Kenali Jenis Paliatif Onkologi yang Aman dan Nyaman Ditengah Pandemi Berikut Ini!

  • Whatsapp
Paliatif Onkologi

Bila mendengar penyakit kanker pasti semua orang merasa ketakutan, bagaimana tidak jenis penyakit tersebut termasuk dalam yang mematikan. Tidak sedikit orang yang harus kehilangan nyawa setelah menjalani usaha untuk penyembuhan dari penyakit tersebut. Tetapi tahukah Anda jika kanker termasuk pula dalam penyakit yang masih bisa disembuhkan. Ya, tentu ada beberapa pengobatan yang perlu untuk dilakukan seperti kemoterapi, radioterapi, operasi sampai dengan jenis paliatif onkologi yang bisa menjadi pilihan.

Kemoterapi dan radioterapi mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, namun untuk jenis paliatif masih termasuk asing. Sebelum membahas lebih jauh, perlu Anda kenali terlebih dahulu perawatan peliatif. Dimana itu merupakan proses pendekatan yang bisa meningkatkan kualitas hidup pasien serta keluarga yang sedang dalam masalah kesehatan mengancam jiwa. Proses tersebut melalui pencegahan ataupun tindakan untuk mengurangi rasa nyeri, masalah fisik, spiritual, sampai dengan sosial yang sering dialami oleh para pasien penyakit serius. Atau umumnya perawatan ini lebih dikhususkan bagi mereka dengan kanker stadium lanjut.

Paliatif kanker sendiri sebenarnya bukan saja mengatasi masalah utama penyakit namun juga beberapa dampak lain. Seperti yang diketahui ketika seseorang menderita kanker pasti akan menyebabkan fisik, sosial, dan semua yang berhubungan terganggu. Nah, secara tidak langsung peliatif menjadi solusi atas dampak yang ditimbulkan tersebut. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Terapi seni.

Ini menjadi salah satu perawatan peliatif yang cukup populer di Indonesia, dimana pasien mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan diri agar tingkat kecemasan dan ketenangan terjadi stabil pada setiap pasien. Ada beberapa aktivitas yang umumnya ada pada terapi satu ini mulai dari melukis, memahat sampai dengan merajut.

  1. Terapi musik.

Munculnya rasa takut, cemas, malu, sedih dan sebagainya pada penderita kanker itu sering terjadi. Nah, salah satu proses perawatan paliatif onkologi bisa menggunakan jenis yang satu ini. Musik merupakan seni yang paling dasar, unik dan tentunya luas jadi bisa berpengaruh pada spiritual, emosi, sosial dan fisik dari pasien.

  1. Terapi hewan.

Sedikit berbeda dari jenis terapi sebelumnya, meskipun terlihat sederhana ini juga bisa menjadi salah satu solusi. Dimana dengan hewan diharapkan dapat menghilangkan rasa kesepian yang sering dialami para pasien kanker. Namun sebelum memilih jenis terapi yang satu ini, tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa jenis terapi yang paling umum dikenal oleh masyarakat atas usaha untuk penyembuhan kanker. Sekarang ini melakukan berbagai jenis perawatan seakan semakin sulit, apalagi ditengah pandemi yang kian hari kian menjadi ini. Bukan hanya sekedar kerumah sakit, mempunyai niatan keluar rumah saja tidak karena ingin berusaha mengurangi penularan virus yang mematikan tersebut. Namun karena perawatan kanker harus selalu rutin dilakukan, solusi yang tepat bisa dilakukan dirumah saja. Apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Melakukan perawatan kesehatan dirumah saat modern ini mudah sekali dilakukan, apalagi semenjak munculnya aplikasi Aido. Layanan dokter atau tenaga medis kerumah sudah sangat biasa sehingga lebih aman dan nyaman. Pasien sendiri juga lebih maksimal untuk beristirahat dan yang pasti lebih aman atas kondisi tempat kesehatan atau rumah sakit saat ini yang cukup beresiko karena adanya pandemi. Bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan paliatif ataupun yang lainnya dari rumah, cek langsung di Aido!

Related posts