Alasan Memilih Blogger.com untuk Ngeblog

  • Whatsapp
Alasan Memilih Blogger.com untuk Ngeblog

Sebagai orang yang menggunakan intenet, kita tentu tidak asing dengan blog yang menyediakan beragam informasi. Ada blog berita, ada blog pendidikan, dan ada pula blog teknologi. Tentu masih banyak jenis-jenis blog lainnya. Biasanya blog ini dibuat menggunakan platform tertentu. Jadi untuk membuat blog, kita tinggal memakai platform atau sotware yang ada. Coba jika tidak ada software atau penyedia layanan blog. Tentu kita akan sulit membuat blog. Apalagi jika kita awam tentang bahasa pemrograman.

Platform untuk ngeblog yang tersedia di internet cukup beragam. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Di antara platform dan penyedia layanan blogging, banyak yang memilih blogger sebagai platform ngeblog mereka. Kenapa harus blogger? Tentu orang-orang mempunyai alasan kenapa memilih blogger padahal ada banyak platorm lain yang bahkan lebih bagus. Berikut adalah beberapa alasan kenapa blogger menjadi pilihan platform ngeblog yang bagus.

  1. Gratis

Ini salah satu alasan kenapa banyak orang yang suka menggunakan blogger. Tentunya karena blogger menyediakan hosting gratis beserta subdomainnya dengan kapasitas besar. Namun nyatanya, bukan hanya blogger yang menyedikan layanan blog gratis. Jadi, tentu ada alasan lain kenapa banyak yang memilih blogger. Alasan lain itu bisa Anda baca di poin-poin selanjutnya.

  1. Bisa custom domain pihak ketiga

Agar blog terlihat profesional, sebaiknya blog menggunakan top level domain seperti .com, .net dan lain-lain. Baiknya, domain blogger bisa dicustom dengan domain pihak ketiga, jadi tidak harus menggunakan subdomain bawaan blogger. Dengan demikian, alamat blog tidak menggunakan embel-embel blogspot lagi.

  1. Bebas Iklan

Dibandingkan dengan penyedia blog gratisan lainnya, kelebihan dari menggunakan blogger adalah blogger bebas dari iklan. Maksudnya bebas iklan dari pihak blogger sendiri. Coba saja bandingkan dengan wordpress.com versi gratis yang mana meskipun gratis tetapi bermunculan iklan-iklan dari pihak mereka dan kita tidak dibayar untuk itu.

  1. Bisa dimonetisasi

Ini mungkin alasan banyak orang mengapa mereka memilih blogger daripada wordpress.com versi gratis, blogger membolehkan pemilik blog untuk memonetisasi blog mereka. Kita bisa memasang iklan google adsense atau iklan-iklan yang lain. Sedangkan wordpress sama sekali tidak boleh dimonetisasi kecuali kalau sudah upgrade ke layanan berbayar mereka, itupun hanya boleh memasang iklan dari mereka sendiri (wordads) dan tidak boleh memasang iklan pihak ketiga.

  1. Milik google

Blogger itu milik google, jadi mana mungkin google mengabaikan produknya sendiri di hasil pencarian. Di bandingkan dengan blog domain gratisan lain seperti webs, tumblr dan lain-lain, blogspot lebih sering muncul di hasil pencarian.

  1. Tersedia banyak tema yang keren

Blogger menyediakan beberapa variasi desain tema, memang tema bawaan blogger yang lama terlihat kurang menarik tetapi tema keluaran baru dari google cukup keren. Dan di luar sana sangat banyak sekali tema-tema blogger yang keren baik yang gratis maupun yang berbayar.

  1. Mudah dipelajari

Blogger cukup mudah dipelajari oleh blogger pemula. Dan banyak orang yang memberikan tutorial blogging menggunakan blogger di blog-blog mereka.

Banyak sekali kelebihan-kelebihan blogger dibandingkan yang lain. Namun perlu diingat kalau mau menggunakan blogger maka harus mematuhi tos dan kebijakan mereka dan jangan melanggar.

Biar bagaimanapun yang lebih baik dan lebih keren daripada blogger juga ada, tetapi itu tidak gratis. Menggunakan wordpress self hosted memang lebih bagus. Namun bagi blogger pemula dan belum punya banyak modal sebaiknya menggunakan blogger aja dulu.

Related posts