Hal yang Dapat Menyebabkan Mimpi Buruk Terjadi

  • Whatsapp

Bermimpi yang buruk seperti mimpi digigit ular, meninggal, kecelakaan atau mimpi lainnya pastinya bisa terjadi kepada anak-anak hingga orang dewasa. Datangnya mimpi buruk ini tidak bisa kita prediksi.

Mimpi buruk ini terjadi pasti ada sebabnya, jika terus di biarkan mimpi buruk ini bisa jadi hal yang cukup serius karena bisa mengganggu kesehatan mental. Pada kesempatan kali ini mari kita ketahui beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami mimpi buruk.

  • Stress

Siapapun pasti pernah merasakan stress, keadaan yang satu ini memang cukup sering muncul jika seseorang mengalami sebuah masalah baik di rumah maupun di tempat kerja. Tapi selain itu stress ini juga bisa terjadi karena adanya sebuah perubahan yang cukup besar pada hidup seseorang. Salah satu contohnya seperti meninggalnya oang yang disayang. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu pemicu dari terjadinya mimpi buruk, hal ini karena orang tersebut merasa trauma dan juga sedih atas hal tersebut makanya dia merasa khawatir hingga stress.

  • Gangguan mental

Mimpi buruk juga bisa mendatangi Anda jika Anda sedang mengalami gangguan mental seperti skizofrenia, bipolar, dan depresi. Jika Anda mengalami gangguan mental pastinya suasana hati Anda menjadi buruk. Mimpi buruk bisa mendatangi Anda jika Anda terus terus memikirkan masalah secara berlarut-larut. Mimpi buruk ini sering terjadi pada malam hari.

  • Kurang tidur

Saat Anda dalam kondisi kurang tidur, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab dari datangnya mimpi buruk ketika Anda tertidur. Terlebih jika pola tidur Anda memang sudah sangat berantakan. Pola tidur ini pastinya dipengaruhi oleh perubahan aktivitas harian jadi Anda tidak mendapatka waktu istirahat yang cukup. karena waktu istirahat kurang maka mimpi buruk pun akan terjadi. Bukan hanya itu saja Anda juga bisa menderita insomnia.

  • Penggunaan obat-obatan

Ada beberapa jenis obat- obatan yang bisa memicu Anda mengalami mimpi buruk, hal ini menurut Mayo Clinic. Obat-obat tersebut diantaranya adalah obat untuk tekanan darah tinggi, obat untuk membantu berhenti dari roko, beta blockers dan juga antidepresan. Obat yang di resepkan oleh dokter juga tetap bisa memjadi penyebab dari mimpi buruk, jadi semua jenis obat yang memang bekerja untuk mempengaruhi sistem saraf bisa menjadikan Anda bermimpi buruk.

  • Konsumsi alkohol

Saat Anda memiliki kebiasaan yang buruk seperti mengkonsumsi alcohol hal ini memiliki potensi untuk merusak otak. Bukan hanya bisa merusak otak saja, tapi saat Anda tertidur juga hal ini bisa menyebabkan mimpi buruk. Dengan mengkonsumsi alcohol secara berlebihan hal ini bisa tidak mengontrol tidur Anda. Efek yang diberikan dari alcohol ini bisa membuat Anda merasa bingung dan membuat siklus tidur jadi tidak benar. Jadi Anda akan sulit untuk tidur nyenyak. Efek mimpi buruk dari minum alcohol ini bisa terus terusan terjadi kepada Anda walaupun Anda ini sudah berhenti mengonsumsinya.

  • Pengalaman mimpi buruk

Ketika Anda mengalami mimpi buruk secara terus- menerus mungkin saja dulunya Anda memiliki riwayat yang buruk saat Anda kecil. Jika hal ini sudah terjadi kepada Anda sebaiknya Anda konsultasikan dengan orang yang lebih ahli. Karena jika kondisi ini tidak segera diatasi Anda bisa saja terus menerus bermimpi buruk. Karena mimpi buruk yang Anda alami ini menjadikan Anda hidup dengan perasaan tidak tenang.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa jadi salah satu pemicu dari mimpi buruk.

Related posts