Inilah Beberapa Tempat di Indonesia yang Sangat Wajib Dikunjungi

  • Whatsapp

Sebagai negara tropis, kepulauan, dan zona lingkar api, Indonesia tidak hanya makmur kekayaan alam namun juga kaya pemandangan alam.

Negara kita tercinta, Indonesia, memang memiliki alam yang sangat indah. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat indah dan memukau.

Sebagai penduduk asli Indonesia, kita sudah sepatutnya berbangga hati lho Toppers tinggal di negeri yang dikelilingi beribu – ribu pulau dengan keindahan yang tiada duanya.

Tidak heran kalau banyak turis wisatawan yang rela berdatangan dari berbagai negara untuk menikmati objek wisata Indonesia yang populer di mancanegara.

Keindahan wisata alam inilah yang membuat banyak turis asing atau mancanegara datang hingga ke pelosok Indonesia jauh sebelum 5 destinasi prioritas didengungkan.

Setiap pulau di Indonesia memiliki tempat wisata unik masing-masing bergantung pada kondisi geografi dan budaya daerah tersebut. Berikut tempat wisata Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

1. Goa Jomblang

Goa Jomblang termasuk salah satu wisata ikonik di Jawa Tengah. Di wisata ini Kamu akan diajak turun ke perut bumi sedalam 80 meter. Turunnya pun terbilang menantang, pasalnya bukan turun dengan tangga melainkan teknik tali tunggal berbekal keamanan lengkap.

Tidak hanya itu, yang menjadikan tempat ini begitu dikenal di dunia adalah masuk dan jatuhnya cahaya matahari dari celah-celah dan lubang goa sehingga menciptakan keindahan alami yang menakjubkan.

2. Borobudur

Kemegahan dan sejarah Candi Borobudur telah dikenal dunia sejak lama. UNESCO bahkan menetapkan Borobudur sebagai warisan dunia pada 1991. Kamu bisa mengunjunginya sebelum subuh untuk menyaksikan sisi lain keindahan Borobudur.

3. Prambanan

Sama seperti Borobudur, nilai sejarah dan arsitektur membuat candi Prambanan masuk sebagai warisan dunia pada 1991 oleh UNESCO. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana.

4. Kawah Ijen

Bergeser ke Jawa Timur, kawah yang berada di Banyuwangi ini termasuk tempat wisata yang mendunia.

Selain keindahan kawahnya, Kawah Ijen dikenal karena fenomena alam Api Biru yang hanya bisa dilihat saat malam hari. Fenomena api biru hanya ada dua di dunia, Islandia dan Indonesia.

5. Gunung Bromo

Negeri di atas awan mungkin ungkapan yang tepat menggambarkan pemandangan Bromo. Selain melihat megahnya gunung Bromo dari ketinggian, kamu juga bisa melihat kawah Bromo.

6. Air Terjun Tumpak Sewu

Disebut sebagai air terjun Niagaranya Jawa Timur, air terjun Tumpak Sewu dikenal dunia berkat media sosial Instagram yang banyak membagikan keindahan air terjun Tumpak Sewu dari berbagai sisi.

7. Green Canyon Cukang Taneuh

Cukang Taneuh yang berada di Pangandaran, Jawa Barat ini disebut sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Di sini kamu bisa menikmati keindahan batu karang dengan sungai berkelok dan dipadati tumbuhan hijau sambil body

8. Gunung Rinjani (Lombok, NTB)

di Nusa Tenggara Barat juga terdapat wisata yang tak kalah populer dan cocok bagi kamu yang suka mendaki, yakni Gunung Rinjani. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. 

Gunung Rinjani memiliki pemandangan terindah se-Asia dengan hamparan bunga edelweis dan Danau Segara Anak. Di tempat ini juga bisa menjadi spot menarik bagi para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. 

Namun sebelum itu, buatlah persiapan yang matang sebelum memutuskan untuk mendaki. Kamu juga perlu menyiapkan bekal mental dan stamina agar tidak menyerah di tengah jalan.