Cara Memulai Bisnis Event Organizer

  • Whatsapp
Bisnis Event Organizer

Event Organizer adalah satu yang memberikan jasa yang untuk mengorganisir satu acara tertentu. Dengan adanya event organizer yang akan membuat acara tidak lagi bingung untuk masalah mengurus acaranya. Dengan berlandaskan pada kepercayaan, maka akan mengarah pada pengelolaan sebuah acara yang terorganisir, dinamis, dan praktis.

Peluang Usaha Event Organizer:

Sedikitnya ada 2 hal yang membuat bisnis ini makin menjanjikan :

  1. Orang-orang di kantor semakin sibuk mengejar target pekerjaan. Seorang yang bekerja lebih memilih event organizer untuk mempersiapkan suatu acara dari pada harus kehilangan fokus di pekerjaan. Hal inilah yang membuat event organizer makin laris manis.
  2. EO yang berpengalaman bisa menekan harga karena sudah punya kenalan untuk membeli barang/jasa persiapan acara. Ia juga tahu acara seperti apa yang diinginkan oleh masing-masing tipe penyelenggara. Hal tersebut menjadi alasan kenapa EO makin dicari.

Di atas hanyalah salah satu contoh yang dikelola oleh event organizer. Dan teman-teman bisa cek di sini tentang event organizer outing kantor.

Cara Memulai Bisnis Event Organizer:

Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.

  • Pengalaman

Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal remeh. Apabila belum punya pengalaman teman-teman bisa ikut EO lain dulu. Teman-teman juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini. 7 Hal berikutnya yang akan kita bahas juga harus diperdalam melalui pengalaman.

Anda harus merelakan diri untuk menggali pengalaman dari orang lain. Kesuksesan jangka panjangmu diawali dar sini. Bisnis ini akan  mengatur catering, hotel, toko bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan pengalaman.

Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.

  • Tim Khusus yang Solid

Membuat acara adalah kerja tim. Kreativitas juga hasil diskusi tim. Anda hanya punya 2 tangan, itu tidak cukup untuk memegang semuanya. Tidak mungkin sebuah acara dipegang satu orang. Setidaknya anda butuh penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan pengatur dana. Apabila acara yang di pegang oleh event organizer semakin besar acaranya maka akan semakin besar lagi kebutuhan tim yang solid agar memunculkan ide yang bagus, karena tim yang solid akan menghasilkan suasana kerja yang mengasyikan.

  • Relasi/Kenalan sebanyak-banyaknya

Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting agar persiapan acara anda mudah dan cepat Relasi juga memungkinkan kita mendapat lebih banyak client. Mereka bisa merekomendasikan jasa anda. Kualitas acara yang bagus adalah cara yang ampuh untuk melipatgandakan relasi.

  • Modal Uang

Total uang yang kita butuhkan untuk memulai bisnis ini bergantung cara kita menjalankan bisnis. Jika kita ingin penyelenggara membayar di muka, sudah pasti jumlah yang kita butuhkan sedikit. Paling sekitar 5 Juta.

Namun jika penyelenggara membayar separuh saja di muka, atau bahkan dibayar semuanya di belakang. Siapkan kocek yang lebih dalam. ini tentu sangat jauh berbeda dengan bisnis air isi ulang. silahkan saja bandingkan.

  • Kreativitas

Jaman terus berganti, teman-teman wajib mengetahui apa yang diinginkan pasar saat ini. Kreativitas tim anda sangat penting disini. Teman-teman juga harus update informasi terbaru.

Related posts