Begini Cara Menyusun Strategi Social Media Marketing yang Efektif dan Tepat

Tren yang ada di dunia social media marketing sangat cepat sekali. Untuk bisa menjadi yang paling terdepan, para perusahaan tentunya membutuhkan sebuah strategi social media marketing yang cukup tepat. Tetapi, apakah para perusahaan sudah menerapkan hal yang sudah tepat atau malah belum sama sekali? Kondisi yang satu ini bisa kalian lihat dari bagaimana besar para perusahaan yang asal membuat sebuah strategi untuk urusan socialmediamarketer.

Social media marketing merupakan sebuah proses untuk pemasaran platform dari media sosial seperti misalnya Instagram, Twitter dan juga Facebook. Setiap proses dari social media marketing ini di sesuaikan dengan adanya platform yang memang digunakan sampai apa yang diinginkan bisa tercapai. Selain itu ada pendapat lain tentang pengertian dari social media marketing yaitu proses yang dilakukan untuk bisa menarik perhatian dari banyak orang yang sudah engaged atau terikat dengan adanya sebuah konten yang disajikan.

Jika memang sudah terikat maka kemungkinan besar konten tersebut akan dibagikan oleh banyak orang menjadi lebih besar. Ada beberapa alasan tentang kenapa social media marketing menjadi sangat penting, dan di antaranya yaitu menganalisa kompetitor, mendapatkan sebuah fedback dari suatu produk yang akan dijual, dan juga bisa meningkatkan adanya brand awareness.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat dari social media marketing, tentunya kalian membutuhkan adanya sebuah strategi yang akurat dan juga tepat. Di bawah ini beberapa strategi untuk social media marketing yang bisa kalian praktikkan.

Menentukan Media Sosial yang Akan Digunakan

Menjadikan sebuah sosial media untuk tempat dari pemasaran produk ataupun layanan mempunyai banyak sekali manfaat. Dan salah satu manfaat terbesarnya yaitu bisa menjangkau para masyarakat luas bahkan secara spesifik. Untuk bisa melakukan hal tersebut, di haruskan kalian terlebih dahulu untuk menentukan sebuah platform mana yang cukup tepat untuk nantinya memasarkan konten milik kalian.

Dalam hal menentukan sebuah platform, sebagian besarnya bisa mendapatkan suatu pengaruh yang berasal dari siapa persona yang akan membeli layanan atau produk milik kalian. Dan salah satu contoh yang bisa kalian terapkan yaitu tentang bagaimana para merek yang terkenal di dunia menggunakan Instagram sebagai salah satu media sosial utama mereka untuk marketing.

Riset Persona Pembeli

Lankah kedua yang harus kalian lakukan yaitu menentukan siapa saja persona pembeli. Hal ini sendiri dilakukan agar nantinya kalian bisa memahami siapa kelompok yang akan kalian inginkan dan juga seberapa jauh pengetahuan kalian tenang mereka. Riset sendiri dimulai dengan mengenai sebuah kelompok yang nantinya ingin kalian jadikan sebagai pembeli dan juga mengapa mereka layak untuk menjadi seorang pembeli dari produk atau jasa yang kalian miliki.

Dengan kalian membuat sebuah persona untuk para pembeli, maka secara tidak langsung kalian suah bisa untuk menentukan platform dan juga konten apa yang nantinya akan kalian gunakan untuk bisa menarik perhatian mereka. Pembuatan sebuah konten sendiri ini diakibatkan oleh adanya persona karena memang setiap platform serta konten itu mempunyai karakter dari para penggunanya yang berbeda-beda.

Atur Jadwal untuk Setiap Unggahan

Mengatur sebuah jadwal untuk setiap unggahan kalian ke media sosial itu bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang karena memang sebenarnya media sosial ini sudah memfasilitasi adanya hal tersebut, susah karena kalian tidak bisa mengetahui kapan  saja waktu yang pas untuk melakukannya. Pengaturan jadwal sendiri dilakukan untuk setiap unggahan itu sebenarnya cukup mudah untuk kalian lakukan.

Related posts