Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Bursa Loker Lowongan Kerja Terbaru Bulan Desember 2016 dari situs Wisatasia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.


Bursa Loker Lowongan Kerja Terbaru Bulan Desember 2016
Bursa Loker Lowongan Kerja Terbaru Bulan Desember 2016

BPJS Kesehatan atau dahulu disebut PT Asuransi Kesehatan (Askes) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI PT Askes (Persero) ditunjuk sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (PJKMM). PT Askes (Persero) mendapat penugasan untuk mengelola kepesertaan serta pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan. BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan dahulu bernama Jamsostek merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013.

Lembaga Penjamin Simpanan atau yang disingkat LPS merupakan sebuah lembaga independen yang memiliki fungsi menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia. Badan ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tentang Lembaga Penjamin Simpanan yang ditetapkan pada 22 September 2004. Undang-undang ini mulai berlaku efektif 12 bulan sejak diundangkan sehingga pendirian dan operasional LPS dimulai pada 22 September 2005. Setiap bank yang melakukan kegiatan usaha di wilayah Republik Indonesia wajib menjadi peserta penjaminan LPS. LPS berfungsi menjamin simpanan nasabah bank dan turut aktif dalam menjaga stabilitas sistem perbankan sesuai kewenangannya. Sejak tanggal 22 Maret 2007 dan seterusnya, nilai simpanan yang dijamin LPS maksimum sebesar Rp 100 juta per nasabah per bank, yang mencakup pokok dan bunga/bagi hasil yang telah menjadi hak nasabah. Bila nasabah bank memiliki simpanan lebih dari Rp 100 juta dengan demikian sisa simpanannya akan dibayarkan dari hasil likuidasi bank tersebut.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. merupakan perusahaan milik negara atau BUMN berupa perusahaan umum yang beroperasi di sektor konstruksi yang memiliki kantor pusat di ibukota Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada th. 1960 (berbarengan dengan berdirinya Wijaya Karya). Terkecuali hal itu, ADHI juga melihat bisnis transportasi moda monorel, sangat cocok serta relevan penuhi tuntutan umum atas moda transportasi perkotaan yang bebas macet, pas saat serta efesien. Perseroan dalam skala mempersiapkan semua sesuatunya, termasuk juga keselarasan dengan perundangan yang berlaku, yaitu dengan menaikkan sektor bisnis penyedia layanan transportasi berbasis rel dengan monorel ke Biaya Basic Perseroan yang sudah di setujui oleh beberapa Pemegang Saham lewat RUPS pada April 2014. Sekarang ini, Perseroan juga mempersiapkan program komprehensif perihal monorel ini.

PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia bagian Barat. Angkasa Pura II telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk mengelola dan mengupayakan pengusahaan Pelabuhan Udara Jakarta Cengkareng yang kini berubah nama menjadi Bandara Internasional Jakarta Soekarno-Hatta serta Bandara Halim Perdanakusuma sejak 13 Agustus 1984. Keberadaan Angkasa Pura II berawal dari Perusahaan Umum dengan nama Perum Pelabuhan Udara Jakarta Cengkareng , kemudian pada 19 Mei 1986 berubah menjadi Perum Angkasa Pura II. Kiprah Angkasa Pura II telah menunjukkan kemajuan dan peningkatan usaha yang pesat dalam bisnis jasa kebandarudaraan melalui penambahan berbagai sarana prasarana dan peningkatan kualitas pelayanan pada bandara yang dikelolanya.

PT Asuransi Jiwasraya adalah salah satu perusahaan BUMN yang dimilik pemerintah Indonesia yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa. Perusahaan secara berkesinambungan terus mengembangkan produk dan layanannya sehingga selalu up to date dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Keseriusan penanganan produknya dilakukan dengan mengefektifkan fungsi research and development (R&D) yang melibatkan tim ahli berpengalaman dalam proses perancangan produk-produknya. PT Jiwasraya berkerja secara cermat mengkaji produk yang sudah ada dan emnguji relevansinya dengan kebutuhan terkini masyarakat.Berdasarkan pengelompokkan bisnis, jiwasraya membagi produk-produknya ke dalam dua kategori, yaitu: produk individu dan produk kumpulan. Dalam sejarah pendirian perusahaan dibangun dari sejarah teramat panjang.


PT BPUI ( Persero ) atau dikenal sebagai PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tahun 1973, dimana 100% sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia. Misi awal dan utama PT Bahana adalah mengembangkan sektor riil melalui pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi. Pencapaian yang diperoleh perusahaan selama ini adalah semata-mata dari kinerja sumber daya manusia di perusahaan, dimana karyawan adalah aset kami yang paling berharga. Dengan pergerakan industri finansial di Indonesia yang dinamis, kami memiliki orang-orang terbaik di bidangnya masing-masing yang bekerja sebagai sebuah tim yang solid. PT Bahana telah dan terus mengembangkan lingkungan kerja dan budaya organisasi yang mendorong setiap individu perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

PT Balai Pustaka ( Persero ) merupakan salah satu sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang penerbitan dan percetakan milik negara. PT Balai Pustaka didirikan dengan nama Commissie voor de Volkslectuur atau dalam bahasa indonesia yang berarti “Komisi untuk Bacaan Rakyat” oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 14 September 1908. Commissie voor de Volkslectuur kemudian berubah menjadi “Balai Poestaka” pada tanggal 22 September 1917. Balai Pustaka menerbitkan kira-kira 350 judul buku per tahun yang meliputi kamus, buku referensi, keterampilan, sastra, sosial, politik, agama, ekonomi, dan penyuluhan. Menurut Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, Balai Pustaka kini terancam bangkrut dan akan dilikuidasi karena terus mengalami kerugian. Pada bulan Juni 2013, Balai Pustaka meluncurkan Balai Pustaka eBookstore atau disingkat BP eStore.

PT Boma Bisma Indra merupakan perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia yang merupakan sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang Manufacturing Dies Part Casting, perusahaan pembuatan kapal, konsedor, penukar panas, struktur, dan pipa. PT Boma Bisma Indra berdiri pada tahun 1971 oleh pemerintah Indonesia, di mana perusahaan ini merupakan hasil merger tiga badan usaha milik negara, yakni: PN. PT Boma Bisma Indra, kemudian PN Boma, kemudian PN Bisma Indra. PT Boma Bisma Indra berkantor pusat di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, alamat di Surabaya itu lengkapnya di Jl KH M Mansyur 229 Surabaya. Boma Bisma Indra ditunjang pula oleh satu kantor cabang yang ada di Jakarta, serta satu perusahaan yang bergerak di Industri Peralatan di Pasuruan Jawa Timur. Pabrik yang ada di Pasuruan itu menjadi produsen pengecoran yang di antaranya menghasilkan peralatan industri, baja, dan besi.

PT Brantas Abipraya (Persero) adalah salah satu badan usaha milik negara ( BUMN ) yang bergerak dalam bidang kontraktor yang sedang berkembang pesat, dengan kegiatan utama perusahaan berupa proyek-proyek bidang ke-airan (Bendungan, Dam, Jaringan Irigasi, dll). pada masa sekarang ini perusahaan ini sudah berekspansi menangani proyek-proyek diluar ke-airan, yaitu Jalan, Jembatan, Gedung, Darmaga, Bandara, Reklamasi dan lainnya. Wilayah kerja PT. Brantas Abipraya (Persero) tersebar diseluruh wilayah Indonesia. PT Brantas Abipraya (Persero) merupakan perusahaan kontraktor BUMN yang sedang berkembang pesat, dengan core business proyek-proyek bidang ke-airan (Bendungan, Dam, Jaringan Irigasi, dll). Saat ini perusahaan sudah berekspansi menangani proyek-proyek diluar ke-airan, yaitu Jalan, Jembatan, Gedung, Darmaga, Bandara, Reklamasi dan lainnya. Wilayah kerja PT. Brantas Abipraya (Persero) tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Berawal dari perluasan Proyek besar Sungai Brantas pada tahun 1980, PT. Brantas Abipraya tumbuh dan berkembang untuk meramaikan Perusahaan Konstruksi.

