Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Bayangkan kamu telah lulus kuliah. Skripsi dan kesibukan kampus lainnya sudah diselesaikan, gelar telah dipegang, lalu apa selanjutnya? Bebas? Tentu saja tidak. Realita kehidupan yang asli baru akan kamu hadapi, yaitu bekerja. Sebagai seseorang yang baru lulus s1, alias freshgraduate, tentunya kita memiliki standard yang ingin kita raih di dalam dunia pekerjaan. Tapi jangan salah, banyak dari kita yang masih menganggap bahwa dengan gelar yang kita miliki, otomatis beberapa hal akan kita miliki.

Bukan berarti perjalanan kalian untuk sukses dan berhasil dalam bekerja lantas akan didapati tanpa kamu keluar dari zona nyaman! Berikut 5 mitos freshgraduate yang umumnya masih banyak orang miliki:

1. Dengan Gelar yang Saya Miliki, Gaji yang Didapatkan Akan Besar

Freshgraduate via lmyefski.files.wordpress.com
Freshgraduate via lmyefski.files.wordpress.com

Faktanya, gaji pertama kalian tidak akan memuaskan. Fakta yang lainnya lagi, kemungkinan nominal gaji kamu akan tetap seperti itu kecuali kamu melanjutkan karier dengan focus. Memang menyedihkan, namun begitulah realita.

Lulus dengan IPK cum laude dari universitas ternama? Bukan menjadi jaminan perusahaan akan menarik kamu untuk bekerja juga. Agar dapat dilirik oleh perusahaan, dibutuhkan lebih dari nilai bagus di ijazah. Para pemberi kerja ingin melihat apakah kita benar-benar layak untuk dipekerjakan, untuk selanjutnya diberikan gaji yang pantas selayaknya para pekerja lain. Maka dari itu, jangan putus asa jika gaji beberapa bulan pertama tidak sesuai ekspektasi. Bayangkan, lebih baik 6 bulan dengan gaji yang kurang seperti itu, kemudian meningkat seiring waktu dan kerja keras kamu, dibandingkan tidak sama sekali. Semua butuh proses, kan?

2. Perusahaan Tidak Membalas Lamaran Saya

Menunggu balasan lamaran via cdn1.itpro.co.uk
Menunggu balasan lamaran via cdn1.itpro.co.uk
Jika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan, yakin bahwa CV, resume, dan keperluan berkas lainnya sudah dikirimkan, namun perusahaan tersebut belum menghubungi, jangan kecewa terlebih dahulu, dan menganggap diri kamu tidak berkualifikasi untuk bekerja.

Nyatanya, ada banyak kemungkinan mengapa suatu perusahaan atau perekrut tidak tertarik kepada lamaran seorang freshgraduate. Pertama, mungkin saja banyak pelamar lain yang mengantri bersamaan dengan kamu. Sehingga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai kita sendiri dihubungi. Kedua, mungkin posisi yang kamu lamar kurang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Atau bisa saja bahkan tidak cocok dengan karakter yang diperlukan di lingkungan kerja bersangkutan.

Sambil menunggu jawaban dari perusahaan ini, cobalah lamar ke beberapa perusahaan lain, dan teruslah rajin mengecek website perusahaan dan email kamu.

3. Komitmen dapat Menunggu, Biarkan Saya Nikmati Waktu Muda Saya!

Waktu muda via redletterchristians.org
Waktu muda via redletterchristians.org
Para freshgraduate kerap kali merasa dirinya masih muda, dan menghabur-hamburkan gaji pertama mereka. Merasa bebas secara finansial, mereka tidak berpikiran untuk menabung untuk kemudian hari dan menghabiskan semuanya untuk membeli barang, traktiran, dan sebagainya. Namun jangan lupa: semakin muda kamu menabung, akan semakin baik.

Bayangkan jika dari gaji pertama kamu sudah mulai menabung, berapa yang akan terakumulasi ketika sudah berumur 35? Atau jika digunakan untuk cicilan rumah kamu sendiri. Seperti peribahasa “bersakit-sakit dahulu, berenang-renang kemudian,” tabunglah jika kamu sudah mampu melakukannya.

4. Jangan Hanya Fokus Pada Pekerjaan Saja

Fokus pekerjaan via zdnet.com
Fokus pekerjaan via zdnet.com
Setiap perusahaan tentunya tertarik pada freshgraduate yang memiliki kemampuan kerja yang baik, record selama kuliah yang baik, dan lainnya, sebutkan satu per satu, karena ada banyak sekali. Tak banyak dari mereka yang tahu bahwa bukan hanya itu saja yang dilihat oleh perusahaan. Kemampuan kamu bersosial dengan sesama rekan kerja, beradaptasi, dan bertanggungjawab.

5. Hanya Mau Bekerja di Perusahaan Multinational

Multinational company via techonomy.com
Multinational company via techonomy.com
Memang benar, perusahaan multinational akan memberikan kamu pengalam kerja dengan suasana kerja yang lebih professional dan lebih banyak keuntungan jika dibandingkan dengan perusahaan yang kecil. Tetapi perusahaan-perusahaan kecil juga memberikan keuntungan yang sifatnya berbeda, seperti fleksibilitas yang lebih, kerjasama antar tim, dan kemungkinan untuk berinteraksi dengan atasan dan bawahan lebih luas karena birokrasi nya yang rendah.   

Satu hal lagi, perusahaan kecil mengalami perubahan dan perkembangan lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan yang sudah terstruktur seperti MNC, sehingga kamu akan merasakan peran dan kontribusi selama proses ini semua.

Memang Tidak Mudah Bekerja Sebagai Freshgraduate

Jadi, kalian sudah tahu kan ada beberapa hal yang dianggap para freshgraduate sebagai jaminan bekerja, namun ternyata tidak berlaku di kehidupan nyata? Tidak ada kata terlambat untuk menyadarinya. Mulailah mengaplikasikan tips-tips di atas agar karier kamu sebagai freshgraduate berjalan dengan lancar.


Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.