Cara dan Tips Mengatur Keuangan Bulanan dengan Simpel

  • Whatsapp
Mengatur Keuangan Bulanan dengan Simpel

Situasi finansial tidak stabil semenjak epidemi Covid-19 menyebar? Kini waktunya kamu mengupdate langkah mengelola keuangan bulanan supaya situasi finansial tidak makin lebih buruk. Ya, turunnya pergerakan perekonomian membuat beberapa orang cemas serta mengkhawatirkan hari esok pekerjaan mereka.

Beberapa antara mereka masih dapat menghela napas lega sebab dapat bertahan, tapi ada pula yang perlu berupaya bertambah keras atau berusaha sebab harus melepas kerjanya. Kamu memiliki hak kuatir hadapi ketidaktetapan, tapi jangan larut kelamaan. Untuk melakukan perbaikan, silahkan kita dalami beberapa tehnik dalam manajemen keuangan di bawah ini!

Tipe Jenis Pengeluaran Keuangan Bulanan

Langkah pertama dalam implikasi langkah mengelola keuangan bulanan ialah mengenali beberapa jenis pengeluaran dalam arus keuangan. Tiap orang memiliki keperluan tidak sama yang membuat jumlah pengeluarannya beragam. Tetapi, ada lima tipe pengeluaran yang umum didapati, diantaranya:

Angsuran serta hutang

Jangan acuhkan angsuran hutang dalam langkah mengelola keuangan bulanan! Keharusan ini akan menempel kepadamu walau sedang dirundung kesusahan semasa epidemi. Dengan penataan uang yang bagus, kamu tidak akan kewalahan waktu harus melunasi bill di waktu susah seperti saat ini.

Untuk berjaga-jaga, tekankan kamu sediakan pengeluaran optimal 30% dari upah masih. Memiliki angsuran serta hutang di atas prosentase itu akan membuat kamu cukup susah bertahan, khususnya jika tidak punyai tabungan genting.

Pengeluaran pola hidup

Punyai hoby baca buku, kulineran, atau melihat konser? Untuk nikmati pola hidup, kamu harus juga mengurus jumlah pengeluarannya. Lantas, kenapa tipe pengeluaran ini ada di posisi paling rendah?

Ini karena kamu dapat tinggalkan hoby untuk sesaat waktu serta tidak akan merasai kerugian besar waktu menggunakan bujetnya untuk kepentingan lain. Mengenai jumlah pengeluaran yang dapat kamu sisihkan ialah optimal 20% dari upah bulanan.

Langkah Mengendalikan Keuangan Bulanan

Apa gajimu tersalurkan untuk ke-5 tipe pengeluaran di atas? Bila jawabannya ya, tapi berasa pendapatanmu tidak dapat memenuhi seluruh keperluan, silahkan kita teruskan ke langkah mengurus keuangan bulanan di waktu epidemi Covid-19.

Hindari pembelian dengan mencicil

Cara angsuran seringkali diambil untuk beli produk mahal, sebutlah saja netbook serta hp. Sebelum Covid-19 masuk di Indonesia, kamu mungkin dapat bayar bill angsuran tanpa ada terhambat keperluan lain. Tetapi, pada langkah mengelola keuangan bulanan ini, kamu dianjurkan untuk hentikan sesaat pembelian dengan skema angsuran.

Kenapa? Sama dengan point awalnya, ketidaktetapan finansial di waktu epidemi tidak akan jamin pendapatanmu terus konstan. Jika gajimu menyusut mencolok, kamu pasti kesulitan buat melunasi bill, kan? Jadi seharusnya kamu menunda dahulu pembelian produk dengan skema angsuran walau kamu menggenggam tabungan.

Pikirkan sumber pendapatan pilihan

Perusahan atau bisnismu mulai labil? Jangan kelamaan menanti, pikirkan selekasnya sumber pendapatan pilihan. Cara ini tidak hanya menolongmu meningkatkan uang untuk menjaga keperluan setiap hari, tetapi menolongmu masih berdasar waktu kamu harus stop kerja atau tinggalkan usaha untuk sesaat waktu.

Ada beberapa kesempatan usaha menjanjikan yang dapat mendukungmu mempraktikan langkah mengelola keuangan bulanan. Diantaranya layanan penjualanbahan baku makanan, fast food, sampai frozen food, atau kamu dapat coba keberuntungan di dunia online yang sekarang semakin ramai, dapat dengan coba mengawali jadi seorang Youtuber.

Cashbac Menolong Kamu Mengendalikan Keuangan Bulanan

Kamu dapat mengelola keuangan kamu agar bertambah irit lagi dengan memakai aplikasi Cashbac, sebab Cashbac bekerja bersama dengan beberapa bank memberi kamu rewards sampai 50%! Jalinan kartu debet atau kartu debet kamu di aplikasi Cashbac untuk nikmati rewardsnya.

Cashbac bisa dipakai untuk beli seluruh keperluan berbelanja bulanan kamu di Alfamart, FamilyMart, sampai Gramedia, ACE Hardware, Informa, serta Drive Thru di McDonald’s.

Belum telat untuk kamu untuk mengurus kembali lagi bujet bulanan supaya sanggup bertahan sampai epidemi Covid-19 usai. Langkah mengelola keuangan bulanan di atas dapat kamu aplikasikan untuk jaga situasi finansial masih pada keadaan baik.

Related posts