Haji dan umrah adalah kewajiban sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang baligh, merdeka, berakal, dan mampu. Ibadah ini mempunyi fadilah yang sangat besar, yang diberikan langsung di dunia maupun di akhirat kelak. Di bawah ini beberapa fadilah dari haji dan umrah.

Pembaharuan Iman

Menziarahi kota suci Islam, Makkah dan Madinah, tentu mendatangkan kesan yang mendalam di hati. Dua kota itu adalah tempat bersejarah di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah tinggal dan berdakwah. Kota di mana sahabat-sahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang selama ini kita dengar kisahnya, tinggal.

Saat berhaji dan berumrah kita juga merasakan suasana ibadah dan iman yang tidak bisa kita jumpai di tempat lain. Umat Islam dari penjuru dunia berkumpul dan di antaranya ada ahli-ahli tahajud, ahli-ahli puasa, ahli-ahli Al-Qur’an.

Membuka Pintu Rezeki

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR Tirmidzi)

Jika kemiskinan dihilangkan tentu yang tersisa adalah kecukupan dan kemapanan. Faktanya banyak orang yang sudah berhaji dan berumrah malah bertambah bagus ekonominya.

Pengampunan Dosa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Umrah hingga umrah berikutnya menjadi penghapus dosa antara keduanya.” (HR Bukhari)

Fadilah ini lebih dahsyat dibanding fadilah poin kedua. Tiada harta benda di dunia ini yang bisa menandingi nikmat diampuni dosa-dosa oleh Allah.

Dapat Banyak Pahala

Berhaji dan berumrah juga menjadi sarana untuk memanen pahala. Betapa tidak, perjalanan kita, biaya yang kita keluarkan, letih payah kita Insya Allah dihitung pahala.

Apalagi kita berkesempatan mendapatkan pahala shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu , bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR Bukhari-Muslim)

Dari Jabir radhiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Shalat di masjidku lebih utama daripada 1.000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Jihadnya Perempuan

Bagi muslimah, haji dan umrah dihitung pula sebagai jihad.

Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, ‘Aisyah radhiyallahu’anha berkata, “Aku bertutur, ‘Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?’ Beliau berkata, ‘Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umrah.” (HR Ibnu Majah)

Dikabulkannya Doa

Saat berhaji dan umrah adalah kesempatan untuk bedoa sebanyak-banyaknya. Karena dijanjikan siapa yang berdoa kala haji dan umrah akan dikabulkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang mengerjakan haji dan umrah merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkanNya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuniNya.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Shalat di Masjid Quba, Madinah

Saat di Madinah, kita juga berkesempatan untuk shalat di masjid Quba, dimana pahala yang dijanjikan juga besar.

“Barang siapa telah bersuci (berwudlu) di rumahnya kemudian mendatangi masjid Quba, lalu shalat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umrah.” (HR Ibnu Majah)

Umrah Saat Ramadhan Senilai Haji

Jika ingin mendapat pahal umrah berlipat ganda senilai haji, maka umrahlah di bulan ramadhan. Selain itu kita juga bisa merasakan suasana ramadhan di tanah suci yang kesannya tak tergantikan oleh tempat lain.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR Bukhari dan Muslim).

Raihlah keutamaan-keutamaan umrah bersama Nur Dhuha Wisata, travel umrah Surabaya berkualitas dan terpercaya. Kunjungi websitenya untuk melihat paket-paket yang ditawarkan. Jika membutuhkan informasi lebih jauh kamu bisa menghubungi kontak yang tertera di websitenya.