PT Dahana ( Persero ) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang industri strategis yang menawarkan layanan bahan peledak yang terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi. Dahana telah berpengalaman dari 40 tahun dan didukung oleh fasilitas lengkap, teknologi terkini dan SDM yang terbaik. Sejak 2002, Dahana melakukan redalam jabatan usaha dengan menitikberatkan pada tiga lini usaha yaitu Pemboran dan Peledakan, produksi bahan peledak serta layanan terkait lainnya. Awal sejarah dan profil PT. Dahana ditandai dengan pembangunan pabrik dinamit (NG based) pada tahun 1966 di lingkungan pangkalan TNI-AU Tasikmalaya. Bidang eksplorasi migas antara lain survey seismik telah berhasil dilayani oleh perusahaan.

PT Danareksa merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah Indonesia atau BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 1976 ini melakukan kegiatan utama di bidang pasar modal dan pasar uang meliputi antara lain sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksa dana. Danareksa juga melakukan usaha yang biasa dilakukan oleh perusahaan amanat (trust fund), seperti pengeluaran surat berharga yang dikaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan. Nama Danareksa memiliki makna yang mendalam. ” Dana ” yang berarti dana dan ” Reksa ” yang berarti fidusia. Sebuah kewajiban fidusia merupakan standar tertinggi perawatan yang dikenakan baik ekuitas atau dalam badan hukum. Sebuah fidusia diharapkan menjadi sangat loyal kepada para nasabah yang terkait. Kemudidan dalam hal ini fidusia tidak harus menempatkan kepentingan mereka sendiri sebelum tugas mereka, dan tidak harus keuntungan dari dalam jabatan mereka sebagai pemegang amanah, kecuali persetujuan pokok. Karena hubungan fidusia disorot oleh itikad baik, loyalitas dan kepercayaan, fidusia harus melakukan sendiri pada tingkat yang lebih tinggi dari norma.

PT. Garam ( Persero ) merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah Indonesia atau BUMN yang bergerak dalam bidang produksi dan pemasaran garam di wilayah Indonesia, perusahaan telah memulai proses pengembangan perusahaan dalam upaya mengantisipasi persaingan global. PT Garam (Persero) merupakan perusahaan BUMN tertua milik pemerintah Indonesia yang bertugas menjaga terjaminnya Ketersediaan Garam Nasional dan meningkatkan produksi garam berkualitas untuk menekan laju Importasi Garam guna berdaulat di bidang Ketahanan Pangan Nasional bagi masyarakat negara Indonesia. PT. Garam (Persero) memulainya dengan pengembangan cabang-cabang perniagaan, yangsebelumnya masih berpusat di Sumenep, Madura dan dua perwakilan di Jakarta dan Surabaya, sekarang dibangun cabang-cabang perniagaan yang tersebar di Sembilan Kota di Indonesia dengan tujuan untuk lebih mendekati konsumen dan memudahkan distribusi.

PT Garuda Indonesia merupakan sebuah BUMN maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China), Australia serta Eropa (Belanda). Sebagai bentuk kepeduliannya akan keselamatan, Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan. Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia memiliki layanan baru mereka kepada pelanggan yang disebut “Garuda Indonesia Experience“.

PT Hutama Karya merupakan satu dari beberapa perusahaan milik pemerintah Indonesia yang beroperasi di sektor konstruksi. Perusahaan ini bermula dari perusahaan swasta Hollandsche Beton Maatschappij (HBM) punya Hindia-Belanda yang dinasionalisasi pada th. 1961 jadi PN Hutama Karya serta beralih nama jadi PT Hutama Karya pada th. 1973. Searah dengan pengembangan inovasi yang terus-terusan serta ikuti perkembangan tehnologi konstruksi yang berkembang cepat, PT. Hutama Karya sudah dapat membuahkan product dengan tehnologi tinggi berbentuk : Jembatan Bentang Panjang (Suspension Cable Bridge, Balanced Cantilever Bridge, Arch Steel Bridge, Cable Stayed). PT. Hutama Karya sudah penuhi standard internasional dalam soal kwalitas, keselamatan kerja serta lingkungan. Pada masa millennia di mana dinamika ekonomi makin cepat, PT. Hutama Karya sudah merevitalisasi diri dengan lakukan pengembangan usaha untuk bidang-sektor swasta dengan pembangunan seperti High Rise Building (Bakrie Tower, Apartemen), infrastruktur (Jalan TOL).

PT INALUM ( Persero ) atau PT Indonesia Asahan Alumunium adalah salah satu perusahaan yang baru saja diresmikan menjadi bagian dari perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara, perusahaan ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 2013 lalu. Peresmian tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan Akte Pengalihan Saham yang dilakukan oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN dengan kuasa dari konsorsium Nippon Asahan Alumunium (NAA). Dalam kurun waktu dua tahun kedepan, perusahaan direncanakan untuk melakukan diversifikasi produk dari ingot (batangan) akan ditambah dengan billet dan alloy, serta penjualan Anoda Panggang. Untuk pembangunan pembangkit tenaga listrik, dan perusahaan direncanakan akan mulai membangun pada tahun 2015 mendatang dan diharapkan bisa rampung pada tahun 2017.

PT Industri Kereta Api Indonesia atau biasa disebut PT INKA merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri di 19 Agustus 1981. Semenjak lokomotif uap sudah tidak dioperasikan lagi, dengan demikian balai yasa ini dialihfungsikan menjadi pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan hasil studi dari BPPT. PT INKA, sebagai salah satu BUMN terus mengalami perkembangan, diawali pada tahun 1981 dengan produk berupa lokomotif bertenaga uap kini menjadi industri manufaktur per-kereta apian yang modern. PT INKA merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki PT Kereta Api (Persero) pada saat itu. Balai yasa ini berlokasi di Madiun. Aktivitas bisnis INKA yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar. Kemudian menjadi penghasil produk dan jasa per-kereta apian dan transportasi yang bernilai tinggi.

PT INTI atau PT Industri Telekomunikasi Indonesia ( Persero ) merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam industri teknologi informasi / telekomunikasi di Indonesia, perusahaan ini telah berkiprah dalam bisnis telekomunikasi selama 35 tahun. Pelanggan utama perusahaan antara lain adalah perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkom, Indosat, Telkomsel dan XL. Sejak berkembangnya tren konvergensi antara teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi (IT), INTI telah melakukan perubahan orientasi bisnis dari yang semula berbasis pure manufacture menjadi sebuah industri yang berbasis solusi kesisteman, khususnya dalam bidang sistem infokom dan integrasi teknologi. Selama dua tahun terakhir perusahaan menangani solusi dan layanan jaringan tetap maupun seluler serta mengembangkan produk-produk seperti IP PBX, NMS (Network Management System), SLIMS (Subscriber Line Maintenance System), NGN Server, VMS (Video Messaging System), dll.

PT Indah Karya (Persero) merupakan perusahaan BUMN milik pemerintah yang bergerak dalam bidang Konsultan, Developer dan Industri, perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 Maret 1961 dengan alamat kantor Pusat PT Indah Karya (Persero) di kota Bandung dengan beberapa kantor Cabang perusahaan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. PT Indah Karya (Persero) didirikan dengan tujuan turut melaksanakan program pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional dengan lapangan usaha Survey, Investigasi, Studi Perencanaan / Planning, Perencanaan teknis / Design dan Persiapan / Pengawasan / Pengelolaan / Manajemen untuk Konstruksi / Pelaksanaan proyek pembangunan, penyediaan tenaga ahli serta kegiatan konsultasi dan sertifikasi bidang manajemen.

PT Indofarma (Persero) adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang berada dibawah kendali Kementerian Kesehatan, perusahaan ini berdiri pada tahun 1918 dengan nama Pabrik Obat Manggarai pada zaman kolonial Belanda dengan kegiatan pembuatan salep dan pemotongan kain kasa pembalut dengan lokasi terpisah-pisah yang sekarang merupakan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Pada tahun 1931 perusahaan ini berkembang dengan jenis produk yang bertambah yaitu obat suntik dan tablet. Sedangkan lokasi pabrik dipindahkan ke Jln. Tambak No. 2 Manggarai, Jakarta. Pabrik obat tersebut di bawah pemerintahan Belanda hingga tahun 1942, kemudian diserahkan kepada Perusahaan Farmasi Jepang Takeda. Selama masa itu kegiatan produksi tetap berjalan hingga tidak mengalami banyak perubahan.

