya, mulai dari tabungan syariah, KPR syariah, hingga deposito syariah. Seperti yang Anda tahu, deposito adalah salah satu instrument investasi yang paling aman, dan karena berbasis syariah maka deposito ini lebih aman. Mari kenali lebih lanjut tentang deposito syariah dan manfaatnya.

Apa Itu Deposito Syariah?

Deposito Berbasis Syariah via hayatimagazine.com
Deposito Berbasis Syariah via hayatimagazine.com
Deposito syariah adalah salah satu produk perbankan yang dipakai untuk melakukan investasi berjangka dengan menerapkan prinsip syariah. Jenis investasi ini ditujukan kepada nasabah perorangan atau perusahaan dengan menggunakan akad mudharabah. Dengan menggunakan akad mudharabah, cara perhitungan keuntungan yang di dapat oleh nasabah akan dilakukan dengan cara nisbah atau bagi hasil. Dalam deposito syariah, nasabah berperan sebagai shahibul maal atau pemilik dana dan bank sebagai mudharib atau pengelola dana.

Pada saat Anda akan membuka deposito syariah, bank akan meminta Anda mengisi akad, yaitu perjanjian antara nasabah dan bank tentang dana yang Anda taruh di bank tersebut. Dalam akad itu akan diatur tentang besar pembagian hasil keuntungan dan pemilihan instrument investasi yang akan bank lakukan dengan uang Anda. Umumnya, nisbah yang ditawarkan oleh bank adalah 60 : 40 untuk nasabah dan bank. Jadi, semakin pintar bank memutar uang Anda untuk menghasilkan keuntungan, maka Anda akan mendapat untung yang Anda dapat akan semakin besar juga. Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih dalam memilih instrument investasi, yakni mutlaqah dan muqayyadah. Mutlaqah adalah nasabah membiarkan bank yang menentukan instrument investasi yang akan dilakukan untuk memutar uang, sedangkan muqayyadah adalah nasabah yang menentukan instrument investasi yang akan dilakukan oleh bank.

Manfaat Deposito Syariah

Manfaat Deposito Syariah via deliknews.com
Manfaat Deposito Syariah via deliknews.com

Apakah Anda sudah mulai tertarik dnegan deposito syariah? Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus mengetahui manfaatnya. Dengan menggunakan deposito syariah, Anda akan memiliki banyak keuntungan yang pastinya berbeda dengan manfaat dari deposito konvensional. Berikut inilah manfaat dari deposito syariah yang akan Anda rasakan.

1. Dana Anda Dijamin Aman

Seperti yang telah diatur oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), layaknya deposito pada umumnya, dana Anda akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Keselamatan uang Anda akan dijamin oleh LPS apabila terjadi kebangkrutan bank. Jadi Anda tidak akan kehilangan uang tersebut. Nah, dengan deposito syariah, tingkat keamanannya bahkan jadi lebih tinggi karena persentase pembagian keuntungan sudah ditentukan dari awal oleh pihak nasabah dan bank, sehingga menutup kemungkinan terjadi kecurangan dari salah satu pihak.

2. Hitungan Keuntungan Sesuai Keinginan Anda

Cara perhitungan keuntungan dalam deposito syariah adalah dengan sistem nisbah atau bagi hasil, berbeda dengan deposito konvensional yang keuntungannya dihitung berdasarkan besaran suku bunga yang berlaku. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari deposito syariah bisa jadi sangat besar dan juga bisa merugi, tergantung dari bagaimana bank memutar uang Anda. Namun, pembagian hasilnya dapat Anda atur sendiri melalui akad yang telah Anda buat bersama dengan bank pada saat awal pendaftaran deposito. Jadi perhitungannya lebih jelas dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

3. Prosesnya Pasti Halal

Anda tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana cara bank memutar uang Anda dan halal atau tidaknya uang keuntungan itu karena sesuai dengan namanya, bank akan memutarkan dana deposito Anda dengan hukum syariah. Sudah dipastikan bahwa bank akan memproses dana Anda di sektor dan dengan cara yang halal.

4. Bisa Dijadikan Jaminan Pembiayaan

Deposito syariah dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan. Layaknya surat berharaga, deposito syariah juga dapat dijadikan jaminan saat Anda membutuhkan dana untuk pembiayaan sesuatu. Untuk mengetahui apa saja tipe pembiayaan yang bisa dijaminkan dengan deposito syariah, Anda harus menanyakannya langsung ke pihak bank karena setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda tentang hal ini.

Hasilkan Uang Secara Halal

Menghasilkan uang yang banyak tentu bukan hal yang sulit jika dilakukan dengan cara yang salah dan tidak halal pastinya. Namun dari uang yang tidak halal itu, kebahagiaan yang akan Anda rasakan akan berkurang atau bahkan malah tidak membuat Anda bahagia. Sama halnya dengan investasi, akan lebih baik jika Anda mengetahui dengan pasti bahwa investasi yang Anda lakukan adalah halal. Bagaimana caranya? Gunakanlah produk perbankan syariah seperti contohnya deposito syariah ini. Keuangan Anda semakin bertambah dan pasti didapat dengan cara yang halal, serta kebahagiaan dapat Anda rasakan.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.