Usia muda memang termasuk usia yang cukup produktif bagi Anda, sehingga sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menabung, investasi dan paling penting adalah berasuransi. Banyak orang yang menyepelekan asuransi ini. Padahal sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat penting untuk masa depan. Apalagi semakin tua nantinya ada semakin banyak resiko yang mengintai Anda, mulai diantaranya adalah masalah kesehatan, kemudian tanggungan yang semakin bertambah hingga kematian. Paling tidak hendaknya Anda harus memiliki asuransi jiwa terbaik dari perusahaan yang tepat.

Selain asuransi kesehatan, pada dasarnya asuransi jiwa ini juga termasuk salah satu jenis yang begitu penting, karena setiap orang pasti akan menghadapi resiko kematian. Namun tidak ada yang tahu itu kapan dan dalam kondisi seperti apa. Di satu sisi selain manfaat untuk proteksi sebenarnya dengan memiliki asuransi jiwa ini juga memberikan tambahan manfaat yang lainnya, yaitu sebagai sarana investasi bagi Anda. Jenis asuransi jiwa yang satu ini dikenal juga sebagai asuransi unit link. Selalu apakah sebenarnya produk ini termasuk asuransi jiwa terbaik? Sebelum memutuskan untuk memilihnya, maka kenali dulu beberapa hal penting terkait dengan asuransi unit link tersebut, diantaranya adalah:

  1. Nilai keuntungan atau return yang ditawarkan sifatnya tidak pasti, artinya karena sebagian besar diantara uang premi yang dibayarkan digunakan untuk investasi, maka nilai imbal hasil yang diterima juga tidak pasti, kadang bisa untung namun di satu sisi juga bisa saja debitur mengalami kerugian. Sehingga memang tidak menjanjikan bahwa investasi jiwa jenis unit link tersebut akan menguntungkan untuk Anda.
  2. Resikonya berbeda dengan tabungan, jika pemerintah akan menjamin uang tabungan dengan adanya lembaga Penjamin Simpanan, maka tidak dengan produk asuransi ini. sehingga jika ada masalah yang terjadi pada perusahaan tersebut, maka kemungkinan uang yang sudah diasuransikan juga tidak akan bisa kembali, untuk itu harus berhati-hati.
  3. Proteksi jiwa yang didapatkan nilainya sangat kecil, karena fokus utamanya adalah untuk kebutuhan investasi, maka jika melihat nilai proteksi jiwa yang diberikan untuk melindungi keluarga dari berbagai macam resiko juga tergolong kecil, uang pertanggung jawaban yang akan diberikan perusahaan tersebut nominalnya sedikit, jika dibandingkan dengan produk asuransi jiwa murni.
  4. Salah dalam memilih instrumen investasi, maka nantinya akan memberikan masalah pada kondisi keuangan Anda, tujuannya tidak akan sesuai kebutuhan nasabah.

Jadi jangan buru-buru dalam mengambil asuransi jiwa jenis unit link atau yang didalamnya disertai dengan adanya investasi. Ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu masing-masing jenis asuransi tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, cari asuransi jiwa terbaik maka percayakan pada perusahaan yang sudah berpengalaman seperti diantaranya adalah Asuransi Astra.