PT Jasa Raharja (Persero) disingkat Jasa Raharja adalah sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yang bergerak di bidang asuransi sosial. Berdirinya Jasa Raharja memiliki sejarah yang tidak terlepas dari adanya peristiwa pengambil alihan atau nasionalisasi Perusahaan-Perusahaan Milik Belanda oleh Pemerintah RI. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah terdapat 8 (delapan) perusahaan asuransi yang ditetapkan sebagai Perusahaan Asuransi Kerugian Negara (PAKN) dan sekaligus diadakan pengelompokan dan penggunaan nama perusahaan. Perkembangan organisasi perusahaan tidak terhenti sampai disitu saja, karena dengan adanya pengumuman Menteri Urusan Pendapatan, Pembiayaan dan Pengawasan RI. Keempat perusahaan tersebut di atas digabung dalam satu Perusahaan Asuransi Kerugian Negara (PAKN) Ika Karya.

PT Jasindo ( Persero ) atau Asuransi Jasa Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi. Pembentukan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) merupakan bagian penting dari perjalanan sejarah bangsa dan tanah air Indonesia. Sejarah tersebut bermula pada tahun 1845 ketika dilaksanakannya nasionalisasi atas NV Assurantie Maatschappij de Nederlander, sebuah perusahaan Asuransi Umum milik kolonial Belanda, dan Bloom Vander, perusahaan Asuransi Umum Inggris yang berkedudukan di Jakarta. Sebagai salah satu BUMN yang memiliki kinerja usaha gemilang di Indonesia, seluruh saham PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. Apalagi, perjalanan waktu telah membuktikan bahwa PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) memang memiliki pengalaman yang mumpuni, panjang dan matang di bidang Asuransi Umum bahkan sejak era kolonial.

PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam jasa angkutan kereta api yang meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi yang menjelaskan investor swasta maupun pemerintah daerah diberi peluang untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta. Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru, dengan loga baru tersebut PT KAI berharap dapat memberikan semangat baru kepada pegawai PT KAI agar lebih berprestasi, bertanggung jawab dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia khususnya penumpang kereta api di indonesia. dan masyarakat Indonesia senantiasa lebih mengandalkan alat transportasi masal seperti kereta api dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka.

PT Kimia Farma salah satu badan usaha milik negara (BUMN) pemerintah Indonesia yang bergerak dalam indutri farmasi, perusahaan ini merupakan pioner dalam industri farmasi Indonesia. Cikal bakal perusahaan dapat dirunut balik ke tahun 1917, ketika NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co., perusahaan farmasi pertama di Hindia Timur, didirikan. Sejalan dengan kebijakan nasionalisasi eks perusahaan-perusahaan Belanda, pada tahun 1958 pemerintah melebur sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF Bhinneka Kimia Farma. Selanjutnya pada tanggal 16 Agustus 1971 badan hukum diubah menjadi Perseroan Terbatas, menjadi PT Kimia Farma (Persero). Sejak tanggal 4 Juli 2001 Kimia Farma tercatat sebagai perusahaan publik di BEJ dan Bursa Efek Surabaya.

PT Nindya Karya merupakan salah satu badan usaha milik pemerintah Indonesia ( BUMN ) yang bergerak di bidang konstruksi. PT Nindya Karya (Persero) merupakan perusahaan penyedia jasa Konstruksi terbaik yang memberikan layanan inovatif, kokoh, berkelas dunia dan selain itu juga usaha perumahan. PT Nindya Karya secara dramatis meningkatkan fungsi dan melayani semua permintaan pemilik proyek, tepat waktu dan mengatur dana proyek sebaik mungkin. PT Nindya Karya juga menawarkan fitur nilai tambah yang terintegrasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Solusi PT Nindya Karya meliputi prasarana bangunan di layanan yang professional.Wilayah operasi perusahaan ini dibagi menjadi Enam Divisi yang meliputi Divisi I (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau) kemudian Divisi V (Sulawesi, Maluku, Gorontalo, Papua, & Papua Barat), Divisi VI (Jabar, DKI, Banten, EPC, Oil & Gas).

PAL atau PT PAL Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang industri perkapalan, perusahaan ini bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama Marine Establishment (ME) dan diresmikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan merubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah merubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas. Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.

PT Pelni atau yang biasa disebut PT Pelayaran Nasional Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN milik pemerintah Indonesia yang bergerak dalam bagian maskapai pelayaran nasional Indonesia. Pelni mengoperasikan beberapa 28 unit kapal penumpang dengan kemampuan semuanya 36. 913 penumpang serta 4 unit kapal barang. Pelni bermula dari Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-Kapal (PEPUSKA) yang didirikan berdasar pada Surat Ketentuan Berbarengan Menteri Perhubungan serta Menteri Pekerjaan Umum tertanggal 5 September 1950. Yayasan PEPUSKA didirikan sesudah Pemerintah Belanda menampik keinginan Pemerintah Indonesia untuk merubah status NV Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) jadi perseroan terbatas. Juga sebagai maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di perairan Indonesia, NV KPM juga menampik untuk menggunakan bendera Indonesia. Dengan modal awal 8 unit kapal, PEPUSKA mesti berkompetisi dengan KPM yang armadanya semakin banyak serta mempunyai kontrak-kontrak yang berbentuk monopoli. 3 Sesudah PEPUSKA dibubarkan pada 28 April 1952, PT Pelni didirikan berdasar pada SK Menteri Perhubungan tanggal 28 Februari 1952 serta 19 April 1952.

PT PLN atau PT Perusahaan Listrik Negara merupakan salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang membidangi sektor usaha kelistrikan di negara Indonesia. Perusahaan ini dipimpin oleh seorang direktur utaman yaitu Nur Pamudji, menggantikan Dahlan Iskan Dirut sebelumnya yg di lantik menjadi menteri BUMN Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkitan tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum dimulai sejak perusahaan swasta Belanda NV. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik, yang semula hanya bergerak di bidang gas. Kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan swasta lainnya. PT PLN merupakan sebuah perusahaan yang memiliki peranan vital di Indonesia.

PT Pembangunan Perumahan ( Persero ) atau yang disingkat PT PP namun lebih populer dipanggil PT PP atau PP saja merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang perencanaan dan konstruksi bangunan (real estate). Perusahaan ini berdiri tanggal 26 Agustus 1953 dengan nama NV Pembangunan Perumahan. Namanya berganti menjadi PN Pembangunan Perumahan melalui Peraturan Pemerintah No 63 tahun 1960. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI no. 39 tahun 1971 statusnya berubah menjadi PT Pembangunan Perumahan. Sebagai suatu BUMN, mayoritas (51%) kepemilikan saham PT PP dipegang oleh Pemerintah Republik Indonesia dan sisanya (49%) dipegang karyawan dan manajemen PT PP. Bidang usaha utama BUMN ini adalah pelaksana konstruksi bangunan gedung dan sipil. Untuk mendukung pengembangan bisnis pada tahun 2013, perusahaan telah melakukan beberapa aksi korporasi baik secara finansial maupun operasional.

PT Pelindo I atau PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) adalah perusahaan milik pemerintaha atau BUMN yang bergerak dalam bidang pengelolaan pelabuhan di Indonesia, perusahaan ini memulai usahanya melalui berbagai perubahan bentuk usaha dan status hukum pengusahaan jasa kepelabuhanan. Sejak tahun 1960 pengelolaan pelabuhan umum di Indonesia dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara di bawah pengendalian pemerintah. Bentuk Badan Usaha Milik Negara yaitu Perusahaan Negara Pelabuhan yang diberi kewenangan untuk mengelola pelabuhan umum sejak tahun 1960 sampai dengan tahun 1993 telah mengalami beberapa perubahan, disesuaikan dengan arah kebijaksanaan pemerintah dalam rangka menunjang pembangunan nasional dan mengimbangi pertumbuhan permintaan layanan jasa kepelabuhanan yang dinamis.

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau dapat disebut PT Pelindo II merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Jasa Kepelabuhanan. Sejarah PT Pelabuhan Indonesia II bermula dari keputusan pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1960 untuk membentuk Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan I hingga Pelabuhan VIII sebagai pengelola pelabuhan laut di seluruh Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 1960 tentang pengelolaan pelabuhan umum yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP). Pada tanggal 22 Februari 2012, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II meluncurkan identitas baru Pelindo II dalam bertransformasi menjadi IPC (indonesia Port Corporation), perusahaan penyedia layanan kepelabuhanan di Indonesia yang lebih efisien dan modern dalam berbagai aspek operasinya. Nilai‐nilai yang terkandung di dalam warna jingga di logo baru ini adalah semangat perubahan, kekuatan, optimisme, serta kebanggaan setiap karyawan, untuk bersama-sama berdiri di garis terdepan dalam mencapai tujuan organisasi.

