Hal yang diperhatikan Menjalankan Usaha Restoran Modal Kecil

  • Whatsapp
Usaha Restoran Modal Kecil

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas. Faktanya banyak restoran yang pada akhirnya sepi dan tutup. Ini menteman temankan bahwa meskipun pangsa pasarnya luas, tetapi jika pengelolaan sebuah usaha tidak dilakukan dengan baik, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Dalam membuka usaha restoran khususnya yang bermodal kecil, harus lebih teliti lagi mulai dari awal perencanaan hingga saat menjalankannya. Nah, ada beberapa poin penting yang perlu Teman teman perhatikan jika ingin membuka dan menjalankan usaha restoran dengan modal kecil.

Berikut diantaranya :

  • Pastikan Memilih Lokasi yang Tepat

Salah satu kunci sukses usaha restoran adalah faktor lokasi. Faktor penting lainnya adalah dari segi kualitas (rasa). Masalah lokasi ini jangan Teman teman sepelekan, karena jika hanya mengteman temanlkan makanan yang Teman teman sajikan enak saja itu belum cukup. Lokasi restoran harus berada di tempat yang tepat.

  • Bagaimana lokasi yang tepat itu?

Tentunya letaknya strategis, seperti dekat dengan jalan raya, jarak antar kompetitor jauh, termasuk lokasinya berada di lingkungan yang memang sesuai dengan produk yang Teman teman jual. Inilah mengapa Teman teman perlu melakukan riset kecil sebelumnya. Karena meski pangsa pasar luas, kadang masalah kuliner ini ada segmen-segmennya.

  • Lengkapi Izin Usaha

Berhubungan dengan faktor lokasi di atas, masalah perizinan ini juga perlu Teman teman siapkan. Apalagi jika lokasi restoran Teman teman berada di area yang ramai, maka perlu ada izin mendirikan usaha. Masalah legalitas ini kadang dihiraukan. Padahal ini sangat penting juga, jika sewaktu-waktu ada pengecekan dan ternyata Teman teman belum punya legalitas usaha, bisa-bisa usaha restoran Teman teman akan ditutup sementara. Sangat disayangkan jika kondisi restoran sedang ramai-ramainya.

  • Rancang Rencana Bisnis yang Baik

Meskipun usaha restoran Teman teman masih terbilang kecil, tetapi Teman teman tetap butuh yang namanya rencana bisnis (Business Plan). Minimal buat untuk satu tahun ke depan. Business Plan ini juga akan memudahkan Teman teman dalam mengatur masalah keuangan nanti. Seperti berapa anggaran awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha, berapa gaji karyawan yang perlu dikeluarkan, apa saja biaya operasional yang dibutuhkan, dll.

  • Perhatikan Masalah Pelayanan kepada Konsumen

Faktor lain yang tak kalah berpengaruhnya pada usaha restoran yang ramai adalah masalah pelayanan terhadap konsumen. Pikirkan juga bagaimana Teman teman akan memberikan services kepada para pelanggan Teman teman. Bagaimana agar pelanggan Teman teman setelah dari restoran Teman teman tidak hanya kenyang tetapi juga puas. Sehingga ada harapan mereka akan kembali lagi. Inilah yang perlu Teman teman persiapkan agar usaha restoran Teman teman bisa tetap maksimal.

  • Buatkan Sistem Pembukuan untuk Pemasukan dan Pengeluaran

Jangan berpikir karena usaha restoran Teman teman masih menggunakan modal yang kecil, lantas dalam hal pembukuan diabaikan. Kadang masih banyak yang seperti ini dan melakukan pembukuan sekedarnya saja. Sehingga kalau dilihat tidak jelas apa saja yang sudah dikeluarkan dan berapa pemasukan yang didapatkan.

Di sinilah mengapa Teman teman perlu menggunakan sebuah sistem keuangan yang terstruktur. Teman teman bisa mencoba menggunakan software Akuntansi Accurate untuk membantu mengelola masalah keuangan baik itu pemasukan maupun pengeluaran secara sistematis. Hanya dengan satu alat Teman teman akan bisa mendapatkan berbagai laporan keuangan secara otomatis dengan jelas dan tentunya yang benar.

Related posts