6 Tips Penting Memilih Kontraktor Bali

  • Whatsapp
Kontraktor Bali

Beberapa tahun belakangan, pembangunan infrastruktur Indonesia berkembang sangat pesat. Khususnya pada beberapa daerah yang memiliki potensi pariwisata seperti Pulau Dewata. Maka tidak heran, banyak sekali berdiri perusahaan jasa kontraktor Bali.

Tips Memilih Kontraktor Bali

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sekarang ini banyak sekali pemborong bangunan. Namun agar hasil pekerjaan memuaskan dan sesuai keinginan, Anda tidak bisa memilih perusahaan dengan sembarangan. Mengatasi kondisi tersebut, berikut ini ada beberapa tips mencari kontraktor, yakni seperti:

  1. Pilihlah Kontraktor yang Kredibel

Tips pertama, perlu dipertimbangkan dalam mencari pemborong yakni pastika memilih kontraktor kredibel. Caranya Anda dapat melihat portofolio dari perusahaan tersebut. Jadi dapat diketahui kualitas kerjaan  yang telah diselesaikan, sehingga bukti itu bisa menjadi bahan penilaian.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, dengan melihat portofolio tersebut Anda dapat menyesuaikan apakah perusahaan tersebut memenuhi kriteria sesuai kebutuhan klien, karena setiap kontraktor mempunyai spesifikasi berbeda-beda.

  1. Pilih Kontraktor Berbadan Hukum

Hal lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dipertimbangkan dalam memilih kontraktor Bali yakni pastikan bahwa perusahaan tersebut legal atau resmi.  Itu semua dapat dibuktikan dengan dokumen perizinan jelas dan dikeluarkan oleh pejabat berwenang.

Untuk memastikan akan hal itu, sebaiknya sebelum memilih terlebih dahulu carilah informasi lengkap mengenai kontraktor tersebut. Penting bagi Anda mengetahui apakah pemborong itu dinaungi oleh badan hukum  terpercaya. Selain itu, pastikan juga izin usaha perusahaan masih berlaku.

  1. Carilah Informasi Mengenai Track Record Kontraktor

Jika sudah dipastikan bahwa perusahaan tersebut berbadan hukum resmi alias legal. Tips berikutnya yang tidak kalah pentingnya yakni carilah informasi mengenai track record kontraktor dalam menangani sebuah proyek.

Dalam hal ini ada beberapa cara bisa dilakukan. Pertama, Anda dapat mencari tahu testimoni dari para pelanggan yang pernah bekerja sama dengan pemborong itu. Kedua, terjun langsung ke lapangan untuk meninjau proses pekerjaan dari kontraktor tersebut.

  1. Teliti dalam Meninjau Penawaran yang Diberikan Kontraktor

Dalam memilih kontraktor, Anda tidak bisa begitu saja percaya dan menerima penawaran yang diberikan oleh pihak pemborong. Jangan sampai terkecoh dengan harga murah, untuk itu perlu adanya ketelitian.

Supaya tidak tertipu dengan penawaran yang diberikan kontraktor. Sebaiknya sebelum  melakukan negosiasi dan membuat kesepakatan kerja sama, terlebih dahulu Anda perlu mencari harga umum di pasaran. Pasalnya, tarif tinggi belum tentu menjadi jaminan kualitas bagus.

  1. Pilihlah Kontraktor yang Memberikan Garansi

Tips penting berikutnya adalah memilih kontraktor yang memberikan garansi. Kenapa hal ini perlu?. Karena tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi bangunan setelah proses pengerjaan selesai. Tetap terdapat kemungkinan muncul masalah baru.

Mengantisipasi terjadinya masalah tersebut dan untuk mengatasinya perlu adanya jaminan. Jadi secara singkatnya, pihak kontraktor memberikan garansi sebagai bentuk pertanggung jawaban dan memastikan telah mengerjakan proyek dengan hasil maksimal.

  1. Pilihlah Kontraktor yang Bersedia Terikat Kontrak Resmi

Sebaiknya dalam memilih kontraktor untuk mengerjakan proyek Anda, carilah pemborong yang bersedia untuk terikat kontrak resmi. Usahakan agar semua pekerjaan tersebut berjalan berdasarkan asas profesional, bukan hanya atas dasar rasa percaya saja.

Jadi setelah memilih kontraktor, langkah terakhir yang perlu dilakukan yakni membuat surat perjanjian atau kontrak resmi hitam diatas putih disertai dengan materai sehingga mempunyai kekuatan hukum. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kecurangan maupun kesalahpahaman.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips memilih kontraktor Bali. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber referensi dan bahan pertimbangan agar mendapatkan pihak pemborong yang kredibel sehingga hasilnya memuaskan. Untuk mendapatkan kontraktor terbaik, silahkan masuk ke laman gedongbali.com.

Related posts