PT Pengerukan Indonesia atau disingkat PT Rukindo merupakan BUMN yang khusus bergerak di spesialis pengerukan alur pelayaran, kolam pelabuhan, dan reklamasi pantai, khususnya menyangkut alur-alur pelayaran utama di Indonesia. Pada tahun 60-an, kegiatan pengerukan dilakukan oleh Pemerintah yaitu Dinas Pengerukan dibawah Instansi Ditjen Perhubungan Laut. Kemudian pada tahun 1964, Dinas Pengerukan beralih menjadi bagian dari PN Pelabuhan Badan Pengusahaan Pelabuhan/Administrator Pelabuhan (BPP/ ADPEL). Pada tanggal 30 April 1983, semua Divisi Pengerukan dibawah BPP digabung/dirubah status menjadi Perum Pengerukan yang pembinaannya dibawah Departemen Perhubungan. Sejalan dengan perkembangan perusahaan, pada tanggal 1 oktober 1991 dengan demikian bentuk Perum dialihkan menjadi Perusahaan Perseroan dengan nama PT Pengerukan Indonesia (Persero) atau PT Rukindo.

PT Pertamina (Persero) dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013. adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun. Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamina dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968.Direktur utama (Dirut) yang menjabat saat ini adalah Karen Agustiawan, beliau dilantik oleh Menneg BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno. Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki dalam jabatan puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu.

PT. Pertani (Persero) adalah salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang agribisnis, perusahaan ini dibentuk sebagai pionir usaha pada sektor pertanian. Dari waktu ke waktu, perusahaan telah memainkan peran penting sebagai garda terdepan dalam mendukung program pemerintah di sektor pertanian. Melalui peran tersebut, perusahaan tumbuh dan berkembang menjadi pelaku utama nasional di bidang agribisnis yang memproduksi, mengadakan dan memasarkan sarana produksi & komoditi pertanian. Berbeda dari tahun sebelumnya, ketahanan pangan terus berkembang sebagai isu global dan menempati prioritas terdepan dari agenda pembangunan. Indonesia secara konsisten mendorong potensi sektor pertanian sebagai pilar pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus ketahanan pangan nasional.

PT Sucofindo ( Persero ) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia. Sebagian besar sahamnya, yaitu 95 persen, dikuasai negara dan lima persen milik Societe Generale de Surveillance Holding SA (“SGS”). Perusahaan ini berdiri pada 22 Oktober 1956. Bisnis utama PT Sucofindo bermula dari kegiatan perdagangan terutama komoditas pertanian, dan kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara dalam perdagangan ekspor-impor. Seiring dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha, SUCOFINDO melakukan langkah kreatif dan menawarkan inovasi jasa-jasa baru berbasis kompetensinya yang antara lain mencakup warehousing dan forwarding, analytical laboratories, industrial and marine engineering, dan fumigation and industrial hygiene. Selain jasa tersebut diatas, PT Sucofindo juga mengembangkan jasanya di bidang usaha sertifikasi, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya pada sektor Pertanian, Kehutanan, Pertambangan (Migas dan Non Migas), Konstruksi, Industri Pengolahan, Kelautan, perikanan, pemerintahan, Transportasi, Sistem Informatikan dan energi terbarukan.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) biasa disebut PT Telkom Indonesia atau Telkom saja adalah perusahaan milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta. Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (52,47%), dan 47,53% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri[1]. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham Telkom. Sejak itu saham Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) (keduanya sekarang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI)), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE).

PT Virama Karya (Persero) merupakan sebuah perusahaan konsultan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan spesialisasi pada bidang pelayanan jasa teknik dan manajemen bidang transportasi jalan dan jembatan serta bidang teknik sipil lainnya. Awal mula perusahaan ini adalah sebuah perusahaan Swasta Belanda yang bernama NV. Architecten Ingenieurs Bureau Fermon Cuypers yang didirikan pada tahun 1961. Perusahaan ini dinasionalisasi melalui peraturan pemerintah (PP) No. 56/1961, dan beroperasi di bawah Binaan Kementerian Tenaga Listrik dan Pekerjaan Umum. Kemudian pada tahun 1970, menjadi Persero PT Virama Karya berdasarkan PP No. 38/1970, dengan pembinaan dari Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Keuangan. Dari tahun 1971 sampai sekarang telah banyak pekerjaan-pekerjaan yang dipercayakan kepada PT Virama Karya baik untuk pekerjaan tata ruang, pemetaan, jalan dan jembatan maupun pekerjaan bendungan dan irigasi.

PT Waksita Karya merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang kontraktor terkemuka di Indonesia yang memainkan peran utama dalam pembangunan negara, perusahaan ini didirikan pada tanggal 1 Januari 1961 yang berasal dari sebuah perusahaan Belanda yang bernama “Volker Aannemings Maatschappij N.V.“, yang diambil alih di bawah No.62/1961 keputusan pemerintah, bisnis persuhasaan pada awalnya berpartisipasi dalam pembangunan air terkait perkembangan termasuk reklamasi, pengerukan, pelabuhan dan irigasi. Sejak 1973 status hukum Waskita Karya telah berubah “Perseroan” sejak itu perusahaan mulai untuk memperluas bisnisnya sebagai kontraktor umum yang terlibat dalam kegiatan konstruksi jalan, jembatan, pelabuhan, Bandara, bangunan, pembuangan limbah tanaman, pabrik semen, pabrik dan fasilitas industri lainnya yang lebih luas.

PT Wijaya Karya Tbk (Persero) atau yang biasa disebut PT WIKA merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan di Indonesia, perusahaan ini merupakan hasil nasionalisasi perusahaan Belanda, Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co atau NV Vis en Co, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 1960 dan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) No. 5 tanggal 11 Maret 1960, WIKA lahir dengan nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. Dimulai sebagai sub-kontraktor, di akhir 1960-an WIKA berkembang menjadi pemborong pemasangan jaringan listrik tegangan rendah, menengah, dan tinggi. Di awal tahun 1970, WIKA memperluas usahanya menjadi perusahaan kontraktor sipil dan bangunan perumahan. Perusahaan memasuki babak baru pada 20 Desember 1972. Perusahaan berubah status menjadi Perseroan Terbatas Wijaya Karya (Persero).

BCA atau Bank Central Asia merupakan Bank swasta terbesar di Indonesia. Bank BCA berdiri tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Grup. Bank BCA termasuk Bank berhasil melewati krisis moneter terjadi pada tahun 1997. Krisis cukup berpengaruh di setiap sistem perbankan di Indonesia. Bahkan, situasi ini mempengaruhi perputaran dana di Bank BCA dan bahkan sempat mengancam keberlangsungan Bank BCA. Beberapa nasabah bahkan mengalami kepanikan dan akhirnya menarik dana mereka. Akibat hal tersebut, Bank Bank BCA dengan terpaksa meminta bantuan pemerintah Indonesia. Akhirnya Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) mengambil alih Bank BCA pada tahun 1998. Tidak hanya produk yang dijadikan andalan masing-masing perbankan melainkan kemudahan bertransaksi serta kenyamanan dalam bertransaksi tersebut.

Bank BJB atau dahulu disebut dengan Bank Jabar Banten adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang, 304 Kantor Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4 Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Dirut Bank BJB saat ini adalah Bien Subiantoro. Pendirian BPD Jawa Barat dilatarbelakangi oleh Permen Republik Indonesia tentang penentuan nasionalisasi perusahaan milik Belanda.

PT Bank BJB Syariah atau yang lebih dikenal dengan BJB Syariah adalah bank yang berdiri sejak 2010. Bank ini merupakan pemisahan dari induk perusahaan,yaitu Bank BJB,setelah berberapa tahun menjadi UUS pada 2010. Bank BJB sendiri (dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten) adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang, 304 Kantor Cabang Pembantu, 140 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 103 Payment Point, 4 Kantor Wilayah, dan 473 Waroeng BJB. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990 dan Bank BJB dipimpin oleh seorang Dirut Bank BJB yaitu Bien Subiantoro.

