7 Destinasi Wisata di Cirebon yang Seru untuk Dikunjungi

  • Whatsapp
Destinasi Wisata di Cirebon

Butuh tempat liburan yang menarik dan punya banyak pilihan tempat wisata? Ke Cirebon saja! Kota di Provinsi Jawa Barat ini letaknya tidak begitu jauh dari Jakarta, bisa ditempuh dengan naik kereta api dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.

Cirebon punya banyak sekali tempat wisata unik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam hingga kuliner yang siap memanjakan siapa saja yang berkunjung ke kota ini. Nah, berikut ini ada 7 destinasi wisata di Cirebon yang bisa masuk dalam itinerary liburan kamu nih.

  1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Ke Cirebon kurang pas rasanya jika tidak mampir ke Keraton Kasepuhan Cirebon yang berada di Jalan Kasepuhan No.43 ini.

Di sini kamu bisa melihat banyak benda-benda peninggalan bersejarah, seperti gamelan degung, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, kereta kuda, lukisan Prabu Siliwangi dan masih banyak lainnya.

  1. Keraton Kacirebonan

Keraton yang merupakan peninggalan Sultan Cirebon 1 ini juga memiliki banyak benda bersejarah yang unik dan masih terjaga kondisinya hingga kini. Contohnya saja gamelan, koleksi wayang kulit, peralatan perang, lukisan hingga catatan kuno yang tersimpan rapi.

Disini kamu juga bisa melihat berbagai jenis batik maupun pakaian yang digunakan sultan. Keraton ini punya desain yang begitu indah dan punya banyak spot foto cantik.

  1. Pantai Kejawanan

Salah satu pantai cantik dan populer di Cirebon yang patut kamu kunjungi adalah Pantai Kejawanan yang juga merupakan TPI (tempat pengelolaan ikan). Disini kamu bisa melihat banyak kapal-kapal besar bersandar. Selain itu jika cuaca cerah kamu bisa melihat megahnya Gunung Ciremai dari pantai ini.

Selain itu pantai ini memiliki karang yang menjorok sampai tengah laut, sehingga jika tidak pasang pengunjung bisa jalan hingga jauh dari bibir pantai ke tengah laut. Pemandangan sunset di pantai ini juga magis sekali lho! Kamu juga bisa berkeliling naik kapal nelayan yang biasanya menawarkan jasa berkeliling kepada pengunjung pantai.

  1. Gua Sunyaragi

Tempat wisata yang satu ini dulunya merupakan tempat pertapaan dan juga tempat latihan tentara Kesultanan Cirebon. Bangunannya memiliki arsitektur indah dan masih terawat hingga kini. Ada banyak lorong dan ruang yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Ukiran di dindingnya juga sangat indah.

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Jika kamu ingin wisata sejarah sekaligus religi, bisa nih mengunjungi makam Sunan Gunung Jati yang ada di Astana, Cirebon. Bangunan makam sunan ini memiliki gaya arsitektur yang unik, yaitu memadukan gaya arsitektur Jawa, Arab dan juga Cina.

Hal ini terlihat pada banguan atap bangunan makam yang berbentuk limasan khas Jawa, sedangkan interior pada dinding makam menggunakan arsitektur Cina. Wisata religi yang satu ini selalu ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Fasilitasnya pun lengkap, jadi kamu tak perlu khawatir jika berkunjung ke sini.

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid tertua di Cirebon ini memiliki desain yang menarik. Tidak seperti desain masjid pada umumnya yang memiliki kemuncak, tapi masjid agung di Cirebon ini memiliki desain unik nan ikonik.

  1. Bukit Gronggong

Berada di Patapan, Beber, Cirebon, bukt cantik yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang menawan. Disini kamu akan disambut dengan udara sejuk dan pemandangan sunset yang indah jika datang di sore hari. Di malam hari, pemandangan dari atas bukit ini juga terlihat magis dengan kerlap kerlip lampu Kota Cirebon di kejauhan.

Desain arsitekturnya didominasi pengaruh kerajaan Islam di masa lalu. Bangunannya pun memiliki dinding berwarna merah yang khas. Masjid yang dibangun atas inisiatif Sunan Gunung Jati untuk istrinya ini memiliki arsitektur campuran antara Islam dan Hindu. Hal ini karena masjid ini dirancang oleh dua arsitek hebat, yaitu Sunan Kalijaga dan Raden Sepat.

Sudah tidak sabar liburan ke Cirebon? Segera beli tiket kereta api ke Cirebon yuk. Liburan naik kereta api lebih enak pesan online di Traveloka lho. Selamat berlibur!

Related posts