Karakteristik Bibit Tanaman Buah Unggul Dilihat dari Beberapa Faktor

  • Whatsapp
Bibit Tanaman Buah Unggul

Dengan memilih bibit buah tanaman yang menjadikan hak yang cukup sulit dilakukan oleh orang yang baru memulai untuk membudidayakan jenis tanaman. Hal ini yang dapat terjadi ketika keterbatasan pengalaman dan pengetahuan untuk menentukan seperti apa bibit buah yang unggul dan bisa menghasilkan buah yang bagus.

Bibit buah yang berkualitas akan sangat menentukan keberhasilan suatu budidaya, sebab bibit unggul dari tanaman akan menghasilkan tanaman buah berkualitas yang mempunyai nilai jual tinggi. Karena dengan alasan ini pemilihan bibit buah yang bagus begitu penting untuk diterapkan sebelum mulai menanam jenis tanaman buah tertentu.

Jangan sampai keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki membuat Kamu ragu untuk membeli bibit tanaman buah yang akan ditanam. Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan kepada Kamu bagaimana ciri-ciri bibit buah unggul yang harus dipilih. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Karakteristik Bibit Tanaman Buah Unggul Dilihat dari beberapa Faktor:

Perhatikan Bagian Daun

Secara umum, bibit buah yang unggul dapat diperhatikan dengan mudah melalui bagian daunnya. Pada saat memilih bibit tanaman buah yang dapat dipastikan merupakan daunnya yang berwarna hijau cerah atau pada bagian pucuknya yang hijau kemerahan. Dan pastikan juga dari seluruh bagian tidak ada bekas yang termakan ulat dan hama yang lainnya. Daun yang sehat tidak akan menggulung dan keriting jika diperhatikan.

Jeli Melihat Batang Tanaman

Selanjutnya ketika melihat kondisi daun tidak masalah  dengan memperhatikan batang tanaman sebelum kamu membelinya. Karena dengan batang tanaman yang sehat tidak ada bekas sambungan pada seluruh batang, selain itu juga batang yang baru akan muncul tegak lurus ke atas atau ke bawah dan tidak bengkok.

Saya sangat menyarankan Kamu untuk memilih bibit tanaman yang sudah mempunyai cabang. Setelah itu jangan memilih tanaman yang mempunyai jamur di sekitar batang, bibit dengan ciri-ciri demikian bukan termasuk bibit unggul yang baik untuk ditanam.

Batang tanaman yang sehat akan mempunyai bentuk yang proporsional dengan batang utama yang tegak lurus dan tidak melengkung. Pada bagian ujung ranting terlihat kuncup yang mengindikasikan adanya pertumbuhan pada tanaman tersebut.

Akar Jarang Diperhatikan Saat Membeli Bibit Buah

Akar adalah hal yang penting yang harus diperlukan dan diperhatikan pada saat membeli tanaman, akan tetapi pada bagian ini sangat jarang sekali diperhatikan kebanyakan orang yang akan membeli bibit buah.

Hal yang perlu Kamu lakukan adalah membongkar media tanam dan memperhatikan akar serabut pada tanaman tersebut. Bibit buah yang berkualitas dan mampu tumbuh subur ditkamui dengan akar serabut yang sangat banyak dan sangat mudah terlihat.

Jika Bibit Sudah Berbuah, Kamu Dapat Memperhatikan Hal Ini

Kamu harus memastikan kondisi buah yang tumbuh mempunyai ukuran yang normal, warna kulit yang cerah, dan rasanya sesuai dengan jenis buah tersebut.

Itulah informasi tentang Karakteristik Bibit Tanaman Buah Unggul Dilihat dari beberapa Faktor dan semoga bermanfaat buat semuanya bagi yang masih pemula terhadap pemilihan bibit buat.

Related posts