Bank BNI 46 sejak awal didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, sebagai Bank Pertama yang secara resmi dimiliki Negara RI, BNI merupakan pelopor terciptanya berbagai produk & layanan jasa perbankan. BNI terus memperluas perannya, tidak hanya terbatas sebagai bank pembangunan, tetapi juga ikut melayani kebutuhan transaksi perbankan masyarakat umum dengan berbagi segmentasinya, mulai dari Bank Terapung, Bank Sarinah (bank khusus perempuan) sampai dengan Bank Bocah khusus untuk anak-anak. Seiring dengan pertambahan usianya yang memasuki 67 tahun, BNI tetap kokoh berdiri dan siap bersaing di industri perbankan yang semakin kompetitif. Dengan semangat “Tak Henti Berkarya” BNI akan terus berinovasi dan berkreasi pada penciptaan layanan perbankan. Berdiri sejak 1946, BNI yang dahulu dikenal sebagai Bank Negara Indonesia, merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.

Bank BNI 46 Syariah merupakan salah satu bank pemerintah indonesia yang menerapkan prinsip syariah. Prinsip Syariah dengan 3 (tiga) pilarnya yaitu adil, transparan dan maslahat mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap sistem perbankan yang lebih adil. Dengan berlandaskan pada Undang-undang No.10 Tahun 1998, pada tanggal tanggal 29 April 2000 didirikan Unit Usaha Syariah (UUS) BNI dengan 5 kantor cabang di Yogyakarta, Malang, Pekalongan, Jepara dan Banjarmasin. Selanjutnya UUS BNI terus berkembang menjadi 28 Kantor Cabang dan 31 Kantor Cabang Pembantu. Disamping itu nasabah juga dapat menikmati layanan syariah di Kantor Cabang BNI Konvensional (office channelling) dengan lebih kurang 1500 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

BPD Bengkulu atau Bank Pembangunan Daerah Bengkulu (Bank Bengkulu) merupakan salah satu bank di Indonesia milik pemerintah daerah provinsi Bengkulu, Bank ini didirikan pada tanggal 9 Agustus 1969 dan memiliki kantor pusat di Kota Bengkulu. Dalam perkembangannya setelah melakukan persiapan yang dipersyaratkan dengan demikian dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Bengkulu memulai usahanya sebagai Lembaga Keuangan Bank oleh Bapak Gubernur M. Ali Amin, SH bersama Pangdam IV Sriwijaya Brigjen Satibi Darwis pada tanggal 13 April 1971. Sesuai dengan tingkat perkembangan usaha, Misi dan fungsi BPD Bengkulu sesuai dengan Perda Nomor 11 Tahun 1992 diakui sebagai Bank Umum dan sebagai Pemegang Kas Daerah.

BPD DIY merupakan Bank Pembangunan Daerah milik Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bank BPD DIY didirikan pada tahun 1961, tanggal 15 Desember berdasarkan akta notaris Nomor 11, Notaris R.M. Soerjanto Partaningrat. Sebagai suatu perusahaan daerah, pertama kalinya Bank BPD DIY diatur melalui Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 1976. Dengan berjalannya waktu, dilakukan berbagai penyesuaian. Saat ini, landasan hukum pendirian Bank BPD DIY adalah Peraturan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 Tahun 1993, junctis Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1997 dan Nomor 7 Tahun 2000. Tujuan pendirian bank adalah untuk membantu mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

Bank Pembangunan Daerah Kaltim atau BPD Kaltim merupakan perusahaan perbankan daerah (BUMD) milik pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di wilayah provinsi Kalimantan Timur. Keberadaan BPD Kaltim didirikan adalah dengan maksud dan tujuan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian & pembangunan daerah di segala bidang serta sebagal salah satu sumber pendapatan asli daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat sehingga terwujudnya masyarakat Kalimantan Timur yang sejahtera. Sejalan waktu, BPD Kaltim makin berkembang. Sejumlah sektor usaha mulai dilirik untuk digarap. Namun payung hukum yang ada, membatasi ruang gerak Bank Pembangunan Daerah Kaltim untuk berkembang dinamis.

Bank BPD Sumsel Babel adalah salah satu bank di Indonesia dengan nama perusahaan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Bank ini didirikan pada tanggal 6 November 1957 (umur 58) dengan nama PT Bank Pembangunan Sumatera Selatan. Selanjutnya dengan diberlakukannya Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 1962 tentang “Bank Pembangunan Daerah”, dengan demikian terhitung sejak tahun 1962, secara resmi seluruh kegiatan PT. Bank Pembangunan Sumatera Selatan menjadi milik Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan status badan hukum perusahaan Daerah berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11/DPRDGR Tingkat I Sumatera Selatan, dengan izin usaha yang dikeluarkan oleh Menteri Urusan Bank Central/Gubernur Bank Indonesia. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 58 Bank Sumsel Babel, menyelenggarakan acara Tali Kasih dengan ahli waris dan pensiunan serta Kunjungan ke Makam mantan Direksi dan mantan pegawai Bank Sumsel Babel.

BPD Sumut atau Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara merupakan bank pemerintah daerah yang dimiliki oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara, bank ini didirikan pada tanggal 4 Nopember 1961 dengan sebutan BPSU. Sesuai dengan ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah Tingkat I Sumatera Utara dengan demikian pada tahun 1962 bentuk usaha dirubah menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan modal dasar pada saat itu sebesar Rp.100 Juta dengan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Tingkat I Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah Tingkat II se Sumatera Utara. Pada tahun 1999, bentuk hukum BPDSU dirubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara atau disingkat PT. Bank Sumut yang berkedudukan dan berkantor pusat di Medan, JL. Imam Bonjol No. 18 Medan. Modal dasar pada saat itu menjadi Rp. 400 Milyar yang selanjutnya dengan pertimbangan kebutuhan proyeksi pertumbuhan Bank, di tahun yang sama modal dasar kembali ditingkatkan menjadi Rp. 500 Milyar.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank terbesar milik pemerintah Indonesia. Sejak awal pembentukannya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, provinsi Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, sebagai suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran Bank BRI. Sampai saat ini Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang didirikan sejak tahun 1895 tetap konsisten memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat kecil, diantaranya berupa dengan memberikan fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil pelayanan tersebut antara lain berupa dengan perkembangan penyaluran Kredit Usaha kecil kepada masyarakat. Penyaluran tersebut semenjak tahun 1994 sebesar Rp. 6.419,8 milyar yang meningkat menjadi Rp. 8.231,1 milyar pada tahun 1995 dan pada tahun 1999 sampai dengan bulan September sebesar Rp. 20.466 milyar.

Bank BRI Agroniaga atau biasa disebut BRI Agro merupakan perusahaan keuangan berjenis Jasa Perbankan di Indonesia. perusahaan ini diakuisisi oleh Bank Rakyat Indonesia dan puncaknya pada tahun 2012, perusahaan berganti nama menjadi BRI Agroniaga. pada mulanya didirikan atas pemahaman sepenuhnya dari Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) sebagai pengelola dana pensiun karyawan seluruh PT Perkebunan Nusantara, bahwa agrobisnis di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. Dengan demikian pada saat pemerintah mengeluarkan kebijakan yang memberi kemudahan untuk membuka usaha bank pada tanggal 27 Oktober 1988, DAPENBUN mempergunakan peluang ini untuk mendirikan bank yang kegiatan usaha utamanya membantu pembiayaan di bidang agrobisnis. Bank BRI Agro didirikan dengan maksud untuk menjalankan kegiatan usaha di bidang perbankan umum dalam arti yang seluas-luasnya secara profesional, serta berperan menunjang terwujudnya industri agrobisnis yang semakin tumbuh dan berkembang dalam sistem perekonomian nasional yang tangguh dalam era globalisasi di masa mendatang.

PT Bank BRI Syariah adalah salah satu perusahaan perbankan syariah tersebar di Indonesia. Perseroan didirikan pada tahun 2002 sebagai unit bisnis dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan mulai beroperasi secara resmi pada 17 November 2008. Bank berbasis di Jakarta dan dioperasikan kantor cabang 101, termasuk 8 cabang utama, 27 kantor cabang, 55 kantor cabang pembantu dan 11 kantor kas. Perusahaan juga didukung oleh 4.497 karyawan. Berdasarkan Laporan Tahunan BRISyariah 2011, pada akhir tahun 2011 total aset PT Bank BRISyariah mencapai Rp 11,20 triliun. Dalam 9 Pebruari 2011, Bank memperoleh award di TOP BRAND AWARD 2011 sebagai Penghargaan Perbankan Syariah Atas. Perusahaan juga diberikan Rank 1 di Call Center Award Kategori Perbankan Syariah.

