Ketika berbicara tentang resep ayam, sulit untuk menyangkal bahwa ada satu hidangan khususnya yang berdiri di atas yang lain contohnya Seperti Canada fried chicken, melemparkan bayangan renyahnya pada makanan yang lebih rendah di mana ia memerintah. Hidangan itu, tentu saja, adalah ayam goreng.

Banyak orang menghindar dari ayam goreng karena masalah kesehatan. Jika ini menggambarkan Anda, kami punya kabar baik. Meskipun kita akan mengakui bahwa ayam goreng pasti tidak boleh menjadi kesenangan harian, kebanyakan orang cenderung melebih-lebihkan jumlah kalorinya. Gram demi gram, ayam goreng hanya sedikit lebih tinggi dari daging sapi baik dalam lemak maupun kalori, dan itu masih lebih tinggi dalam protein dan sebagian besar vitamin dan mineral.

Jika ini tampak menakutkan, jangan khawatir. Anda tidak perlu pangkat militer untuk membuat ayam goreng yang sempurna. Untuk memulai, mari kita pertimbangkan komponen-komponennya:

  1. Tepung

Inilah yang menciptakan kerak, dan berbagai pilihan secara dramatis mempengaruhi tekstur dan rasa. Tepung tua biasa adalah pilihan yang paling umum, tetapi tepung kentang biasanya digunakan dalam ayam goreng gaya, dan tepung jagung sering digunakan dalam gaya Cina.

  1. Rempah rempah.

Tidak ada rahasia di sini. Bumbui tepung sebelum mengeruk ayam menambah rasa dan akan membuat ayam goreng Anda berbeda.

  1. Brining

Bahkan jika Anda biasanya melewatkan langkah brining pada ayam panggang Anda, Anda akan ingin mempertimbangkan kembali ketika datang ke ayam goreng. Ini adalah langkah mudah yang menambah rasa, mengunci kelembapan, dan melunakkan daging. Baik Anda menggunakan garam atau buttermilk, brining dapat membuat semua perbedaan pada ayam goreng.

  1. Daging.

Memilih potongan daging yang tepat adalah penting. Pertimbangkan untuk menggunakan paha ayam tanpa tulang dan tanpa kulit. Tidak hanya dagingnya yang lebih juicier dan lebih beraroma, daging ini juga tahan suhu yang lebih tinggi, yang berarti Anda bisa mendapatkan lapisan yang lebih renyah tanpa mengeringkan ayam Anda.

  1. Memasak.

Meskipun namanya spesifik, ada banyak cara untuk memasak ayam goreng. Selain menggoreng tradisional, ayam goreng dapat dengan mudah dibuat dalam oven, atau melalui kombinasi keduanya.

Bagaimana Cara Membuat Ayam Goreng Klasik?

Langkah 1: Air garam dan rendam ayam

Dalam wadah makanan yang bisa ditutup rapat atau kantong plastik Ziploc, kombinasikan buttermilk secukupnya untuk menutupi ayam, sekitar 4 gelas, dengan bumbu pilihan Anda. Tempatkan potongan ayam di rendaman, segel, dan diamkan selama setidaknya 30 menit. Semakin lama ayam diasinkan, akan semakin lezat rasanya.

Catatan: Tidak yakin bumbu apa yang digunakan? Cobalah campuran cabe rawit, paprika, bubuk bawang putih, garam, dan lada hitam.

Langkah 2: Mengeruk ayam

Tempatkan pati pilihan berpengalaman Anda dalam mangkuk besar dan dangkal. Celupkan potongan ayam Anda ke dalam campuran pengerukan. Jika Anda merasa ingin bertualang, celupkan ayam keruk Anda kembali ke rendaman sisa Anda, lalu kembali ke campuran pengerukan. Ayam keruk ganda goreng enak dan renyah.

Catatan: Jika Anda menyukai kerak yang renyah dan kasar, kami sarankan untuk memasukkan dua sendok makan bumbu per satu cangkir tepung ke dalam campuran pengerukan. Kelembaban tambahan ini akan memberi dimensi pada kerak Anda.

Langkah 3: Panaskan minyak

Dalam oven Belanda, wajan, atau panci kaldu berdinding tebal, panaskan minyak Anda hingga 350 ° F. Pastikan untuk menggunakan minyak yang tahan suhu tinggi tanpa merokok atau terbakar. Minyak kacang dan minyak kanola adalah pilihan umum.

Langkah 4: Goreng ayam

Setelah minyak dipanaskan, turunkan potongan ayam keruk Anda satu per satu. Cobalah untuk bekerja dalam kelompok kecil – ayam yang penuh sesak tidak berwarna coklat secara merata. Biarkan ayam menggoreng sampai bagian bawahnya garing dan cokelat, lalu balik. Setelah ayam berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat dari wajan dan letakkan di atas tisu atau kantong kertas untuk menyerap minyak berlebih. Akhirnya, letakkan di rak kawat untuk dingin dan kering.