Jenis Bahan Seragam Kantor dan Tips Memilih yang Tepat

  • Whatsapp
Bahan Seragam Kantor

Penggunaan seragam dalam kantor bukanlah hal yang asing lagi, di mana penggunaannya sendiri memiliki tujuan agar bisa menciptakan lingkungan kerja lebih kondusif serta nyaman. Tidak hanya untuk pegawai negeri saja, pegawai swasta pun juga sering terlihat menggunakan seragam. Dalam pembuatannya pun harus pesan di konveksi seragam yang terpercaya.

Tapi tahukah Anda bahwa seragam kantor ternyata menggunakan bahan yang berbeda-beda. Lalu apa saja jenis bahannya? Dan bagaimana cara memilih bahan yang tepat untuk seragam kantor? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Bahan Seragam Kantor

Ada beberapa jenis bahan seragam kantor yang kerap digunakan, di mana setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah jenis dari bahan seragam kantor yang mudah ditemukan di pasaran:

1. Katun

Jenis bahan pertama yang sering digunakan sebagai seragam kantor adalah katun. Bahan yang satu ini terbuat dari serat kapas yang diproses hingga menjadi sebuah kain. Bahan katun sering kali menjadi pilihan karena ringan serta sejuk. Sehingga mampu mendukung aktivitas pegawai agar tidak cepat kepanasan.

Kelebihan lain dari bahan katun adalah dari daya serap terhadap keringat sangat tinggi, tidak mudah kusut serta tahan lama. Tidak heran jika katun menjadi salah satu bahan seragam kantor yang kerap dipilih.

2. Drill

Konveksi seragam juga menyediakan bahan drill, di mana bahan yang satu ini dikenal sangat tebal. Bahan ini terbuat dari campuran katun dan juga polyester, di mana harganya bergantung dari berapa kadar campuran antara katun dan polyester. Drill juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. berikut ini jenis-jenis bahan drill:

  • American Drill yang memiliki ketebalan sedang dengan serat yang juga tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. American Drill sendiri dikenal memiliki daya tahan yang sangat baik serta mampu menyerap air dengan baik. Tidak hanya itu saja, American Drill adalah bahan yang sangat sejuk, sehingga nyaman ketika digunakan.
  • Kato drill adalah bahan yang juga kerap dipilih. Bahan ini memiliki karakteristik mirip dengan American Drill. Hal yang membedakannya adalah dari ketebalannya, bahan kato drill lebih tebal dan juga kaku dibandingkan dengan American drill.
  • Castilo drill memiliki karakteristik lebih tipis dan lebih lentur dari kedua bahan drill sebelumnya. Penggunaan castilo drill lebih banyak dipilih karena kelebihannya akan daya serap keringat yang tinggi serta tidak begitu tebal.
  • Japan drill lebih sering dipilih pegawai kantor yang lebih banyak bekerja di lapangan. Karakteristik utamanya adalah lebih tebal dari American drill serta castillo. Serat yang ada pada Japan drill lebih besar, namun tetap memiliki kemampuan menyerap keringat dengan sangat baik.
  • Taipan tropical adalah bahan drill yang paling mahal harganya. Tidak heran mengingat bahwa bahan ini memiliki kelebihan tersendiri, seperti sangat halus, sejuk ketika digunakan, tidak mudah luntur ataupun kusam dan sangat tahan lama. Pilihan warnanya pun lebih bervariasi dibanding dengan bahan drill lainnya.

3. Oxford

Jenis bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai seragam kerja adalah Oxford. Bahan yang satu ini memiliki serat yang kecil serta sangat halus. Ketebalan dari bahan ini terbilang tipis jika dibandingkan dengan bahan American drill. Kelebihannya dari bahan Oxford ini adalah mampu menyerap keringat dan juga tidak panas ketika dipakai dalam indoor. Harganya pun lebih murah dari American Drill.

