Jika AC mobil Anda tidak menghembuskan udara dingin, Anda mungkin perlu mengisi ulang unit AC. Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel ac mobil, tetapi Anda akan membayar untuk layanan ini. Dengan alat yang tepat dan perawatan, Anda dapat mengisi ulang unit pendingin udara mobil Anda sendiri dan menghemat uang juga. Panduan ini menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya.

Pertama, Anda harus mencari tahu jenis pendingin apa yang digunakan mobil Anda. Cara terbaik untuk menentukan ini adalah dengan memeriksa manual pemilik atau perbaikan mobil Anda. Jika mobil Anda diproduksi setelah 1994, ia menggunakan pendingin R134. Mobil yang lebih tua menggunakan pendingin R12, yang tidak lagi diproduksi. Untuk membuat AC bekerja pada kendaraan pra-1994, pertama-tama Anda harus membawanya ke service ac mobil dan mengubahnya untuk menggunakan R134.

Anda juga harus memeriksa kebocoran sistem AC Anda sebelum memulai. Sistem pendingin udara yang bocor tidak dapat mendingin seefisien mungkin, menjalankannya tanpa pendingin yang cukup dapat menyebabkan kerusakan permanen (dan mahal).

Membeli Refrigerant

Untuk mengisi ulang sistem AC, Anda perlu refrigeran bertekanan dan pengukur tekanan untuk melacak berapa banyak yang ada di sistem. Ada banyak alat isi ulang AC berbeda yang bisa Anda beli, tetapi kebanyakan untuk mekanik profesional dan cukup mahal. Untuk keperluan mengisi ulang mobil keluarga Anda, kit isi ulang AC all-in-one cukup memadai. Kit ini terdiri dari kaleng R134 dan pengukur tekanan bawaan. Mereka bekerja dengan baik dan mudah dimengerti, bahkan untuk seseorang yang tidak memiliki pengalaman dengan AC. Anda dapat membeli kit isi ulang AC di toko mobil lokal Anda.

Mempersiapkan Kit Isi Ulang

Saat Anda membongkar kit Anda, Anda akan menemukan sekaleng refrigeran, selang karet fleksibel, dan pengukur tekanan. Ikuti instruksi dalam paket untuk memasang bagian pengukur tekanan kit. Biasanya, selang sudah terpasang ke pengukur. Sebelum Anda memasang pengukur ke kaleng pendingin, pastikan untuk memutar pengukur berlawanan arah jarum jam sampai berhenti.

Ada pin di dalam rakitan yang menembus kaleng refrigeran setelah semuanya terpasang rapat. Pin ini dikendalikan dengan memutar pengukur searah jarum jam hingga menembus kaleng. Tetapi Anda tidak ingin melakukan ini sampai Anda siap, jadi pastikan untuk mendukungnya sebelum Anda mengumpulkan semuanya.

Merakit Kit Pengisian Daya

Dengan pin penusuk ditarik dengan aman, pasang pengukur tekanan dan kit. Pasang selang karet ke pengukur tekanan dan kencangkan. Ini juga saat yang tepat untuk mengkalibrasi alat ukur, yang merupakan prosedur dasar. Di bagian depan alat ukur, Anda akan melihat suhu yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan adalah memutar tombol kalibrasi ke suhu luar, yang dapat Anda periksa dengan termometer cuaca kuno atau aplikasi cuaca di ponsel Anda. Jika anda tidak caranya, maka anda bisa langsung datang ke tempat bengkel ac mobil terdekat anda.

Bagaimana Cara Mengisi Ulang AC Mobil?

Menemukan Port Tekanan Rendah

Sistem pendingin udara Anda memiliki dua port, tekanan rendah dan tekanan tinggi. Anda akan mengisi ulang AC Anda melalui port bertekanan rendah. Anda harus berkonsultasi dengan manual pemilik Anda untuk memastikan, tetapi kendaraan Anda akan memiliki penutup port tekanan. Satu tutup diberi label “H” (untuk tekanan tinggi) dan yang lain diberi label “L” (untuk rendah). Sebagai langkah pengamanan lebih lanjut, port-port ini memiliki ukuran yang berbeda, sehingga Anda secara fisik tidak dapat memasang pengukur tekanan atau selang ke port yang salah.

Bersihkan Port Tekanan Rendah

Puing-puing yang masuk ke kompresor dapat menyebabkan kompresor gagal sebelum waktunya, yang bisa mahal untuk diperbaiki. Agar aman, bersihkan bagian luar port bertekanan rendah sebelum Anda melepas tutupnya, dan kemudian kembali setelah tutup dilepas. Ini mungkin terlihat seperti pembunuhan yang berlebihan, tetapi satu butir pasir dapat merusak kompresor.

Menguji Tekanan

Sebelum memasang selang, Anda harus memutar pengukur searah jarum jam hingga berhenti dengan kencang. Tindakan ini menyegel pengukur agar Anda dapat dengan aman memasangnya ke porta AC. Dengan port dibersihkan, Anda siap untuk memasang selang karet yang menghubungkan mobil ke pengukur tekanan. Selang menggunakan mekanisme kait cepat dan sederhana. Untuk memasang selang ke port bertekanan rendah, tarik bagian luar fitting kembali, geser ke atas port, lalu lepaskan.

Sekarang, nyalakan mesin dan nyalakan AC. Lihatlah pengukur dan Anda akan melihat berapa banyak tekanan sistem Anda membangun. Berikan waktu beberapa menit untuk meningkatkan dan menyamakan kedudukan, maka Anda dapat membaca dengan akurat.