Alasan Harus Memiliki Passive Income Sejak Dini

  • Whatsapp
Passive Income

Passive income atau pendapatan pasif merupakan sesuatu yang harus kita miliki saat usia muda. Terkadang, kita harus rela bersusah-susah saat masih memiliki tenaga untuk mendapatkan penghasilan yang lebih demi masa tua yang bahagia. Sayangnya, waktu yang kita butuhkan terkadang tidak cukup untuk mencari tambahan penghasilan.

Bayangkan saya saat kita bekerja sebagai karyawan atau pegawai, maka sekitar 8 jam dalam sehari sudah habis untuk bekerja. Penghasilan yang didapatkan terkadang belum cukup agar kita bisa pensiun dini dan memiliki tabungan cukup di masa tua. Itulah mengapa kita harus memikirkan sumber pendapatan alternatif.

Kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan baik agar penghasilan yang didapat lebih maksimal dan bisa memenuhi kebutuhan kita di masa depan. Salah satu cara untuk memaksimalkan pendapatan dengan waktu yang terbatas adalah memiliki passive income dengan beberapa alasan di bawah ini.

Memberikan Kebebasan Waktu dalam Mencarinya

Kebanyakan orang memilih passive income sebagai penghasilan tambahan karena memberikan kebebasan waktu dalam mencarinya. Seperti yang kita tahu bahwa waktu kita sangatlah terbatas karena bukan hanya memenuhi tanggung jawab sebagai karyawan atau pegawai karena masih ada keperluan lain yang menyita cukup banyak waktu.

Sebagai orang bijak, kita harus bisa memaksimalkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Pendapatan pasif sangat penting karena Anda tidak perlu menyisihkan waktu banyak, bahkan beberapa jenis pendapatan pasif tidak menyita waktu sama sekali sehingga tidak mengganggu pekerjaan.

Misalnya saja kita memiliki aset properti dalam bentuk ruko sehingga bisa disewakan. Biaya sewa itulah yang nantinya bisa menjadi passive income. Sembari kita melakukan pekerjaan dan aktivitas lain, biaya sewa bisa terus masuk selagi ada orang yang menyewanya. Dengan begitu, kita memiliki kebebasan waktu lebih.

Mengurangi Kecemasan dan Ketakutan terhadap Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki rencana masing-masing untuk masa depannya, seperti sekolah yang diinginkan, pesta pernikahan yang diimpikan, tempat liburan, rumah yang lebih nyaman dan lain sebagainya. Namun, kita juga harus memikirkan apa yang ada di depan mata, seperti membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pendapatan yang kurang seringkali membuat kita merasa takut dan cemas akan masa depan, seperti apakah bisa membayar sekolah anak sampai perguruan tinggi, apakah bisa memenuhi kebutuhan makan keluarga dan masih banyak kecemasan lainnya. Itulah mengapa diperlukan passive income untuk menambah penghasilan kita sehari-hari.

Pemikiran akan masa depan terkadang membuat kita merasa cemas, tapi juga bisa membuat kita semakin bersemangat dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, dengan memiliki passive income memberikan harapan bagi kita untuk bisa hidup lebih bahagia di masa depan karena masih ada penghasilan meskipun saat tidak bekerja.

Memungkinkan Kita untuk Melakukan Hobi

Setiap orang pasti memiliki kegiatan yang disukai atau kita sering menyebutnya dengan istilah hobi. Hobi setiap orang juga beraneka macam, mulai dari bermain musik, bernyanyi, memasak, berkebun, bersepeda, sepak bola, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Saat kita melakukan hobi, perasaan pasti bahagia dan senang.

Sayangnya, sebagian besar waktu sudah kita habiskan untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi, banyak dari kita yang tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan hobi yang dicintainya. Untuk itu, diperlukan passive income agar kita memiliki waktu lebih untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti hobi.

Passive income atau pendapatan pasif dapat menjadi penghasilan utama atau penghasilan tambahan sehingga tabungan menjadi lebih banyak terkumpul. Semakin banyak aset yang bisa menghasilkan pendapatan pasif, maka semakin banyak waktu yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan aktivitas atau kegiatan yang disukai.

Mampu Hidup dan Bekerja dari Mana Saja

Sebagian orang memiliki hasrat untuk berkeliling atau traveling ke berbagai tempat, baik karena hobi ataupun kebutuhan pekerjaan yang mengharuskan mereka berkeliling, seperti blogger makanan atau tempat wisata. Namun, tidak mungkin jika kita meninggalkan pekerjaan dalam waktu lama karena kita juga membutuhkan penghasilan.

Berbeda jika Anda memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja, maka waktu Anda akan lebih fleksibel untuk traveling atau berkeliling. Salah satu cara untuk bisa bekerja dari mana saja adalah memiliki passive income karena pekerjaan ini tidak memberikan batasan waktu dan tempat.

Jika Anda memiliki penghasilan pasif dan meningkatkan revenue, seperti kontrakan, blog, video di Youtube atau lainnya maka Anda tidak perlu bekerja di kantor. Passive income memungkinkan Anda bekerja di mana saja dan kapan saja, jadi Anda bisa traveling kemana saja tanpa khawatir penghasilan akan berkurang atau tidak mendapatkannya.

Related posts