Cara Promosi dan Pemasaran yang Baik di Media Sosial

  • Whatsapp
Cara Promosi dan Pemasaran yang Baik di Media Sosial

Tips Promosi di Media Sosial untuk Meningkatkan Keuntungan

Ada banyak tanggal-tanggal menarik untuk berpromosi, contohnya promo Black Friday Hosting yang diadakan setelah perayaan Thanksgiving. Di Indonesia juga ada tanggal-tanggal spesial untuk mengadakannya, contohnya seperti hari raya Idul Fitri, Natal, Harbolnas (Hari Belanja Nasional), dan lainnya.

Silahkan pilih salah satu tanggal untuk berpromosi. Lalu cari media untuk berpromosi, salah satunya media sosial. Saat ini media sosial menjadi salah satu platform promosi dan pemasaran yang efektif di dunia digital marketing.

Kenapa Harus Promosi di Media Sosial?

Ada beberapa alasan kenapa media sosial menjadi salah satu platform terbaik untuk promo maupun pemasaran. Berikut sudah kami rangkum apa saja alasan-alasannya.

  1. Menawarkan Metode Promosi Gratis

Saat ini, kualitas layanan iklan berbayar di media sosial seperti Instagram dan Facebook tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menjangkau ribuan audiens tertarget yang berpotensi menjadi customer melalui media sosial.

Meski begitu, hingga saat ini media sosial juga bisa menjadi platform promosi gratis untuk para pelaku usaha. Cocok juga untuk pelaku bisnis UKM yang belum punya budget besar untuk berpromosi.

  1. Menjangkau Audiens di Seluruh Indonesia

Media sosial juga cocok untuk membantu Anda memperluas jaringan pemasaran. Pasalnya, promosi dan pemasaran Anda di media sosial bisa menjangkau seluruh penggunanya yang ada di berbagai daerah.

Hal ini tentu sangat membantu para pelaku usaha yang berniat untuk menjual produk maupun jasanya ke seluruh daerah di tanah air.

  1. Jumlah Pengguna yang Fantastis

Indonesia adalah salah satu pengguna media sosial terbesar di dunia. Sebut saja seperti Facebook dan Instagram yang merupakan dua media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di tanah air.

Semakin banyak penggunanya, maka semakin mudah untuk menjaring customer baru atau audiens tertarget. Produk atau jasa Anda pun berpeluang dikenal oleh banyak orang melalui promosi di media sosial.

  1. Efektif untuk Menjaring Audiens Tertarget

Anda bisa menjaring audiens tertarget secara mudah di media sosial. Audiens tertarget adalah orang atau pengguna media sosial yang sedang membutuhkan atau mencari produk maupun jasa yang Anda jual.

Dengan begitu, promosi yang Anda lakukan berpotensi untuk mendatangkan customer dan penjualan.

Baca Juga: Beberapa Jenis Media Digital Penunjang Transaksi Online

Cara Promosi dan Pemasaran di Media Sosial

Pada dasarnya, promosi dan pemasaran melalui media sosial tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan, pemula yang baru terjun di dunia digital marketing pun bisa langsung melakukannya. Berikut kami jelaskan cara-caranya.

  1. Menentukan Tanggal Promo yang Tepat

Pemasaran bisa Anda lakukan kapan saja. Namun untuk event promosi, Anda harus menentukan tanggal terlebih dahulu. Pasalnya, promosi memerlukan persiapan yang matang.

Anda juga bisa memanfaatkan tanggal-tanggal khusus seperti hari raya, natal, harbolnas (hari belanja nasional), dan lainnya.

  1. Membuat Desain Promosi

Berpromosi di media sosial tidak hanya sekedar membuat caption atau tulisan yang menarik saja. Selain tulisan, Anda juga harus membuat desain khusus di event tersebut. Buat desain bagus seperti brosur yang berbentuk file digital seperti JPEG.

Desain brosur yang menarik akan memberikan nilai tambah pada promosi Anda. Masukkan juga informasi promosi pada brosur yang Anda buat. Contohnya “Diskon 90% Menjelang Lebaran”.

  1. Buat Tulisan Caption yang Menarik

Gambar promo hanya akan menjelaskan detail event secara singkat. Lengkapi informasi event Anda pada caption. Buatlah tulisan yang menarik dan juga bisa menjelaskan secara detail terkait event promosi yang Anda selenggarakan.

