Cara Perawatan Pasca Stroke di Rumah yang Tepat

  • Whatsapp
Perawatan Pasca Stroke

Stroke merupakan penyakit yang penderitanya perlu melakukan perawatan yang berkelanjutan. Sehingga berbagai terapi stroke perlu dilakukan dalam waktu yang sering dan juga membutuhkan waktu yang lama. Perawatan pasca stroke sendiri tidak hanya memerlukan bantuan dari profesional dan dilakukan di rumah saja. Akan tetapi Anda bisa untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan di rumah. Oleh karena itulah keluarga perlu untuk terlibat untuk memberikan perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Adapun berbagai cara perawatan yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah adalah:

  • Mengajak pasien untuk bergerak

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak pasien bergerak. Ketika terserang stroke hal tersebut membuat otot pasien menjadi kaku dan juga tidak bisa untuk digerakkan. Sehingga hal tersebut akan membuat pasien tidak bisa bergerak seperti sebelum terkena stroke. Fisioterapi yang dilakukan akan mempunyai tujuan agar pasien bisa bergerak yang memudahkan hal yang perlu dilakukan. Sehingga hal tersebut bisa juga dibantu di rumah dengan mengajak pasien untuk bergerak. Keluarga bisa untuk melatih anggota gerak pasien sehingga tidak membuat sendi dan juga otot kaku. Lakukan hal ini secara rutin sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan juga mencegah tubuh menjadi lemah dan kaku.

  • Melatih berjalan dan menelan

Hal selanjutnya yang bisa menjadi perawatan yang diberikan di rumah adalah dengan melatih untuk berjalan dan juga menelan. Hal ini merupakan latihan yang sangat penting untuk perawatan bagi penderita stroke. Sehingga akan dapat untuk melakukan hal dasar yaitu berjalan dan juga menelan makanan yang dikonsumsi. Maka Anda juga bisa untuk membantunya untuk melakukan berbagai gerakan yang dapat untuk membantunya berjalan dan menelan. Seperti dengan melatihnya untuk duduk dengan tegak yang akan memudahkan untuk menelan. Selain itu juga bantu untuk berjalan untuk memudahkan pasien agar lebih mandiri.

  • Mengajak bicara

Pasien stroke juga akan kehilangan kemampuan untuk berbicara. Sehingga di rumah juga perlu untuk aktif untuk diajak berbicara. Hal tersebut akan dapat untuk membantunya untuk dapat berkomunikasi dengan lancar. Ajaklah pasien untuk berbicara dengan pelan dan juga lancar. Selain itu juga latih intonasi suaranya agar tidak tinggi. Anda juga perlu sabar apabila pasien masih terbata-bata karena perlu waktu untuk dapat bisa berbicara dengan lancar.

  • Latih kesehatan otak

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan melatih kesehatan otak. Anda bisa untuk membantu pasien untuk melatih otaknya. Seperti dengan selalu memberikan informasi kecil mengenai hari, waktu, nama, dan juga wajah dari orang-orang sekitar. Hal ini akan membantu otaknya tetap aktif dan menerima informasi untuk membuat pemulihan menjadi cepat.

  • Hindari menggunakan kasur empuk

Hal lainnya yang dapat diperhatikan ketika memberikan perawatan untuk pasien stroke di rumah adalah dengan menghindari untuk memberi kasur empuk. Menggunakan kasur empuk tentu saja akan membuat menjadi lebih nyaman. Akan tetapi hal ini mempunyai kekurangan karena dapat membuat ototnya menjadi lemah. Oleh karena itulah konsultasikan dengan dokter mengenai jenis kasur yang tepat untuk pasien.

  • Menciptakan lingkungan yang aman

Tips terakhir yang bisa diperhatikan ketika melakukan perawatan pasca stroke di rumah adalah dengan menciptakan lingkungan yang aman. Seperti misalnya hindarkan barang yang berbahaya karena dapat melukainya dengan mudah. Selain itu juga bisa untuk meletakkan barang yang dibutuhkan untuk mudah dijangkau. Hindari area kamar mandi licin dan selalu bersihkan rumah.

Related posts