Bank Tabungan Negara atau BTN adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897. Pada tahun 1942, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, bank ini dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia bank ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan diubah menjadi Kantor Tabungan Pos. Nama dan bentuk perusahaan selanjutnya berubah beberapa kali hingga akhirnya pada tahun 1998 diubah menjadi nama dan bentuk resmi yang berlaku saat ini yaitu di Bank Tabungan Negara setelah proklamasi kemerdekaan mendasari pengambilalihan Tyokin Kyoku dari pemerintah Jepang. Bank BTN diprakarsai oleh bapak Darmosoetanto dan diganti dengan nama Bank Tabungan Pos dan beliau ditunjuk oleh pemerintah sebagai direktur utama dan mengemban tugas pertama yaitu menukar uang Jepang dengan ORI atau Oeang Republik Indonesia. Pada akhirnya pada tahun 1968 Bank Tabungan Pos dikukuhkan menjadi Bank Tabungan Negara hal ini di dasarkan pada UU No. 20 tahun 1968 tanggal 19 Desember 1968.

Bank BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Nasional didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1958 dan dilakukan perubahan namanya oleh Manajemen menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional pada tahun 1986. Bank BTPN lahir dari ide 7 orang pegawai pensiunan di Bandung tentang sebuah usaha akan membantu para anggotanya dalam mengatur simpanan keuangan dan memberikan pinjaman. Berkat Kerja keras dan dukungan tinggi dari masyarakat maupun mitra usaha, dengan demikian Bapemil pun dirubah menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional pada tahun 1986 dalam rangka memenuhi ketentuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perbankan. Sebagai Bank Swasta Nasional semula memiliki status sebagai Bank Tabungan kemudian berganti menjadi Bank Umum.

Bank BTPN Syariah adalah sebuah bank BUMN Syariah didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1958 dan dilakukan perubahan namanya oleh Manajemen menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional pada tahun 1986. BTPN Syariah lahir dari ide 7 orang pegawai pensiunan di Bandung tentang sebuah usaha akan membantu para anggotanya dalam mengatur simpanan keuangan dan memberikan pinjaman. Berkat Kerja keras dan dukungan tinggi dari masyarakat maupun mitra usaha, dengan demikian Bapemil pun dirubah menjadi Bank Tabungan Pensiunan Nasional pada tahun 1986 dengan izin usaha sebagai Bank Tabungan dalam rangka memenuhi ketentuan Undang-undang tentang Pokok-Pokok Perbankan. Terhitung tanggal 12 Maret 2008 Bank BTPN telah listing di Bursa efek Jakarta (BEJ) (sekarang Bursa Efek Indonesia).

Bank Bukopin Syariah atau PT Bank Syariah Bukopin merupakan bank yang beroperasi dengan prinsip syariah, perusahaan perbankan ini bermula dari masuknya konsorsium PT Bank Bukopin, Tbk diakuisisinya PT Bank Persyarikatan Indonesia (sebuah bank konvensional) oleh PT Bank Bukopin, Tbk., proses akuisisi tersebut berlangsung secara bertahap sejak 2005 hingga 2008, dimana PT Bank Persyarikatan Indonesia yang sebelumnya bernama PT Bank Swansarindo Internasional didirikan di Samarinda, Kalimantan Timur berdasarkan Akta Nomor 102 tanggal 29 Juli 1990 merupakan bank umum yang memperolah Surat Keputusan Menteri Keuangan tentang Pemberian Izin Peleburan Usaha 2 (dua) Bank Pasar dan Peningkatan Status Menjadi Bank Umum dengan nama PT Bank Swansarindo Internasional yang memperoleh kegiatan operasi berdasarkan surat Bank Indonesia (BI) tentang Pemberian Izin Usaha Bank Umum dan Pemindahan Kantor Bank.

Bank CIMB Niaga adalah bank yang merupakan salah satu anggota dari CIMB Group yaitu salah satu perusahaan jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Kemudian pada tahun 2004, CIMB memulai proses membangun sebuah bank global yang kuat dan kompetitif dengan Commerce International Merchant Bankers (CIMB) ditunjang, bank investasi yang terbesar di arealnya. Di negar Indonesia sendiri bisnis perbankan CIMB melalui PT Bank CIMB Niaga yang merupakan bank terbesar dalam jumlah aset keempat di Indonesia, perusaahaan ini terdaftar dalam Bursa Malaysia melalui Bumiputra-Commerce Holdings Berhad (BCHB) dan merupakan hasil gabungan Bank Bumiputra-Commerce dan Southern Bank dengan CIMB, bank investasi paling banyak penghargaan di Malaysia sehingg CIMB Group menjadi berkembang dari jumlah karyawan perusahaan berkembang sebanyak 1.000 orang di negara Malaysia dan sebanyak 20.000 orang tersebar di 12 negara.

Bank DKI merupakan bank terbesar bank pembangunan daerah atau yang disebut BPD di Indonesia yang berada di provinsi DKI Jakarta, Bank DKI berdiri sejak 1961. Bank DKI adalah 99,91% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta dan 0,09% oleh PD Pasar Jaya. Sampai dengan akhir tahun 2012, Bank DKI memiliki 1 kantor pusat Jakarta, 5 unit kerja ouside kantor pusat, 21 kantor cabang, 41 kantor cabang pembantu, 104 kantor kas, 31 payment point, 4 Samsat drive melalui unit dan juga 265 jaringan ATM. Menurut laporan keuangan terakhir Bank DKI terus menunjukkan peningkatan kinerja pada kuartal ketiga 2013. Bank DKI menuai Rp 628.620.000.000 total laba komprehensif di 9 bulan 2013, dibandingkan dengan Rp 221,10 miliar pada periode sama tahun lalu. Untuk kedepannya Bank DKI akan selalu menambah kenyamanan konsumen mereka. Ruang lingkup kegiatan Bank adalah untuk menjalankan aktivitas umum perbankan.

Bank Danamon atau dengan nama perusahaan PT Bank Danamon Indonesia Tbk adalah salah satu bank di Indonesia, perusahaan ini didirikan pada 1956 dan memiliki jumlah pegawai sekitar 72,000 (termasuk karyawan anak perusahaan). Brand Bank Danamon berasal dari kata “dana moneter” dan pertama kali digunakan pada 1976, ketika perusahaan berubah nama dari Bank Kopra. Pada 1988, Bank Indonesia meluncurkan paket reformasi perbankan yang dikenal dengan “Paket Oktober 1988” atau PAKTO 88. Tujuan utama PAKTO 88 adalah untuk membangun kompetisi dalam sektor perbankan dengan memberikan kemudahan persyaratan, termasuk liberalisasi peraturan tentang pendirian bank swasta domestik baru dan bank joint-venture. Sebagai hasil dari reformasi ini, Bank Danamon menjadi salah satu bank valuta asing pertama di Indonesia, dan menjadi perusahan publik yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Bank Indonesia atau yang biasa dikenal BI merupakan bank sentral milik pemerintah Republik Indonesia sebagai bank sentral, Bank Indonesia ( BI ) mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. Untuk mencapai tujuannya Bank Indonesia – BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Bank Jatim dahulu bernama Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (IDX: BJTM) adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Jawa Timur. Bank Jatim didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Bank Jatim menjadi bank devisa sejak tanggal 2 Agustus 1990. Pada tanggal 1 Mei 1999, dalam upayanya untuk meningkatkan profesionalitas dan independensi sebagai pelayan masyarakat di bidang jasa keuangan, Bank Jatim mengubah bentuk badan hukum dari BUMD menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Bank Jatim berkantor pusat di Surabaya seiring dengan perkembangan perekonomian.

