5 Tips Cepat Hamil Setelah Menikah

  • Whatsapp
Tips Cepat Hamil

Jika moms dan pasangan baru menikah, memiliki keturunan menjadi salah satu hal yang selalu didambakan. Untuk itu, ada beberapa program cepat hamil setelah menikah yang dapat moms dan pasangan coba lakukan. Dengan begitu, peluang untuk segera mendapat momongan akan meningkat.

Setiap wanita memiliki peluang untuk hamil setelah berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi sekitar 15–25% setiap bulannya. Peluang ini adalah terjadinya kehamilan akan semakin besar apabila wanita berhubungan seks di masa suburnya, yakni masa ketika ovarium melepaskan sel telur ke dalam rahim.

Jika moms memiliki siklus haid yang normal selama 28 hari, masa subur atau ovulasi dapat terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama haid. Akan tetapi, bila siklus haid moms tidak teratur, masa ovulasi bisa terjadi sekitar 12 sampai14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya.

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Untuk meningkatkan masa kesuburan adalah cara cepat hamil setelah menikah yang paling utama. Ada beberapa cara yang bisa moms dan pasangan lakukan untuk meningkatkan kesuburan agar kehamilan bisa cepat terjadi, di antaranya:

1. Melakukan hubungan seks secara teratur

Berhubungan seks secara rutin tanpa alat kontrasepsi merupakan langkah penting agar moms bisa cepat hamil. Akan tetapi, untuk meningkatkan terjadinya pembuahan dan menciptakan kehamilan, moms dan pasangan disarankan untuk berhubungan seks saat sedang memasuki masa ovulasi atau masa subur.

Namun sayangnya, masa ovulasi terkadang bisa bergeser sehingga sulit diprediksi. Hal tersebut akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres berat serta kelelahan akibat aktivitas fisik atau olahraga berlebihan.

Maka dari itu, untuk memastikan masa ovulasi, moms bisa melakukan pemeriksaan dengan alat tes masa subur. Jika tes tersebut menunjukkan bahwa moms sedang berada dalam masa subur, moms disarankan agar berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi agar kehamilan lebih mudah terjadi.

2. Jalani pola hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat sangatlah penting bagi moms dan pasangan lakukan agar meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

3. Mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung asam folat

Untuk setiap wanita yang akan atau sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi 400–600 mikrogram asam folat dalam se hari. Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta mencegah janin terlahir cacat. Bukan hanya itu, nutrisi yang satu ini juga diketahui memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan.

Maka dari itu, moms disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat secara rutin. Jika sudah berhasil hamil, suplemen asam folat tersebut juga perlu dikonsumsi kembali setidaknya hingga trimester pertama kehamilan.

Tidak hanya dalam bentuk tablet suplemen, asam folat juga banyak terkandung secara alami di dalam sayuran seperti brokoli, bayam, kentang, kacang hijau, dan sereal.

4. Hentikan kebiasaan tertentu

Hindari hal-hal atau kebiasaan buruk yang dapat mengganggu dan berbahaya saat moms dan pasangan merencanakan kehamilan. Kebiasaan tersebut seperti merokok atau menghisap asap rokok, mengkonsumsi obat terlarang, memakan makanan yang belum matang sempurna minum alkohol.

5. Melakukan cek kesehatan secara rutin dan imunisasi

Pasangan dan moms dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum memulai program hamil. Hal ini bertujuan agar dokter dapat mendeteksi apakah moms atau pasangan memiliki penyakit tertentu yang dapat mengganggu kesuburan serta membahayakan janin, seperti hepatitis B, sifilis, HIV, dan toksoplasmosis.

Bukan hanya itu, pemeriksaan secara rutin ke dokter, bisa membuat moms mendapatkan imunisasi rubella atau campak Jerman dan tetanus yang penting diperoleh oleh setiap wanita yang berencana untuk hamil.

Jika moms dan pasangan masih belum juga dikaruniai momongan namun telah menerapkan beberapa cara di atas, di sarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan khusus. Tidak hanya, menentukan penyebabnya, dokter mungkin akan memberikan tips cara cepat hamil setelah menikah lainnya yang dapat moms dan pasangan lakukan atau bahkan bisa juga menyarankan untuk melakukan program hamil lainnya.

Related posts