Deposito, Peluang Investasi Terbaik untuk Pemula

  • Whatsapp
Deposito, Peluang Investasi Terbaik untuk Pemula

Kaum milenial masih banyak yang belum tahu apa itu deposito, kegunaan serta fungsinya. Padahal usia diatas 25 tahun sebaiknya berpikir jangka panjang, tidak hanya tabungan atau sekedar kebutuhan. Agar nantinya di usia lanjut tidak hanya bergantung pada uang pensiun. InvestBro.id ingin memberi keterangan lebih lanjut tentang deposito, dengan maksud mengedukasi milenial agar sadar berinvestasi.

Apa itu Deposito?

Deposito adalah rekening bank berjangka dengan bonus bunga pada kurun waktu tertentu. Uang harus tetap berada di rekening selama jangka waktu tertentu sehingga nantinya Anda mendapatkan suku bunga dari bank. Deposito berjangka menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada jenis tabungan biasa. Semakin lama nasabah menyimpan uang, maka semakin tinggi suku bunga yang akan didapatkan di masa yang akan datang. Nama lain untuk jenis investasi ini adalah deposito berjangka yang bisa Anda pelajari di InvestBro.id.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka tersedia pada semua bank, credit union, atau lembaga keuangan lainnya. Suku bunga deposito berjangka menawarkan berbagai macam suku bunga tergantung perusahaan bank dan jenis deposito yang dipilih. Pada dasarnya deposito adalah rekening tabungan yang dibuka dengan akta perjanjian bahwa pemiliknya tidak akan menyentuh uang untuk jangka waktu tertentu. Nasabah bisa memilih waktu bulanan hingga tahunan sampai deposito bisa diambil.

Penalti atas Penarikan Awal

Pemilik deposito boleh saja menarik uang yang ia miliki, tetapi nasabah harus tahu konsekuensi yang ia tanggung. Syarat-syaratnya ada dalam cetakan kecil yang diterima saver saat membuka akun.

Nasabah dapat memperoleh tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi dengan rekening deposito berjangka daripada yang tersedia di rekening tabungan standar atau rekening giro yang berbunga. Pengembalian yang lebih baik ditawarkan karena dana tetap terkunci hingga tanggal jatuh tempo rekening yang dibuat.

Keuntungan memiliki saldo deposito berjangka

Jika Anda ingin menabung dalam waktu jangka panjang tetapi ingin rendah risiko, rekening deposito mungkin tepat untuk Anda. Dengan deposito berjangka, Anda mengalokasikan sejumlah uang untuk jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga yang sesuai selama jumlah tersebut tidak dapat ditarik. Deposito juga diasuransikan oleh perusahaan sehingga Anda dapat yakin bahwa uang Anda ada di tempat yang aman.

Sebagian besar deposito berjangka memiliki periode investasi mulai dari 30 hari hingga 1 tahun, sementara varian jangka panjang lainnya dapat bertahan selama 2 tahun ke atas artinya sangat ideal untuk seseorang yang ingin mendapatkan modal untuk bisnisnya sendiri. Meskipun investasi tradisional seperti emas dan properti dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi, deposito berjangka tidak memerlukan usaha setelah setoran awal Anda dilakukan. Singkatnya, deposito berjangka memberi Anda keuntungan yang lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa dengan risiko yang jauh lebih kecil daripada investasi. Karena uang Anda akan terkunci selama jangka waktu tertentu, bahkan terlindungi dari diri Anda sendiri untuk membelanjakan barang yang tidak perlu.

  1. Resikonya rendah. Deposito berjangka memastikan uang Anda akan menghasilkan bunga dengan suku bunga tetap, untuk jangka waktu sesuai perjanjian. Kecil kemungkinan uang Anda akan terpakai.
  2. Biaya maintenance yang murah. Setelah Anda mengunci uang tunai dalam setoran berjangka, tidak banyak yang dapat Anda lakukan sampai jangka waktunya habis. Artinya Anda merencanakan anggaran yang jauh lebih hemat.
  3. Bebas biaya. Salah satu hal terbaik tentang deposito berjangka adalah selama Anda tidak melakukan penarikan lebih awal, artinya semua bebas biaya.
  4. Terlindungi dari keterpurukan di pasar. Suku bunga tetap pada deposito berjangka artinya tabungan Anda akan tetap mendapatkan tingkat bunga yang sama meski suku bunga pasar turun satu mil per menit.
  5. Kontrol pengeluaran impulsif. Apakah Anda seorang pemboros kompulsif? Setelah uang Anda berada dalam deposito berjangka, hukuman yang berat akan diberlakukan jika Anda mengeluarkannya lebih awal, sehingga sebenarnya dapat membantu mengurangi kebiasaan belanja yang buruk.

Related posts