Indonesia adalah negara besar yang sangat kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Selain itu Indonesia juga kaya akan potensi wisatanya, karena memang Indonesia memiliki keindahan alamnya yang sangat indah mempesona. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang 4 tempat wisata yang indah di Indonesia sebagai berikut :

1. Pemandian Air Panas Wawolesea – Sulawesi Utara

Tempat wisata pemandian air panas alami ini berada di Desa Wawolesea yang terletak di Kecamatan Konawe Utara, Sulawesi Utara. Di pemandian ini memiliki ratusan mata air panas yang berasal dari perut bumi. Air panas di tempat ini sangat berbeda dengan tempat pemandian pada umumnya, yakni air pemandian disini rasanya asin, seperti halnya air laut dan beraroma belerang. Selain itu, kolam pemandian di tempat ini memiliki pola bertangga yang tersusun dari bebatuan kapur. Jika anda melihatnya dari jarak jauh, anda akan melihatnya seperti gradasi air yang membiru. Bukan hanya itu, di sekeliling tempat pemandian ini ditumbuhi dengan pohon pinus yang pastinya akan membuat pemandian inin semakin asri, sejuk, dan nyaman.

2. Taman Laut Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Sulawesi Tenggara adalah Taman Laut Wakatobi. Tempat wisata yang satu ini berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dimana Taman Laut Wakatobi ini sangat terkenal dengan terumbu karang dan biota laut yang beragam. Selain itu, kawasan Taman Laut Wakatobi ini dikelilingi oleh pantai dari pulau-pulau karang, kurang lebih sekitar 600 km. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang hobi aktivitas snorkeling, diving, berenang maupun memancing. Dengan keindahan alam lautnya yang memukau, dijamin akan bisa memanjakan mata anda. Belum lagi alam bawah lautnya yang tidak kalah indah dan masih terjaga yang bisa anda nikmati.

3. Curug Cinulang – Sumedang

Curug atau air terjun Cinulang ini merupakan tempat wisata menarik di Sumedang yang bisa anda kunjungi. Yang uniknya dari curug Cinulang ini adalah keberadaan curug kembar dengan ketinggian yang hampir sama persis. Dimana ketinggian Curug Cinulang ini kurang lebih sekitar 50 meter. Curug Cinulang ini berada di Desa Sindulang, Kecamatan Ciamnggung, sekaligus menjadi wilayah perbatasan antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung. Untuk menuju ke Curug Cinulang ini, dari jalan raya Bandung – Garut (Rancaekek) sampai KM ke 11 terdapat papan petunjuk arah (di sebelah kiri) yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang yang berjarak 2,5 KM ke arah Timur dari papan petunjuk arah tersebut

4. Balong Cigugur – Kuningan

Balong Cigugur ini berada di Kecamatan Cigugur, persisnya berada di pinggir jalan raya Cirebon – Kuningan – Ciamis. Lokasinya tidak jauh dari Taman Purbakala Cipari yang hanya berjarak kurang lebih 1 Km. Di tempat wisata ini anda bisa berendam/berenang dengan ditemani ikan Kancra Bodas. Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan terapi “pijat” dari ikan Nilem Mangut, terutama pada bagian kaki. Sedangkan untuk tiket masuknya hanya dipungut biaya Rp 3.000 saja. Dengan begitu anda sudah bisa menikmati sensasi gigitan ikan yang bisa membuat kulit anda sehat dan bersih. Tidak jauh dari Balong Cigugur ini anda bisa mengunjungi Cagar Budaya Nasional Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, yang hanya berjarak sekitar 100 meter saja. 

Masih banyak tempat wisata indah lainnya di Indonesia yang tidak bisa disebutkan satu persatunaya disini, salah satunya ada di kota semarang. Tiket kereta jakarta semarang pun sekarang mudah di dapat. Yang pasti kita harus bangga dan bersyukur menjadi orang Indonesia yang dikaruniai alam yang sangat indah mempesona.