Bisa dipastikan bahwa kita pasti pernah mengalami apa yang namanya cegukan? Ya, masalah yang satu ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari balita hingga orang tua. Cegukan ini merupakan sebuah kondisi, dimana seseorang mengeluarkan bunyi “hik” tanpa disengaja. Pada umumnya, masalah cegukan ini akan berlangsung selama beberapa menit dan setelah itu akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada diantara mereka yang mengalami cegukan selama 48 jam alias sampai 2 hari lho!

Menurut para ahli kesehatan, cegukan yang berkepanjangan ini merupakan indikasi bahwa di dalam tubuh kita mengalami beberapa masalah. Masalah yang pertama berupa gangguan system pencernaan seperti gastritis, tukak lambung, pancreatitis, kanker pancreas, kanker lambung, penyakit radang usus, penyumbatan usus, hingga radang hati. Masalah yang kedua karena adanya gangguan saraf seperti peradangan saluran nafas, atau tumbuhnya kista dan tumur di area leher. Masalah yang ketiga berupa gangguan pada otak seperti stroke pendarahan, infeksi otak, tumor otak, multiple sclerosis, hingga hidrosefalus.

Adapun mengenai masalah lainnya seperti pneumonia, tuberculosis, asma, bronchitis, cedera pada dada, emboli paru, peradangan selaput jantung, anoreksia, dan skizofrenia. Cegukan dengan kategori ringan tidak berlangsung lama dan akan sembuh dengan sendirinya, tanpa harus melakukan pengobatan medis. Lain halnya dengan cegukan kategori berat, yang membutuhkan penanganan medis untuk proses penyembuhannya. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara menghilangkan cegukan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini :

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan, yakni dengan menggunakan minyak kayu putih. Dalam hal ini, oleskan minyak kayu putih tersebut ke area leher dan bagin perut. Dengan mengoleskannya ke area leher dan perut, maka cegukan tersebut akan berangsur-angsur hilang. Pasalnya, minyak kayu putih ini mempunyai kandungan minyak atsiri dan sensasi panas yang mampu menghilangkan cegukan.

  1. Menggunakan Es Batu

Selain menggunakan minyak kayu putih, kamu juga bisa menggunakan es batu untuk mengatasi masalah cegukan. Lantas, baiamanakah cara menggunakannya? Cara menggunakannya pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskan es batu tersebut ke tenggorokan secara perlahan-lahan. Dengan demikian, maka sensasi dinginnya dapat membantu saraf menjadi lebih rileks sehingga cegukan akan hilang seketika.

  1. Menggunakan Gula

Tak banyak orang yang tahu, bahwa gula dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan. Berdasarkan dari hasil penelitian, gula ini mampu merangsang otot diafragma sehingga dapat menghilangkan cegukan dengan singkat. Mengenai caranya, siapkan gula pasir sebanyak 1 sendok makan, kulum selama 5 menitan, kemudian muntahkan kembali atau ditelan juga boleh. Selain dengan menggunakan gula pasir, kamu juga bisa menggunakan gula merah.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jeruk nipis ini memang memiliki segudang manfaat bagi kesehtaan tubuh. Ya, terang saja demikian, sebab buah mungil yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kita langsung saja ke cara penggunaannya, siapkan beberapa buah jeruk nipis, peras airnya, kemudian minumlah sampai habis. Apabila kamu kurang suka dengan rasanya, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis tadi dengan madu ataupun susu.

Itulah beberapa cara alami yang dapat menghilangkan cegukan dalam waktu yang singkat. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?