Apartemen kini memang telah menjadi hunian dambaan bagi mereka yang memiliki aktivitas sehari-hari di pusat kota mulai dari kerja kantoran, kuliah, bahkan pengusaha juga banyak memutuskan untuk tinggal di apartemen dengan alasan lokasinya yang strategis. Hal ini di manfaatkan oleh banyak agen properti apartemen untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya mulai dari menyediakan tempat yang strategis, pelayanan terbaik, hingga kini ada apartemen yang bisa kamu sewa harian lho.

Apartemen sewa harian adalah sebuah apartemen yang bisa kamu sewa di bawah jangka waktu bulanan, tapi ada hal berikut penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk sewa apartemen harian.

  1. Cek Pemilik Sah Atau Bukan

Pastikan orang yang menawarkan kamu sebuah apartemen yang dapat di sewa harian adalah pemilik sahnya, jika menggunakan perantara mintalah di pertemukan dengan pemilik sah apartemen untuk menghindari terjadinya penipuan. Mengingat kini banyak orang yang ingin mendapatkan uang tapi dengan cara yang tidak benar, jadi dengan cara cek apakah dia benar-benar pemilik asli atau bukan meminimkan resiko kamu di tipu.

  1. Cek Legalitas Apartemen

Sebelum sewa apartemen harian sebaiknya cek surat legalitas apartemen tersebut mulai dari surat tanah, bangunan, hingga kepemilikan.

  1. Identitas Kedua Belah Pihak

Buatlah identitas pemilik yang akan bertanggung jawab atas apartemen yang akan kamu tempati dan data diri kamu biasanya telah di minta terlebih dahulu sebelum menandatangani kontrak/sewa. Data diri ini bisa berupa KTP, KK, SIM dan lain sebagainya, jika kamu menggunakan saksi dalam transaksi ini alankah baiknya minta juga data diri saksi.

  1. Biaya Deposit

Sebagaian apartemen kini menganjurkan para calon penyewanya untuk menyetorkan biaya deposit sebagai jaminan jika kamu merusak unit apartemen maka akan di gantikan dengan uang tersebut, tapi jika masa kontrak/sewa kamu telah habis namun tak nampak kerusakan maka uang biaya deposit terdebut akan di kembalikan utuh tanpa potongan. Biaya deposit inilah yang terkadang para penyewa tidak mengerti hingga mereka keberatan saat di mintai biaya deposit.

  1. Biaya Sewa

Perhatikan juga biaya sewa apartemen yang akan kamu tempati dan tanyakan fasilitas apa saja yang sudah termaksud di dalam harga sewa tersebut. Tanyakan apakah biaya sewa sudah termakud dengan biaya yang kecil-kecil seperti wifi internet, air, listrik dan lain sebagainya.

  1. Tanda Tangan Diatas Materai

Tanda tangan kesepakatan kontrak atau sewa di atas materai berarti kedua belah pihak bertanggung jawab secara hukum atas keabsahannya.

  1. Mintalah List Barang

Mintalah list barang yang ada dalam apartemen apalagi jika kamu ingin menyewa apartemen yang full furnished, list barang adalah daftar semua barang yang ada dalam unit tersebut. Hal ini untuk mengetahui barang apa saja yang ada dalam apartemen tersebut dan juga barang yang harus kamu jaga keutuhannya agar biaya deposit yang telah kamu setorkan di awal tidak di potong oleh pihak apartemen.

  1. Pengalihan Sewa

Nah yang terakhir harus perlu kamu perhatikan sebelum sewa apartemen harian adalah pengalihan sewa, kamu bisa minta surat pengalihan sewa yang di tanda tangani pemilik sahnya untuk berjaga-jaga jika kamu tidak betah pada apartemen tersebut kamu bisa mengalihkan sewanya secara sepihak tanpa izin pemilik apartemen.

Nah itulah 8 hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum sewa apartemen harian, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.