Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor Diva Press, Nih Langkah Praktis dan Syaratnya!

  • Whatsapp
Cara menerbitkan buku

Cara menerbitkan buku secara konvensional salah satunya dengan mengirim ke penerbit mayor. Dengan begitu, Anda dapat berkompetisi dengan para calon Penulis lain. Apakah karya Anda layak untuk dipublikasikan atau tidak. Selain itu, melatih diri Anda untuk berjuang secara serius agar mampu lolos ke meja redaksi.

 Pasalnya, jika Anda dapat lolos menerapkan cara menerbitkan buku di penerbit mayor maka juga lebih mudah untuk dikenal. Akan lebih gampang untuk membangun branding atas nama pena Anda.

 Selain itu, sistem penerbitan ini membuat Anda lebih fokus menulis dan berkarya saja. Karena, semua promosi dan distribusi sudah diurus oleh penerbit. Nah, salah satunya Anda dapat mencoba kirim naskah ke Diva Press.

 Nih Langkah-Langkah Menerapkan Cara Menerbitkan Buku di Diva Press!

Cara menerbitkan buku di penerbit mayor Diva Press, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Entah mengirim naskah berupa buku fiksi maupun non fiksi. Beberapa diantaranya seperti buku bergenre semi ilmiah ataupun sastra. Misalnya novel, teenlit, buku popular, buku pelajaran atau teori, motivasi, dan sejenisnya. So, langsung saja berikut langkah-langkahnya Guys!

  1. Wajib membuat dan mencantumkan sinopsis untuk naskah bergenre sastra seperti novel dan teenlit. Isi dan sinopsis ditulis dalam file terpisah.
  2. Naskah berjenis novel memiliki jumlah halaman minimal 250 sampai 400. Menggunakan format penulisan font Times New Roman, ukuran 12, kertas A4, top 4 cm, bottom 3 cm, left 4 cm, right 3 cm, spasi 1.5.
  3. Naskah novel khusus anak SD – SMP sejumlah 50 sampai 100 halaman. Sedangkan, untuk anak TK sampai 3 SD dengan ketebalan 50 halaman.
  4. Selanjutnya, untuk naskah teenlit minimal 180 sampai 220 halaman. Menggunakan format penulisan font Times New Roman, ukuran 12, kertas A4, top 4 cm, bottom 3 cm, left 4 cm, right 3 cm, spasi 1.5.
  5. Sedangkan untuk naskah non fiksi (Buku agama, pelajaran, teori, dan sejenisnya) dengan ketentuan wajib mencantumkan Daftar Isi dan Keunggulan Naskah. Pastikan ditulis secara terpisah dari Isi naskah.
  6. Naskah non fiksi tersebut minimal memiliki ketebalan 150 sampai 250 halaman. Menggunakan format penulisan font Times New Roman, ukuran 12, kertas A4, top 4 cm, bottom 3 cm, left 4 cm, right 3 cm, spasi 1.5.
  7. Pengiriman naskah bisa melalui email, print out via pos atau mengirim sendiri ke kantor.
  • Bila mengirim naskah melalui email dengan ketentuan:

Judul email menggunakan format =

Penawaran Naskah + Judul Naskah (Kode naskah).

Contoh = Penawaran Naskah “Membusuk di Dalam Surga” (Nv).

Kiriim ke alamat email = [email protected]

  • Jika Anda mengirim naskah dalam bentuk print out baik melalui pos maupun mengantar langsung ke kantor redaksi, maka dengan ketentuan sebagai berikut:

Tulis judul naskah dan kode pada amplop sebelah sudut kanan, menggunakan format =

Penawaran Naskah + Judul Naskah (Kode naskah).

Contoh = Penawaran Naskah “Membusuk di Dalam Surga” (Nv).

8. Beberapa kode naskah sebagai berikut:

  • (Nv) : Kode khusus naskah berupa Novel
  • (Teen) : Kode naskah untuk Teenlit
  • (U) : Kode naskah untuk buku bergenre non fiksi umum seperti buku psikotes, pelajaran atau teori, traveling, dan sejenisnya.
  • (Ag) : Kode naskah khusus untuk buku agama Islam.
  • (An) : Kode untuk naskah berupa buku anak-anak.

9. Keterangan terkait konfirmasi naskah seperti berikut:

  • Konfirmasi terkait penerimaan atau penolakan atas naskah akan dihubungi paling lama satu bulan, terhitung sejak naskah sampai di meja redaksi.
  • Naskah yang lolos akan diterbitkan, dan diedit terlebih dahulu oleh staf redaksi yang berwenang di Diva Press.
  • Jika naskah print out Anda ditolak, maka penerbit tidak akan menggunakan maupun mengirimkan ke Penulis. Namun, Penulis boleh mengambil sendiri naskah ke kantor dengan estimasi waktu tidak lebih dari satu minggu setelah pengumuman atas ditolaknya karya.
  • Naskah yang ditolak oleh penerbit tidak diterbitkan dan akan dibuang, untuk menghindari penyalahgunaan.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang cara menerbitkan buku di penerbit mayor Diva Press. Dengan langkah-langkah di atas, maka dapat memudahkan Anda untuk mengirim naskah yang sesuai dengan persyaratan dari penerbit. Dengan begitu, karya Anda bisa masuk kriteria dan berharap lebih gampang diterima oleh redaksi. Tentunya, agar secepatnya diterbitkan menjadi buku dan didistribusikan kepada pembaca. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih.

Related posts