Ketika ingin melakukan traveling, perencanaan tentu saja merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, baik itu sendirian atau bersama dengan orang – orang tercinta. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, baik itu budget, perlengkapan, barang bawaan dan salah satunya adalah transportasi.

Meskipun transportasi memiliki fungsi hanya untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan, namun, pemilihan transportasi tentu saja dapat memberikan pengalaman yang berbeda – beda. Saat ini sudah ada banyak keluarga yang memiliki mobil dan motor, tetapi bagi anda yang ingin cepat dan nyaman, maka kereta bisa dijadikan pilihan utama anda. Terdapat banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda ingin menaiki kereta sebagai transportasi traveling.

Harga Tiket Lebih Murah

Bagi anda yang traveling masih di pulau Jawa, maka tentu saja lebih baik memilih naik kereta api, apalagi jika anda pergi ke kota – kota besar seperti Yogyakarta. Selain itu, dengan adanya aplikasi traveling online seperti Traveloka, anda bisa dengan mudah membeli tiket di Traveloka dengan membuka link ini https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api.

Lebih Nyaman

Meskipun sarana transportasi hanya digunakan untuk mengantarkan anda ke tujuan, namun jika tujuan nya jauh, maka tentu saja faktor kenyamanan harus diutamakan. Dengan menggunakan kereta api apalagi yang kelas eksekutif, anda bisa mendapatkan kenyamanan AC dan kursi yang bisa diatur sesuai dengan keinginan, bahkan kelas ekonomi saja saat ini sudah ada AC nya. Selain itu, jika anda ingin naik kereta api, maka pastikan untuk membawa stok camilan yang banyak.

Bagasi Lebih Luas

Meskipun tetap ada ukuran maksimal dalam membawa barang, namun kereta api tentu saja memiliki kabin atas dan bagian bawah yang bisa anda simpan barang. Namun meskipun anda membawa barang bawaan banyak, petugas juga tidak akan masalah dengan itu asalkan kita tertib dan terus mengecek barang.

Check – In Lebih Mudah

Dibandingkan dengan pesawat, sudah pasti proses check – in kereta api lebih mudah dan lebih cepat. Anda hanya perlu mendatangi stasiun 30 menit sebelum keberangkatan dan mencetak boarding pass di mesin otomatis yang disediakan di pintu pemeriksaan tiket. Anda akan diminta boarding pass dan kartu identitas oleh petugas sebelum memasuki peron. Semua proses tersebut bahkan hanya memerlukan waktu kurang dari 3 menit. Asalkan boarding pass dan kartu identitas nya sesuai, maka anda hanya perlu menunggu kereta di peron.

Jarang Ada Resiko Mabuk Perjalanan

Bagi anda yang suka traveling, tentu saja anda sering menemui orang – orang yang tidak tahan menggunakan kendaraan, seperti tidak tahan ketika naik mobil, tidak tahan terbang lama atau naik angkutan laut. Namun, jika anda naik kereta api, jarang terjadi yang namanya mabuk perjalanan. Jika tubuh merasa tidak enak dan sedikit pusing, anda bisa memesan teh panas kepada pramusaji dan tidur. Dengan istirahat tentu saja tubuh anda akan lebih membaik.

Tidur Lebih Puas

Keuntungan lainnya dalam menggunakan kereta adalah anda bisa tidur sepuasnya. Jika anda pernah naik pesawat, mungkin anda hanya bisa tidur sebentar dan sudah sampai. Atau jika cuaca sedang buruk, anda tidak akan bisa tidur karena takut ada turbulence. Berbeda dengan naik kereta, anda bisa sepuasnya tidur jika sedang di dalam kereta. Jika kursi kereta terasa tidak nyaman, anda bisa membawa bantal leher dan jaket selimut, atau anda juga bisa menyewa bantal dan selimut ke pramugari dengan harga yang murah.

Quality Time Bersama Keluarga

Selain keuntungan – keuntungan diatas, traveling menggunakan kereta api tentu saja dapat meningkatkan kualitas dan mempererat hubungan keluarga. Mungkin saat ini sudah banyak keluarga yang tiap orangnya sibuk dengan ponselnya sendiri. Namun dengan menggunakan kereta, sudah pasti jarang ada sinyal, sehingga banyak waktu untuk mengobrol bersama keluarga.

Menikmati Pemandangan yang Indah

Melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api tentu saja bisa menyegarkan mata, karena disini anda bisa melihat pemandangan indah pegunungan, persawahan dan berbagai pemandangan lainnya.

Itulah beberapa keuntungan dari menggunakan kereta sebagai transportasi traveling anda.