Selain untuk promosi, caption juga bisa digunakan untuk pemasaran. Caption akan membantu audiens Anda untuk mengetahui detail terkait pemasaran dan promosi yang sedang Anda lakukan.

  1. Posting Event Promo

Sebagai pengguna media sosial, kita bisa memposting apapun dan kapan saja. Silahkan Anda posting event tersebut sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar untuk mengoptimalkan promosi. Namun, bagi yang tidak punya budget lebih untuk iklan berbayar, Anda bisa mempromosikannya secara gratis saja.

Baca Juga: Penafsiran Web Hosting, Wajib Anda Ketahui Jenis dan Fungsinya!

Tips Promosi dan Pemasaran di Media Sosial

Promosi bisa mendatangkan angka penjualan yang tinggi untuk bisnis Anda jika dilakukan dengan benar. Terlebih media sosial merupakan salah satu platform yang memiliki jumlah user yang banyak.

Untuk mengoptimalkannya, berikut kami sudah merangkum tipsnya untuk Anda.

  1. Hindari Membuat Konten yang Monoton

Konten promosi maupun pemasaran harus Anda variasikan sesuai kebutuhan. Hindari pembuatan kontan yang sama secara terus menerus. Buatlah konten yang berbeda-beda, khususnya saat melakukan pemasaran.

Kata-kata pun harus menarik perhatian audiens. Hal ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness pada kegiatan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Gunakanlah konten yang fresh dan unik. Terutama konten-konten event seperti Black Friday Hosting, promo hari raya, dan lainnya. Karena banyak perusahaan yang memanfaatkan event tersebut untuk berpromosi. Maka dari itu, promosi Anda harus tampil beda.

  1. Menggunakan Media Gambar yang Kreatif

Dalam promosi maupun pemasaran di media sosial, gambar memiliki peranan yang sangat penting. Buatlah desain yang menarik untuk gambar promosi yang akan Anda posting di media sosial.

Media gambar dapat membantu event promosi dan pemasaran Anda menjadi lebih menarik. Pasalnya, gambar dapat memancing emosi para audiens. Alasannya karena, manusia merupakan makhluk yang visual.

Jika Anda tidak bisa membuat desain yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa desain profesional. Atau bisa juga dengan merekrut desainer untuk bekerja menjadi graphic designer di perusahaan Anda.

  1. Menggunakan dan Memilih Hashtag yang Tepat 

Hashtag akan membantu promosi dan pemasaran di media sosial menjadi lebih optimal. Anda bisa menjaring audiens tertarget dengan memilih hastag yang tepat.

Contohnya untuk toko online yang menjual sepatu, carilah hastag yang berkaitan dengan produk Anda. Misalnya seperti hastag #sepatumurah, #sepatubranded. #sepatudiskon, dan lainnya.

Carilah hashtag yang populer. Silahkan Anda lakukan riset hashtag terlebih dahulu sebelum menentukannya. Selanjutnya silahkan Anda gunakan hashtag secukupnya.

  1. Pastikan Anda Aktif dan Responsif

Tidak jarang audiens yang tertarik dengan event promo Anda yang meninggalkan komentar pada postingan yang Anda buat. Pastikan Anda merespon semua audiens yang berkomentar. Tujuannya yaitu untuk mengapresiasi respon komentar mereka.

Komentar Anda bahkan sangat diharapkan oleh audiens yang berkomentar. Terutama jika audiens tersebut bertanya terkait detail event yang tidak mereka mengerti dan ingin segera mendapatkan jawaban dari Anda.

Kesimpulan

Promosi merupakan upaya untuk menjaring customer baru dan meningkatkan loyalitas customer lama. Selain itu, promosi juga berpotensi untuk meningkatkan penjualan. Melalui platform media sosial, kini Anda bisa melakukan promosi maupun pemasaran dengan biaya yang relatif murah dan bahkan gratis.

Demikian penjelasan seputar tips memaksimalkan promosi dan pemasaran di media sosial, contohnya pada event seperti Black Friday Hosting. Selain itu, tips di atas juga bisa dimanfaatkan untuk promosi dan pemasaran Anda sehari-hari.

Related posts