Bagaimana Memesan Tiket Kereta Api untuk Pertama Kalinya?

  • Whatsapp
Tiket Kereta Api

Apakah ini adalah pertama kalinya kamu akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api? Apakah kamu bingung mengenai apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan? Di artikel ini, kami ingin memandu kamu yang baru akan pertama kali naik kereta api sebagai moda transportasi yang digunakan. Untuk memudahkan proses kamu baik dalam melakukan pemesanan dan melakukan perjalanan nantinya, hal yang harus kamu persiapkan adalah gadget atau smartphone dan tentunya kartu identitas kamu, bisa berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi). Selain itu, pastikan kamu sudah cukup umur untuk melakukan pemesanan tiket kereta api antar kota ya. Nah, lalu selanjutnya apa lagi yang harus dilakukan? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Install dan buka aplikasi pemesan tiket kereta

Di zaman yang serba canggih ini, kamu tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk melakukan pemesanan tiket kereta. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone di genggaman kamu. Kamu hanya perlu memilih dan menginstal aplikasi pemesan tiket kereta. Ada banyak aplikasi yang menawarkan promo-promo menarik terkait harga tiket kereta. Kamu harus pandai-pandai menyeleksi mana yang menguntungkan ya! 

Nah, setelah aplikasi yang kamu pilih tersebut terinstal di gadget kamu, kamu sudah bisa membuka aplikasi tersebut dan melakukan pendaftaran akun. Kamu tidak akan bisa melakukan pemesanan tiket kereta jika belum memiliki akun di aplikasi tersebut. Oleh karena itu, mendaftarkan akunmu merupakan langkah awal yang sangat penting yang harus dilakukan. Biasanya informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran adalah nama dan nomor kartu identitas yang kamu miliki (KTP/SIM).

Tentukan tujuan dan tanggal perjalanan

Oke, kamu sudah memiliki aplikasi yang terinstal di gadget kamu dan juga proses pendaftaran akunmu sudah beres. Langkah selanjutnya adalah menentukan kemana kamu akan pergi. Jika kamu ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Malang, salah satu kereta api yang mewah dan nyaman yang bisa kamu pilih adalah kereta api Gajayana Eksekutif. Kereta api ini menawarkan rute perjalanan dari Gambir hingga Malang. Untuk memesan tiket kereta api ini, kamu hanya memasukkan nama stasiun asal dan stasiun tujuan. Pilihlah stasiun asal yang lokasinya berdekatan dengan domisili kamu agar jarak dan waktu tempuh dari tempat tinggal kamu ke stasiun tidak begitu jauh dan lama. Nah untuk stasiun tujuan, sebisa mungkin kamu juga memilih stasiun tujuan yang tidak terlalu jauh dari lokasi akomodasi kamu setibanya kamu di tujuan. Semakin dekat jarak antara stasiun tujuan dengan lokasi penginapanmu, maka akan semakin sedikit biaya transportasi yang akan kamu keluarkan untuk itu. Jadi, kamu harus pandai-pandai menentukan strategi ya untuk hal ini ya!

Pilih gerbong dan kursi

Hal yang membedakan jika kamu melakukan pemesanan online dengan pemesanan langsung tiket kereta api di stasiun adalah kamu bisa memilih gerbong dan kursi yang kamu inginkan. Setelah menentukan stasiun awal dan stasiun tujuan perjalanan kamu, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya, yaitu pemilihan gerbong dan kursi kereta. Atas alasan keamanan, kami menyarankan kamu untuk memilih gerbong tengah, sekitar gerbong 4 atau gerbong 5 serta kursi yang juga letaknya berada di tengah-tengah. Selain itu, tempat yang asyik untuk menikmati perjalanan kereta tentunya adalah yang berdekatan dengan jendela! Tempat ini menjadi tempat favorit bagi banyak traveler yang menggunakan kereta. Hal ini dikarenakan kamu bisa melihat pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan berlangsung. 

Melakukan pembayaran

Jika kamu sudah berada di tahap ini, kamu sudah selangkah lebih dekat untuk menyelesaikan proses pemesanan tiket kereta kamu untuk pertama kalinya! Oleh karena kamu melakukan pemesanan secara online, maka pembayaran yang kamu lakukan bisa dilakukan melalui atm atau m-banking. Ada beberapa aplikasi juga yang menawarkan pilihan bagi kamu untuk melakukan pembayaran melalui ritel-ritel yang tersebar di dekat kamu. Kamu hanya perlu memilih yang mana yang lebih mudah bagi kamu. Kami menyarankan untuk melakukan pembayaran lewat atm atau m-banking karena selain mudah, cara ini juga aman dan cepat verifikasinya. 

Jika verifikasi pembayaran telah berhasil dilakukan, kamu akan mendapatkan e-mail terkait pemesanan tiket kereta yang kamu lakukan. E-mail tersebut berisi kode booking pemesanan tiketmu. Pada hari H perjalanan, kode booking yang berisi barcode ini perlu kamu scan di stasiun asal kamu untuk mendapatkan tiket kereta secara fisik. Setelah mendapatkan tiket fisik, kamu sudah bisa masuk ke ruang tunggu kereta dengan sebelumnya menunjukkan tiket dan kartu identitas kamu. Kamu sudah siap melakukan perjalanan. Selamat menikmati perjalanan dengan kereta!

Related posts