Stasiun Pasar Turi adalah stasiun kelas atas dan stasiun kereta api terbesar kedua di Surabaya setelah Stasiun Gubeng. Itu milik Wilayah Operasi VIII Surabaya dan berada di perbatasan Gundih dan Tembok Dukuh, Bubutan-Surabaya. Stasiun ini terletak di Jalan Semarang 1, Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya 60172. Stasiun Pasar Turi terletak di posisi strategis karena terletak di dekat Pusat Grosir Surabaya (PGS) yang populer dengan nama Pasar Turi. Anda bisa cek harga tiket kereta kota di Jawa Timur di Traveloka.

Stasiun ini menghubungkan Surabaya dengan kota-kota lain di rute Pantura, termasuk Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Semarang, Cirebon, dan Jakarta. Fitur paling istimewa yang ditawarkan stasiun ini adalah bunyi bel yang unik untuk kedatangan kereta. Alih-alih suara biasa, Stasiun Pasar Turi menggunakan versi instrumental dari lagu yang berjudul “Surabaya Oh Surabaya.”

Oh iya untuk pesan tiket kereta, Anda bisa order di Traveloka. Sekarang sudah ada fitur baru loh yaitu Traveloka PayLater bisa order sekarang juga bayarnya bisa nanti-nanti loh, keren banget kan fitur baru dari traveloka ini.

Jadwal Kereta Surabaya:

Nama KeretaRuteKelasHargaMulai

Berangkat

Tiba
KertajayaSBI-PSEEkonomiRp150.00021:0008:40
Gaya Baru Malam SelatanSGU-PSEEkonomiRp104.00012:0001:55
Argo Bromo AnggrekSBI-GMREksekutifRp375.00008:0017:00
Argo Bromo AnggrekSBI-GMREksekutifRp375.00020:0005:00
SembraniSBI-GMREksekutifRp375.00017:5004:15
BimaGMR-SGU-MLEksekutifRp395.00017:0005:43
Argo WilisSGU-BDEksekutifRp345.00007:0019:06
SancakaSGU-YKEkonomi/EksekutifRp105.00007:3012:45
SancakaSGU-YKEkonomi/EksekutifRp109.00017:2522:32
Mutiara SelatanML-BDBisnis/EksekutifRp260.00019:0008:33
Mutiara Timur MalamSGU- BWBisnis/EksekutifRp100.00022:0004:15
GumarangSBI-PSEEkonomi/Bisnis/ EksekutifRp180.00015:3002:31

Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Dihitung sebagai kota metropolitan, itu adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya dianggap sebagai kota yang berkembang dengan baik di bagian timur Jawa. Karena itu, tidak mengherankan jika kota ini menjadi pusat pendidikan, serta pusat perdagangan dan bisnis di wilayah Jawa Timur.

Surabaya berhak sebagai kota pahlawan. Peristiwa sejarah paling penting yang terjadi di kota ini adalah Pertempuran Surabaya, pada 10 November 1945. Situs bersejarah pertempuran pasca-kemerdekaan ini masih ada di Surabaya, sedangkan tanggal pertempuran diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan Nasional. Acara ini juga menjadi alasan mengapa Monumen Pahlawan di Surabaya dibangun.

Selain situs bersejarah, Surabaya juga menawarkan kelezatan masakan lokalnya sebagai daya tarik wisata. Kota ini merupakan tujuan yang mengasyikkan bagi mereka yang mencari kelezatan kuliner Jawa. Beberapa makanan populer di Surabaya termasuk rujak cingur, nasi krawu, tahu tek, tahu campur, Lontong Balap, dan rawon (semur daging sapi).

Fakta Menarik tentang Surabaya

Nama asal Pasar Turi

Dahulu kala, ada pasar tradisional yang diduduki oleh banyak pedagang yang menjual bunga turi. Turi adalah semak hias dengan bunga seperti kacang putih atau merah. Pohon Turi tumbuh sebagian besar di sekitar area pasar, sedangkan bunga itu sendiri sering digunakan sebagai bahan utama saus kacang untuk makanan tradisional Jawa. Pasar Turi atau Pasar Turi (sekarang Pusat Grosir Surabaya) terletak di dekat stasiun dan karena itu, menginspirasi stasiun untuk mendapatkan namanya sampai hari ini.

Nama asal Surabaya

Secara etimologis, nama “Surabaya” berasal dari kata-kata Sansekerta; suro itu berarti hiu atau keberanian, dan boyo itu berarti buaya atau bahaya. Kata gabungan “Surabaya” dapat diterjemahkan sebagai “keberanian dalam bahaya.” Keyakinan lain juga menyatakan bahwa nama “Surabaya” berasal dari mitos tentang pertempuran yang melibatkan hiu (Suro) dan buaya (Boyo) yang pernah terjadi di lalu.

Surabaya memiliki monumen yang dapat bersaing dengan Patung Liberty

Patung Liberty, ikon kebebasan di New York City, AS, ternyata memiliki saingan di Surabaya. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) dianggap sebagai monumen saingan dari patung yang terkenal itu. Monumen ini adalah patung 30,6 meter Perwira Angkatan Laut Angkatan Bersenjata Nasional Indonesia. Monjaya adalah simbol kepercayaan dan optimisme Indonesia. Selain dibangun sebagai monumen peringatan, Monjaya juga digunakan sebagai mercusuar di Pelabuhan Ujung Madura, Surabaya.

“Gerbang Emas” Surabaya

Anda mungkin akrab dengan Golden Gate, jembatan tarik yang menghubungkan daerah San Fransisco dan Marin, California. Jembatan gantung serupa juga dapat ditemukan di Surabaya, yaitu Jembatan Suramadu. Panjang jembatan ini 5.438 m dan dibangun di atas Selat Madura, menghubungkan Surabaya dan Madura. Jembatan menjadi salah satu ikon pariwisata kota karena keindahannya. Mereka yang mengunjungi Suramadu sering berhenti sejenak untuk berfoto di jembatan yang mengagumkan ini.

Daftar Kereta Berhenti di Surabaya:

Kereta Jayabaya

Kereta Bima

Kereta Pasundan

Kereta Mutiara Selatan

Rute Kereta Melalui Surabaya:

Tiket Kereta Yogyakarta (LPN) – Surabaya (SGU)

Tiket Kereta Api Solo (SLO) – Surabaya (SGU)

Tiket Kereta Madiun (MN) – Surabaya (SGU)

Tiket Kereta Api Banyuwangi (BW) – Surabaya (SGU)