Cara Membuat Bawang Merah Goreng

  • Whatsapp
Cara Membuat Bawang Merah Goreng

Cara Membuat Bawang Merah Goreng – Bawang merah goreng selain menjadi tambahan pada sebuah kudapan, bisa dijadikan sebuah lauk untuk kita makan.

Bawang merah goreng bisa menjadi olahan dirumah bahkan menjadi sebuah bisnis. Selain rasanya enak dan gurih, bawang merah sendiri juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bawang Merah

Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak terpenting di dunia, berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan di utara, namun kemudian menyebar di berbagai belahan dunia subtropis dan tropis.

Berupa umbi-umbian yang bisa dimakan mentah, untuk bumbu masak, ketimun, obat tradisional, kulit umbinya bisa digunakan sebagai pewarna dan daunnya juga bisa digunakan untuk campuran sayur.

Cara Membuat Bawang Merah Goreng

Bahan:

  • 250 gram bawang merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh tepung jagung
  • jumlah minyak yang tepat

Cara Membuat Bawang Merah Goreng:

  1. Kupas bawang bombay dan potong tipis-tipis. Anda juga bisa menggunakan mesin pengupas bawang agar lebih mudah.
  2. Cuci bersih untuk menghilangkan sarinya, lalu biarkan mengering.
  3. Campur bawang merah dengan soda kue, garam dan tepung maizena. Campur dengan baik.
  4. Panaskan minyak goreng dalam jumlah besar, lalu panaskan bawang bombay dengan api kecil.
  5. Angkat dari wajan saat bawang goreng sampai menguning. Jangan menunggu bawang goreng menjadi cokelat.

Tips Membuat Bawang Merah Goreng

1. Pilih Bawang Merah yang Berukuran Besar

Jenis bawang bombay yang digoreng akan menentukan hasil akhirnya. Pilih bawang merah yang berukuran besar atau sedang dan masih segar. Selain itu, pastikan bawang merah yang Anda pilih rendah air.

2. Potong Bawang Merah Menjadi Irisan yang Tipis

Usahakan bawang merah dipotong sesuai ketebalannya, jangan terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal. Bawang yang dipotong terlalu tebal akan membuatnya lembek. Anda juga bisa menggunakan alat pengiris atau pengiris bawang, yang lebih nyaman, untuk mendapatkan irisan yang tipis dan rata.

3. Rendam dalam Air Garam

Sebelum menggoreng, campurkan satu sendok makan garam dengan satu liter air dan biarkan bawang terendam selama kurang lebih 30 menit. Bumbunya air garam membuat rasa bawang lebih gurih dan teksturnya lebih renyah.

4. Taburi Tepung Maizena

Jika bawang goreng sudah direndam dalam air asin, taburkan tepung maizena di atasnya agar bawang goreng terasa lebih renyah. Cukup tambahkan satu sendok makan tepung maizena ke dalam satu kilogram bawang merah dan diamkan selama beberapa menit.

5. Bawang Kering

Letakkan bawang goreng secara merata di atas wadah dan diamkan selama satu atau dua jam. Cara ini dapat mengurangi kadar air pada bawang merah dan membuat tekstur bawang goreng menjadi renyah.

6. Goreng Sampai Berwarna Keemasan

Gunakan banyak minyak saat menggoreng agar bawang benar-benar terendam. Selain itu, gunakan api kecil agar tidak cepat terbakar.

Jangan lupa mengaduk bawang goreng agar matang merata. Tiriskan segera setelah bawang goreng berubah menjadi keemasan karena sisa panas dalam minyak dapat memasaknya.

7. Tiriskan Bawang Merah

Setelah bawang bombai siap, jangan buru-buru meletakkannya di atas kertas minyak. Minyak yang dibasahi kertas akan membuat bawang merah menjadi basah dan tidak garing. Alih-alih, tiriskan sampai berkurang kandungan minyaknya.

Demikian ulasan mengenai cara membuat bawang merah goreng, kalian bisa mempraktikkan dirumah sebagai tambahan pada kudapan, lauk makan, bahkan jika berkenan bisa jadi peluang bisnis. Selamat mencoba dan bermanfaat.

Related posts