3 Gejala Asam Lambung yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Gejala Asam Lambung

Asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya disebabkan oleh adanya asam lambung yang sudah naik dari perut ke kerongkongan yang kemudian menyebabkan beberapa gejala yang membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman. Menurut beberapa pakar kesehatan yang sudah berhasil melakukan penelitian menyebutkan bahwa saluran pencernaan manusia yang ada pada tubuh memiliki pintu katup masuk menuju ke perut yang bentuknya mirip seperti katup. Dan untuk bentuk katup tersebut berupa cincin otot yang kemudian dalam istilah ilmiah dikenal dengan nama sfingter esophagus pada bagian bawah.

Jika tubuh manusia dalam keadaan normal dan tidak ada masalah, maka biasanya katup tersebut akan menutup secara rapat setelah dilewati oleh makanan. Akan tetapi akan berbeda keadaannya jika tubuh manusia bermasalah maka kinerja katup tersebut akan terganggu dan tidak bisa berfungsi secara maksimal dan menyebabkan katup menjadi sangat terganggu dan berdampak pada katup tersebut tidak tertutup dengan sempurna dan bahkan bisa juga menjadi terbuka. Untuk itu, jika katup tersebut tidak menutup secara sempurna maka asam yang diproduksi oleh perut bisa naik menuju kerongkongan dan terjadilah asam lambung.

Perlu menjadi perhatian bahwa jika asam yang ada di perut naik menuju kerongkongan dan sudah terjadi dua kali selama seminggu, maka besar kemungkinan bahwa penderita sudah mengalami masalah kesehatan yakni gastroesohageal reflux disease (GERD). Ada beberapa penyebab naiknya asam lambung menuju kerongkongan seperti misalnya dikarenakan makan terlalu banyak dan langsung berbaring setelah makan. Selain itu juga bisa disebabkan karena makan terlalu dekat dengan waktu tidur, minum kopi, teh, soda dan alkohol secara berlebihan. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa saja gejala GERD akibat asam lambung naik yang wajib untuk diwaspadai? Berikut ini penjelasannya:

  • Nyeri pada dada

Gejala yang pertama adalah biasanya akan ditandai dengan dada yang terasa sangat nyeri atau biasa dikenal dengan istilah heartburn yakni dada akan terasa panas dan seperti sedang terbakar. Dari beberapa penelitian kesehatan menyebutkan hal tersebut terjadi karena asam lambung yang baik ke kerongkongan dan kemudian menyebabkan rasa nyeri pada dada yang disertai dengan rasa panas dan terbakar dan akan terasa sangat menyiksa saat makan atau membungkuk.

  • Air liur berlebih

Biasanya jika asam lambung sudah naik ke kerongkongan akan ditandai dengan produksi air liur yang berlebih. Hal ini dilakukan oleh tubuh karena memang gunanya untuk menetralisir asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan yang juga bisa menimbulkan beberapa gejala lain seperti rasa mulut yang menjadi sangat asam, dada menjadi sangat terbakar dan kesulitan saat digunakan untuk menelan.

  • Mulut akan terasa sangat pahit

Gejala yang terakhir biasanya ditandai dengan mulut yang akan terasa sangat pahit jika asam lambung sudah berhasil masuk ke kerongkongan. Karena hal ini kemudian akan menimbulkan beberapa gejala seperti sensasi yang sangat asam di dalam mulut dan bahkan juga akan terasa sangat pahit dan layaknya seperti akan tersedak dan ingin muntah.

Jadi di atas adalah beberapa ciri gejala asam lambung jika sudah berhasil naik ke kerongkongan dan sangat perlu untuk diwaspadai. Untuk beberapa orang yang mungkin sudah lama menderita penyakit ini akan merasa bahwa semuanya baik-baik saja jika sudah minum obat, tetapi untuk Anda yang mungkin baru menderita penyakit ini jangan pernah sepelekan masalah tersebut karena bisa fatal. Dan supaya bisa terhindar dari penyakit ini hidup sehat adalah solusinya.

Related posts