Ingin Untung Maksimal Lewat Reksadana? Ini Caranya

  • Whatsapp
Reksadana

Bagi investor yang belum memiliki banyak pengalaman, reksadana merupakan pilihan yang tepat. Selain tidak memerlukan alokasi waktu yang banyak, investasi reksadana juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Dengan mekanisme yang mudah karena adanya manajer investasi, reksadana masih menjadi pilihan banyak kalangan.

Ada beberapa jenis investasi reksadana yang tersedia seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Reksadana saham sendiri menjadi jenis yang paling ramai diminati. Hal ini dikarenakan imbal balik atau return yang ditawarkan sangat besar. Nilainya bisa mencapai lebih dari 20% dalam kurun waktu satu tahun. Dalam waktu yang lebih panjang, reksadana saham bahkan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Dengan ini, rencana jangka panjang pun dapat direalisasikan dengan keuntungan yang didapat dari reksadana saham.

Tentu kamu ingin mendapatkan untung yang maksimal melalui reksadana saham. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak artikel berikut!

  • Pahami risiko

Penting untuk selalu diingat jika dalam berinvestasi kita tidak akan terlepas dari risiko. Risiko yang kita tanggung pun sebanding dengan imbal balik yang akan kita dapatkan. Tentunya mengetahui risiko dalam berinvestasi sangat penting sebelum kamu memulai untuk melakukan investasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, reksadana saham menawarkan return yang tinggi. Akan tetapi tentu risiko yang dimiliki juga tinggi pula. Jika kamu mantap ingin melakukan investasi reksadana saham, kamu harus benar-benar yakin jika kamu siap menerima risiko yang besar tersebut.

  • Perhatikan produk

Memilih produk reksadana saham tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Memilih produk tanpa pikir panjang tentunya dapat meningkatkan risiko karena kondisi reksadana saham sangat fluktuatif. Oleh karenanya, kamu harus memperhatikan produk yang kamu beli apakah ia memiliki rekam jejak kinerja yang baik atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya melalui penilaian atau scoring terbitan PT Infovesta Utama. Scoring sendiri direpresentasikan dengan lima bintang. Pilihlah produk dengan bintang yang semakin dekat dengan lima.

  • Implementasikan strategi

Dengan strategi, investasi menjadi lebih terjamin. Terdapat banyak strategi yang bisa kamu terapkan untuk investasi reksadana saham yang lebih maksimal. Namun, strategi yang dinilai paling sesuai untuk menghindari keputusan impulsif adalah Dollar Cost Averaging (DCA). Dengan strategi ini maka kamu harus membeli produk investasi reksadana saham secara rutin dengan nominal yang tetap. Strategi ini tidak memperdulikan kenaikan ataupun penurunan harga di pasar. Apabila harga di pasar naik, kamu akan mendapatkan produk yang lebih sedikit. Apabila harga di pasar turun, kamu akan mendapatkan produk yang lebih banyak. Apabila strategi ini dilakukan secara konsisten, tentunya produk investasi reksadana saham milikmu akan semakin berlipat ganda.

  • Investasi dengan cara yang tepat

Kebanyakan investasi reksadana saham dilakukan melalui aplikasi reksadana. Hal ini dapat dikatakan kurang efektif karena untuk melakukan pembelian produk reksadana saham, kamu perlu melakukan transfer terlebih dahulu dari rekening pribadimu. Begitupun ketika kamu melakukan penjualan produk, kamu harus mentransfer hasilnya dari aplikasi reksadana ke rekening pribadimu.

Mobile banking digibank by DBS hadir sebagai layanan perbankan dari Bank DBS Indonesia untuk menjadikan proses investasi reksadana saham menjadi lebih ringkas. Dengan digibank by DBS kamu tidak perlu melakukan transfer karena semuanya sudah tersambung dengan rekeningmu. Kamu bisa melakukan proses daftar SID, jual, beli & switch semua di satu aplikasi.

Namun, cara investasi reksadana yang tepat bukan hanya mudah namun juga mendukung segala proses investasi. Yuk simak hal-hal menarik yang ditawarkan oleh digibank by DBS untuk investasi reksadana saham.

  • Pop up notification

Apabila kamu hendak membeli sebuah produk reksadana saham, digibank by DBS akan memunculkan notifikasi jika risiko yang dimiliki produk tersebut lebih besar dari profil risiko yang kamu miliki. Dengan ini kamu bisa selalu mempertimbangkan produk yang akan kamu beli untuk meraih keuntungan yang maksimal.

  • Pilih berdasarkan kategori

Dengan digibank by DBS terdapat pilihan lebih dari 50 produk reksadana saham yang bisa kamu pilih berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 100.000. Informasi mengenai tiap-tiap produk pun, seperti ringkasan kinerja dan prospektusnya, disediakan secara lengkap sehingga kamu bisa selalu memperhatikan produk sembari memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Keamanan yang terjamin

Keamananmu akan sepenuhnya terjamin jika kamu melakukan investasi di digibank by DBS karena Bank DBS sendiri selama 12 tahun berturut-turut selalu meraih penghargaan sebagai “Bank Terbaik Asia” dari Global Finance.

Selain itu, digibank by DBS juga menawarkan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang lho karena selain reksadana saham, tersedia pula jenis reksadana yang lain seperti pasar uang, pendapatan tetap, dan campuran. Yang terakhir, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk bisa berinvestasi secara konsisten karena dilengkapi dengan fitur pembelian berkala yang flexible.

Raih keuntungan maksimal reksadana saham dengan digibank by DBS sekarang juga! Segera unduh aplikasinya pada App Store dan Google Play Store.

Related posts