Kuliner Khas Karimunjawa yang Menggugah Selera

  • Whatsapp
Kuliner Khas Karimunjawa

Karimun jawa merupakan kepulauan yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Pulau ini tidak saja menyajikan wisata yang eksotis dan spot bawah lautnya yang menawan. Namun ternyata Karimun jawa juga memiliki kuliner khas yang berhasil menyedot jutaan wisatawan yang datangnya tidak hanya dari dalam negeri, melainkan juga manca negara. Artikel kali ini akan mengajak kamu untuk merasakan sensasi kuliner khas Karimun jawa yang menggugah selera. Dijamin kamu bakal betah menyantap kuliner ini ditambah dengan pemandangan eksotis yang dimiliki oleh Karimun jawa.

Ketika kamu menghabiskan liburan ke Karimun jawa kamu harus mencicipi kuliner khas dari Karimun jawa berikut ini. Kuliner ini juga menjadi kearifan lokal karena bumbu yang digunakan untuk makanan ini diwariskan dari para leluhur dan turun-temurun sampai sekarang ini. dengan cita rasa yang khas ini kamu akan merasakan lidah kamu bergoyang dan ketagihan untuk mencicipinya lagi. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut. Dan teman teman juga bisa melihat paket wisata karimunjawa.

  • Bakso Ikan Ekor Kuning

Wisata khas Karimun jawa Bakso Ikan Ekor Kuning. Ikan kuning adalah ikan yang menjadi favorit bagi para nelayan di Karimun jawa. Saking banyaknya dan memang rasanya yang lezat akhirnya ikan ini dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat bakso. Kamu dapat menikmati makanan ini dengan berkunjung di Alun-alun Karimun jawa. Dan tidak usah khawatir deh, karena harganya sendiri sangat bersahabat.

Kamu cukup mengeluarkan uang 10 ribu saja untuk dapat menikmati satu porsi bakso ini. Bakso ini akan terasa sangat segar ditambah dengan suwiran sawi dan bihun. Apalag kamu menikmatinya ketika malam hari dan hawa segar khas Karimun jawa. Gak kebayang deh berapa mangkok bakso yang kamu habiskan.

  • Tongseng Cumi dengan Kuah Kari

Wisata kuliner khas Karimun jawa yang terakhir adalah Tongseng Cumi dengan kuah kari. Memang sih, makanan berbaha laut menjadi andalan dari Karimun jawa karena memang pulau ini terkenal dengan kekayaan lautnya. Namun ada yang beda dari makanan yang satu ini. cumi ini dilengkapu dengan kuah kari. Seperti apa ya rasanya? Pastinya sih lezat, tapi kamu tidak akan pernah tahu rasanya sebelum mencoba makanan yang satu ini. Dan dijamin kamu bakal ketagihan untuk menyantap makanan ini.

  • Lontong Krobyok

Wisata kuliner Karimun jawa selanjutnya adalah Lontong Krobyok atau Krubyuk. Perlu kamu tahu nih bahwa krubyuk sendiri merupakan serapan dari Bahasa Jawa yang berarti berjalan atau melewati genangan air. Istilah itu digunakan untk menggambarkan lontong yang disajikan dengan kuah bakso. Rasanya sendiri dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang. Kuahnya yang lezat dengan ditambah irisan ayam semur, daun slederi, dan juga tauge tentu akan membuat kamu ketagihan untuk menyantap makanan ini.

  • Ikan Bakar dengan Bumbu Srepeh

Wisata kuliner selanjutnya adalah Ikan bakar dengan Bumbu Srepeh. Bumbu yang digunakan untuk ikan bakar ini adalah bumbu khas dari Karimun jawa. Jadi dipastikan kamu tidak akan dapat menemui cita rasa bumbu ini di daerah lainnya. Makanan ini menyuguhkan cita rasa berbalut pedas, guruih dan dijamin kamu akan ketgihan untuk menyantap makanan ini.

  • Pindang Serani

Kuliner khas Karimun jawa yang pertama adalah Pindang Serani. Sebenarnya pindang ini tersebar luas juga di daerah Jepara. Namun ketika berada di Kariumjawa kamu akan menikmati makanan ini karena masih segar dari laut. Pindang ini berwarna kuning dengan tambahan potongan toman, daun kemangi dan juga belimbing wuluh. Kuahnya sendiri merupakan perpaduan antara rasa asam, manis dan juga gurih. Kamu akan menikmatinya dengan ditemani nasi hangat dan suasana segar khas pantai Karimun jawa, dijamin kamu bakal ketagihan untuk menyantap makanan yang satu ini.

Paketan Karimunjawa termurah buat Anda yang mau berkunjung dan menginap:

Harga Paket Wisata dan Penginapan

Penginapan Jenis Kamar Harga Paket /pax (KMP Siginjai) Harga Paket /pax (Express Bahari)
Homestay Non AC Fan, kamar mandi luar Rp 575.000,- Rp 750.000,-
Fan, kamar mandi dalam Rp 775.000,- Rp 850.000,-
Homestay AC AC, kamar mandi dalam Rp 875.000,- Rp 950.000,-
Hotel Standart ACshower Rp 1.000.000,- Rp 1.050.000,-
AC, TV, Shower Rp 1.100.000,- Rp 1.150.000,-

Related posts