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) atau Mandiri Syariah merupakan lembaga perbankan syariah terkuat di Indonesia dalam hal jumlah aset. Bank Syariah Mandiri a di Indonesia. Per 30 September 2013, Bank membukukan total aset sebesar Rp 61.810.000.000.000. PT Bank Syariah Mandiri merupakan anak perusahaan strategis bank terkuat di negara itu dalam aset PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bank sudah berdiri sejak tahun 1991 dan saat ini, BSM memiliki 136 officees cabang, 493 kantor cabang pembantu (KCP), 58 kantor kas (KK), 6 syariah counter layanan (KLS), dan 127 payment point (PP) nasional. Selama kuartal 3 tahun 2913, BSM menjaga konsistensi dalam membuat kinerja positif menurut Laporan Keuangan kuartal ke-3 tahun 2013 seperti yang diberitakan ke media.

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk atau dikenal dengan nama Bank Muamalat didirikan pada 24 Rabius Tsani 1412 H atau 1 Nopember 1991, diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia, dan memulai kegiatan operasinya pada 27 Syawwal 1412 H atau 1 Mei 1992. Dengan dukungan nyata dari eksponen Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dan beberapa pengusaha Muslim, pendirian Bank Muamalat juga menerima dukungan masyarakat, terbukti dari komitmen pembelian saham Perseroan senilai Rp 84 miliar pada saat penandatanganan akta pendirian Perseroan. Selanjutnya, pada acara silaturahmi peringatan pendirian tersebut di Istana Bogor, diperoleh tambahan komitmen kepercayaan dari masyarakat Jawa Barat ke Bank Muamalat.

Panin Bank merupakan salah satu bank komersial utama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1971 hasil merger dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia. Panin Bank mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta tahun 1982 yang menjadikannya sebagai bank pertama yang diperdagangkan secara terbuka di bursa. Per Juni 2009, Panin Bank tercatat sebagai bank ke-7 terbesar di Indonesia dari segi total aset Rp.71,2 triliun, dengan permodalan mencapai Rp. 9,8 triliun dan CAR 23,9%. Dalam perkembangan yang terakhir, PaninBank telah melakukan instalasi core banking system terbaik dan menerapkan proses tata kelola internal yang baru, dan secara efektif memanfaatkan sistem TI ini untuk menjawab tuntutan pertumbuhan Bank yang terus menunjukkan kinerja yang solid. PaninBank saat ini tercatat sebagai bank terbesar ke-8 di Indonesia dari sisi asetDimana yang pada akhir tahun 2013 mencapai Rp164,1 triliun.

PT. Bank Pundi Indonesia Tbk atau yang sering dikenal sebagai Bank Pundi merupakan salah satu bank umum yang terkenal di Indonesia, bank ini didirikan pada tanggal 11 September 1992 di Jakarta dengan nama PT. Eksekutif Bank Internasional (“Bank Eksekutif”) berdasarkan akta yang disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan No. C2-9246-HT.01.01 pada 1992 dan diterbitkan dalam Berita Negara Republik Indonesia no. 103 tanggal 26 Desember 1992, tambahan No. 6651. Ijin operasional dikeluarkan pada 9 Agustus 1993, sebagai bank umum di Jakarta mengacu pada persetujuan dari Kementerian Keuangan, Republik Indonesia No.673/KMK.017/1993 tanggal 23 Juni 1993 mengenai izin operasional untuk PT. Bank Internasional eksekutif. Nama PT. Bank Internasional eksekutif kemudian berubah menjadi PT. Bank Eksekutif International, dan kemudian pada tahun 2001, menjadi perusahaan terdaftar lebih lanjut untuk mendapatkan persetujuan dari Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) dalam suratnya tidak.

Bank Sinarmas dengan nama PT Bank Sinarmas Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan milik Sinarmas group, yang berawal pada tahun 2005 PT. Sinar Mas Multiartha, Tbk yang merupakan Kelompok Usaha Sinar Mas yang berada di bawah kelompok usaha Financial Services mengambil alih PT. Bank Shinta Indonesia, perusahan ini didirikan pada tahun 1989 yang memulai operasionalnya sejak Maret 1990. PT. Bank Shinta Indonesia mengalami perubahan nama menjadi Bank Sinarmas pada Desember 2006. Sebagai upaya untuk memenuhi arahan Bank Indonesia yaitu agar bank-bank umum segera menjadi perusahaan Go Public sehingga sebagian sahamnya dapat dimiliki oleh masyarakat umum, dengan demikian pada tahun 2010 setelah mendapatkan pernyataan efektif dari otoritas yang berwenang, tepatnya pada tanggal 13 Desember Bank Sinarmas mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia.

PT Bank Windu Kentjana International Tbk atau dikenal Bank Windu merupakan Bank Umum Devisa yang merupakan Bank hasil merger antara PT Bank Multicor Tbk dengan PT Bank Windu Kentjana tanggal 8 Januari 2008. Saham Bank Windu telah dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 2007. Hingga saat ini, Bank Windu telah memiliki 82 (delapan puluh dua) kantor yang tersebar di seluruh kota Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Palembang, Pangkal Pinang, Pontianak, Batam, Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Denpasar, Pekanbaru, Yogyakarta, Lampung, Sukabumi dan Makassar. Sebagai lembaga yang bergerak pada sektor jasa keuangan, Bank Windu berkomitmen untuk melayani para nasabah, baik dalam rangka menghimpun dana maupun penyaluran dana, serta melayani berbagai jasa perbankan, terutama mendukung sektor usaha kecil menengah.

IPC Logistic atau dengan nama lain PT Multi Terminal Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II – Pelindo II (Persero) yang memilik nama lain Indonesia Port Corporation (IPC). Perusahan ini didirikan pada tanggal 15 Februari 2002 dengan komdalam jabatan kepemilikan saham adalah 99% milik IPC. IPC merupakan badan usaha milik negara (BUMN) memiliki 12 kantor cabang pelabuhan yang tersebar di 10 propinsi dan 15 anak perusahaan termasuk IPC Logistic. Sejak berdirinya perusahaan, perusahaan memiliki 3 unit bisnis yaitu Terminal Multipurpose, Terminal Petikemas, dan Logistik. Pada tahun 2015, IPC melakukan restrukturisasi bisnis di lingkungan anak perusahaan dan IPC Logistic difokuskan untuk bisnis logistik. Sejalan dengan perubahan arah bisnis perusahaan tersebut, IPC Logistic telah melakukan perubahan logo serta visi, misi, dan value perusahaan.

Kementerian BUMN adalah salah satu kementerian di negara Republik Indonesia yang memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) melaksanakan pembinaan terhadap Perusahaan Negara / Badan Usaha Milik Negara di Republik Indonesia telah ada sejak tahun 1973. Awalnya, organisasi ini merupakan bagian dari unit kerja di lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia. Selanjutnya, organisasi tersebut mengalami beberapa kali perubahan dan perkembangan. Pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2001, struktur organisasi Kementerian ini sempat dihapuskan dan dikembalikan lagi menjadi setingkat eselon I di lingkungan Departemen Keuangan. Dirjen Pembinaan BUMN waktu itu dijabat oleh Bapak I Nyoman Tjager. Namun, di tahun 2001, ketika terjadi suksesi pucuk kepemimpinan Republik Indonesia.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau disingkat KPK merupakan lembaga hukum milik pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab dalam bidang pemberantasan korupsi. Lembaga KPK merupakan komisi independen di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Sejak tahun 2011 sampai saat ini KPK dipimpin oleh Abraham Samad. Adapun tugas KPK adalah koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi (TPK), supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap TPK, melakukan tindakan-tindakan pencegahan TPK dan melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Komisi pemilihan umum (KPU) adalah lembaga negara yang menyelenggarakan dan bertanggung jawab akan pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia. Pemilihan umum (pemilu) di Indonesia pada awalnya ditujukan untuk memilih anggota lembaga perwakilan, yaitu DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Setelah amandemen keempat UUD 1945 pada 2002, pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres), yang semula dilakukan oleh MPR, disepakati untuk dilakukan langsung oleh rakyat sehingga pilpres pun dimasukkan ke dalam rangkaian pemilu. Pilpres sebagai bagian dari pemilu diadakan pertama kali pada Pemilu 2004. Pada 2007, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007, pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) juga dimasukkan sebagai bagian dari rezim pemilu.