4. Kanvas

Bahan kanvas juga bahan yang bisa ditemukan di konveksi seragam. Memiliki karakteristik yang jauh lebih tebal dari American Drill, bahan kanvas dengan tingkat katun yang lebih cenderung digunakan untuk pekerja lapangan. Bahan kanvas ini juga terbilang lebih berat dari bahan seragam lainnya. Jenis bahan kanvas yang cocok untuk dijadikan seragam adalah dari kanvas oxford.

Walaupun kebanyakan seragam kantor menggunakan jenis bahan yang sudah disebutkan, tapi bukan berarti tidak bisa menggunakan jenis bahan lain. Belakangan ini kain denim juga sering dijadikan bahan seragam bagi beberapa kantor.

Tips Memilih Bahan Seragam Kantor

Setelah mengetahui jenis bahan yang sering digunakan pada seragam kantor, maka selanjutnya adalah mengetahui tips untuk memilihnya. Berikut ini adalah tips memilih bahan seragam kantor yang tepat:

1. Tingkat ketebalannya

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dari tingkat ketebalannya. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, bahwa bahan seragam kantor biasanya memiliki karakteristik yang tebal dan kaku.

Karena tingkat ketebalan yang beragam, maka ada baiknya memilih sesuai dengan aktivitas yang lebih banyak dilakukan. Semisalnya lebih sering bekerja di dalam ruangan, maka tidak ada salahnya memilih jenis kain drill. Sedangkan yang diluar ruangan dapat memilih bahan kanvas yang memiliki campuran katun tinggi.

2. Daya serap air

Ketika memilih seragam kantor, ada baiknya juga dilihat dari tingkat daya serap air dari bahan-bahan tersebut. Tidak menutup kemungkinan ketika sedang bekerja akan berkeringat. Di mana jika bahan seragam tidak dapat menyerap keringat dengan baik, maka sudah pasti pegawai tidak akan merasa nyaman.

Padahal kenyamanan di lingkungan kantor sangatlah penting agar bisa membuat pegawai selalu fokus dan tetap produktif. Maka penting sekali untuk memperhatikan kemampuan menyerap keringat dari bahan-bahan seragam kantor tersebut.

3. Pemilihan warna

Tidak seperti bahan pakaian umumnya, untuk bahan seragam kantor tidak memiliki banyak pilihan warna. Beberapa jenis bahan hanya memiliki sedikit sekali pilihan warnanya. Dalam memilih warna bahan seragam kantor, lebih baik disesuaikan dengan karakter perusahaan dan juga kebutuhan dari pegawai yang bekerja.

Namun, jika memang pekerjaan banyak dilakukan di luar kantor, warna-warna seperti hitam memang kerap dipilih. Bukannya hitam akan lebih panas? Memang, pemilihan warna gelap menyerap sinar matahari dan menyebabkan badan cepat gerah. Tapi, warna hitam ini mampu mencegah baju terlihat kotor. Di mana kebersihan seragam sangat penting sekali untuk tetap dijaga.

4. Harga

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga juga menjadi bahan pertimbangan ketika ingin memilih bahan seragam kantor. Harga pada setiap bahan yang ada berbeda-beda tergantung dari jenis serta kualitas bahan tersebut. Bahan yang dipilih tidak perlu selalu yang paling mahal, di mana yang terpenting adalah tetap nyaman digunakan dan tidak membuat pergerakan karyawan jadi terhambat.

5. Mudah dicuci

Poin yang satu ini mungkin sering diabaikan, karena seragam adalah pakaian yang akan digunakan setiap hari, maka lebih baik memilih bahan yang mudah dicuci. Tidak hanya untuk menjaga kebersihan saja, tapi pemilihan bahan yang mudah dicuci akan membantu karyawan untuk tetap menjaga seragam tetap awet.

Itulah penjelasan tentang jenis bahan seragam kantor serta tips bagaimana untuk memilih bahan yang tepat. Apabila Anda mencari konveksi seragam kantor yang berpengalaman, silahkan untuk pesan di https://captainkonveksi.com/ yang akan memberikan banyak pilihan bahan serta desain seragam kantor yang beragam serta berkualitas tinggi.

Related posts