Mengubah, hal pertama yang terlintas dalam pikiran kompilasi wisatawan tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur adalah melihat naga secara langsung. Meskipun kegiatan ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan di Labuan Bajo, tetapi objek wisata di Labuan Bajo tidak hanya melihat komodo. Setidaknya, ada 5 tujuan wisata di sekitar Labuan Bajo yang sedang menunggu Anda kunjungi.

1. Gili Laba

Terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Gili Laba menawarkan panorama alam yang benar-benar menawan. Terlepas dari pantai yang indah dan bawah laut, puncak dari Gili Laba adalah di atas bukit. Dari atas bukit, Anda dapat melihat pemandangan spektakuler hamparan laut biru muda ke biru tua dengan deretan bukit botak khas NTT yang terletak di belakangnya.

Jika direncanakan naik ke puncak bukit Gili Laba, Anda harus datang jam 3 sore karena matahari masih cerah sehingga nuansa warna laut masih terlihat tetapi panasnya tidak terlalu kuat. Luangkan lebih banyak waktu maka Anda akan mendapatkan bonus dalam bentuk matahari terbenam yang indah! Jangan lupa untuk bersiap secara fisik dan mental sebelum datang ke sini karena Anda membutuhkan energi yang cukup untuk mendapatkan bukit ini.

2. Gua Batu Cermin

Bepergian ke Goa adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Labuan Bajo. Namun, Gua Batu Cermin masih menjadi tujuan wisata di Labuan Bajo yang harus dikunjungi. Gua Batu Cermin menyediakan fosil-fosil hewan laut yang alami di dinding gua dan menjadi bukti jika gua ini dulunya berada di dasar laut.

Jadi, mengapa gua ini disebut Gua Batu Cermin? Alasannya adalah salah satu sudut di gua adalah lubang di atap yang menjadi pintu masuk matahari. Ketika matahari sore datang, batu-batu di gua akan memantulkan sinar matahari satu sama lain seperti cermin. Inilah yang membuat gua ini disebut Goa Cermin.

3. Air Terjun Cunca Wulang

Jika Anda menginginkan udara utama di Labuan Bajo, maka Air Terjun Cunca Wulang adalah lokasi yang tepat. Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan di daerah ini karena udara di Air Terjun Cunca Wulang masih alami dan sangat segar.

Jika Anda tidak bisa berenang, jangan membatalkan niat Anda untuk air terjun utama karena air terjun hijau Air Terjun Cunca Wulang juga menyatukan pesona di dinding yang dapat dipasang bersama dengan air yang tenang.

Duduk di tepi air terjun sambil hanya melihat pemandangan ini pasti akan membuat Anda rileks tanpa perlu basah. Jika Anda memperhatikan dengan seksama, sekilas Air Terjun Cunca Wulang terlihat seperti di Green Canyon Pangandaran ya?

4. Desa Cancar

Di Desa Cancar, Anda tidak akan melintasi pantai, gua, air terjun, atau tempat wisata lainnya. Hal unik yang akan Anda temukan di sini adalah area persawahan yang dibuat seperti laba laba laba raksasa. Jika Anda ingin melihat sawah yang unik ini, posisi terbaik adalah dari ketinggian sehingga Anda dapat dengan bebas melihat sawah ini dengan penampilan yang sempurna.

Untuk itu, pelancong biasanya akan mengunjungi Weol Peak sementara Anda bisa mendapatkan pemandangan keseluruhan dari sini. Bersiaplah untuk membuatnya tidak berfungsi karena para petani di Desa Cancar benar-benar tidak hanya menanam padi tetapi juga membuat ‘karya seni’ yang terlihat sangat rapi!

5. Desa Melo

Ketika Anda telah mengunjungi pantai wisata, air terjun, dan wisata gua, sekaranglah saatnya bagi Anda untuk menyeimbangkan tur Anda dengan melakukan wisata budaya di sekitar Labuan Bajo. Sekitar Labuan Bajo Sekitar lokasi wisata budaya yaitu Desa Melo.

Saat mengunjungi Desa Melo, Anda akan diundang oleh tarian Caci, yang merupakan tarian khas Manggarai dan dimainkan oleh laki-laki dari Desa Melo. Saat melakukan tarian caci, para penari memakai pakaian yang tidak kalah menarik dengan memainkan tarian itu sendiri. Pria-pria ini akan mengenakan topi dan membawa cambuk dan perisai yang akan digunakan untuk menampilkan lawan.