PT KAI Commuter Jabodetabek merupakan anak perusahaan yang berada di lingkungan perusahaan BUMN PT Kereta Api yang dibuat sesuai sama Inpres No. 5 th. 2008 serta Surat Menneg BUMN. Pembentukan anak perusahaan ini bermula dari hasrat beberapa stakeholdernya untuk lebih konsentrasi dalam memberi service yang berkwalitas serta jadi sisi dari jalan keluar persoalan transportasi perkotaan yang makin kompleks. PT KAI Commuter Jabodetabek ini pada akhirnya resmi jadi anak perusahaan PT Kereta Api (Persero) mulai sejak tanggal 15 September 2008. Hadirnya PT KAI Commuter Jabodetabek dalam industri layanan angkutan KA Commuter tidaklah hadirnya yang mendadak, namun adalah sistem pemikiran serta persiapan yang cukup panjang. Diawali dengan pembentukan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek oleh PT KAI.

PT. Mandiri Tunas Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang merupakan bagian dari Group usaha Bank Mandiri dan Tunas Ridean. Saat ini PT Mandiri Tunas Finance memberikan solusi pembiayaan yang mudah, inovatif dan kompetitif bagi konsumen untuk memiliki mobil (baru dan bekas), sepeda motor (khusus daerah tertentu), dan kendaraan niaga baik untuk perorangan maupun korporasi. Sejak tahun 2009 sampai saat ini PT Mandiri Tunas Finance dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar 51% (lima puluh satu persen) dan PT Tunas Ridean Tbk sebesar 49% (empat puluh sembilan persen). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan bank yang memiliki asset terbesar di Indonesia dan didukung oleh lebih dari 1.300 jaringan kantor di dalam dan luar negeri dalam menyediakan solusi keuangan yang menyeluruh bagi nasabah perorangan maupun perusahaan.

PT Mega Finance (sebelumnya dikenal sebagai Para Multi Finance) didirikan pada tahun 1995, dan adalah salah satu perusahaan pertama yang eceran motor pembiayaan untuk berbagai merek sepeda motor di Indonesia. Mega Finance memiliki jaringan luas beroperasi pada lima pulau seluruh Indonesia, mencakup lebih dari 15 provinsi, 45 kota dan daerah administratif 225. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan pembiayaan dibawah naungan CT Corpora seperti halnya Bank Mega, Trans TV, Trans7 , dll. CT Corpora atau CT Corp merupakan adalah perusahaan holding yang berbasis di Indonesia memegang perusahaan yang aktif di beberapa industri. Kelompok perusahaan ini dibagi menjadi tiga bisnis utama memegang operasi berkonsentrasi dalam keuangan layanan, Media, gaya hidup & Entertainment, dan sumber daya alam masing-masing.

PT Pelindo Daya Sejahtera atau PT PDS termasuk salah satu dari anak perusahaan dari PT Pelindo III atau PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), perusahaan ini bergerak di bidang Jasa Penyediaan Tenaga Kerja. PT Pelindo Daya Sejahtera didirikan untuk memberikan perlindungan dan peningkatan Kesejahteraan Tenaga Kerja Outsourcing yang bekerja di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). PT PDS menjadi wujud komitmen Pelindo III untuk menyelenggarakan hubungan industrial yang baik, sesuai amanah UU. Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, perusahaan selalu mengusahakan pendapatan karyawannya secara proporsional sesuai dengan induk usahanya, Di antaranya seperti ke depannya juga mendapatkan bonus, tunjangan cuti, dan pensiun, selain pendapatan pokok (gaji).

PT Pembangunan Jaya Ancol merupakan perusahaan milik pemda DKI Jakarta yang menangani proyek pembangunan Taman Impian Ancol, daerah ini sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat. Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat di tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.

PT Pertamina Geothermal Energy atau yang biasa disebut PT Pertamina GE merupakan anak perusahaan dari perusahaan BUMN PT Pertamina, perushaaan didirikan pada tahun 2006 dalam rangka untuk mengembangkan 15 Wilayah Kerja Usaha Geotermal di Indonesia. 90% dari saham kepemilikan pangsa energi bebas polusi ini adalah dari perusahaan penyedia energi milik PT Pertamina (Persero) dan 10% adalah milik PT Pertamina Dana Ventura. Pertamina dahulu disebut sebagai Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013. Sebuah era baru untuk energi panas bumi dimulai dengan peresmian Kamojang Geothermal Lapangan pada tanggal 29 Januari 1983 dan diikuti dengan beroperasinya Unit-1 PLTP (30MW) pada tanggal 7 Februari 1983, dan 2 tahun kemudian, 2 unit yang beroperasi dengan kapasitas 55 MW, masing-masing. Di pulau Sumatera, Monoblock (2 MW) di Sibayak-Brastagi telah beroperasi untuk pertama kalinya sebagai Pembangkit Listrik pertama dan yang pertama PLTP dengan kapasitas 20 MW telah beroperasi di wilayah Lahendong pada Agustus 2001.

PT Pertamina Retail sebuah perusahaan milik PT Pertamina (Persero) yang memiliki fokus usaha dibidang retail merupakan sebuah organisasi yang berperan sebagai pemilik me­rek dan hak cipta BRIGHT. PT Pertamina (Persero) menerapkan konsep Parenting Strategy terhadap PT Pertamina Retail dalam menjalankan bisnis BRIGHT dan segala kebijakan PT Pertamina (Persero) tetap harus diikuti oleh PT Pertamina Retail. BRIGHT sendiri merupakan sebuah retail milik pertamina jaringan retail tersebut antara lain : Bright C Store, yang merupakan jaringan yang terintegrasi di jaringan SPBU Pertamina. Merchandise produk bersifat fast moving dan impulsive. Buka 24 jam harga dan pelayannya premium dan berlokasi strategis, kemudian Bright Cafe, berupa jaringan yang terintegrasi di jaringan SPBU Pertamina. Merchandise produk bersifat produk makanan dan minuman olahan. Buka 24 jam, harga dan pelayanannya premium dan berlokasi strategis. Mengutamakan kenyamanan dan kemudahan akses. Memiliki fasilitas internet (Wifi). Jumlah Gerai Bright Store : 147 outlet yang terdiri dari 95 outlet Branding , 3 outlet bagi hasil, dan 49 outlet dikelola, dll.

PT Waskita Beton Precast atau PT WBP merupakan anak perusahaan dari PT Waskita Karya ( persero ) Tbk, yang bergerak dalam bidang produksi beton bangunan. Perusahaan ini adalah upaya PT Waskita Karya ( persero ) untuk melakukan inovasi dan terobosan dalam pengembangan usaha produksi beton PT. Waskita Beton Precast. Fasilitas Beton Precast adalah pengembangan dan diversifikasi dalam bidang selain kontraktor dan memiliki core bisnis yang menunjang Waskita Karya sebagai perusahaan jasa konstruksi di Indonesia. Ini merupakan langkah nyata yang menjadi esensi bagi cita-cita untuk mewujudkan Visi Waskita Karya menjadi perusahaan jasa konstruksi terbaik yang memberikan nilai tambah bagi stakeholders. PT. Waskita Beton Precast, diharapkan memberikan peningkatan daya saing bagi Waskita Karya dan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan internal proyek-proyek yang sudah dan akan ditangani oleh Waskita Karya maupun untuk pemenuhan kebutuhan eksternal.

Perum Peruri atau dapat disebut Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia, merupakan sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2006. Selain mencetak uang rupiah Republik Indonesia, juga mencetak produk sekuriti lainnya, termasuk mencetakan kertas berharga non uang dan logam non uang. Awal mula Perum Peruri didirikan pada tahun 15 September 1971, merupakan gabungan dari dua perusahaan, yaitu PN. Pertjetakan Kebajoran dan PN. Artha Yasa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1971, selanjutnya diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1982, kemudian diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 2000 dan disempurnakan untuk terakhir kalinya melalui Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2006.

Garuda Indonesia perusahaan BUMN maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda). Sebagai bentuk kepeduliannya akan keselamatan, Garuda Indonesia telah mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA). Hal ini membuktikan bahwa maskapai ini telah memenuhi standar internasional di bidang keselamatan dan keamanan. Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut “Garuda Indonesia Experience“.

Artikel Terbaru

[recent][fbig1][#1d8bee]

Bisnis

[Bisnis][fbig1][#1d8bee]

Asuransi

[Asuransi][fbig1][#1d8bee]

Wisata

[Wisata-Indonesia][fbig1][#1d8bee]

Ikuti Informasi Menarik Dari Kami Melalui Email

Diberdayakan oleh Blogger.